x

ilustr: DNA India

Iklan

Astri Marlina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2022

Rabu, 2 Maret 2022 18:06 WIB

Membangun Bisnis Melalui Media Sosial

Tugas Bahasa Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Zaman selalu berubah, begitu juga dengan tren marketing. Tren marketing selalu berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Apalagi bagi pemilik bisnis online yang sudah pasti hampir semua aktivitas marketingnya terjadi di dunia maya. Salah satu peluang besar yaitu melakukan kegiatan marketing melalui media sosial untuk bisnis online.

Saat ini kita hidup di era globalisasi yang dimana perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin canggih dan berkembang menjadikannya salah satu bagian terpenting bagi kehidupan manusia tidak terkecuali bagi remaja, salah satu bagian dari perkembangan tersebut adalah internet.  Dengan adanya internet dan media sosial tentunya dapat memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan luas tanpa harus terbatas jarak dan waktu.

Bagi para remaja dengan hadirnya media sosial menjadi salah satu wadah untuk membantu melakukan interaksi dengan orang lain dengan cara membuat identitas diri dalam suatu aplikasi di media sosial. Di era saat ini banyak sekali media sosial yang mempermudah seseorang untuk berkarya atau berinteraksi melalui media seperti mengupload foto, video, rekaman, maupun karya tulisnya. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Aplikasi media sosial yang mewadahinya juga bermacam-macam, mulai dari blog, youtube, whatsapp, fecebook, instagram, tiktok dan aplikasi lainnya. Salah satu aplikasi yang menjadi perhatian bagi peneliti adalah aplikasi Tiktok.  TikTok (juga dikenal sebagai Douyin adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang dluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri. Pada aplikasitiktok ini pemakai bisa membuat video yang menarik serta memiliki dukungan musik yang banyak sehingga pemakainya bisa melaksanakan performa dengan beragam gaya ataupun tarian, dan masih banyak lagi sehingga mendorong kreativitas pemakainya.

Selain itu aplikasi tiktok dapat menyerahkan pemakainya agar dapat memakai macam-macam dan juga musik background dari berbagai artis terkenal dengan berbagai kategori dan lainnya yang bisa dipakai secara instan, sehingga bisa membuat video tersebut menarik serta memiliki alunan lagu yang diselaraskan dengan situasi divideo tersebut. Video-video pendek yang dihasilkan secara cepat dan mudah ini bisa dibagikan oleh pemakai media sosial lainnya seperti instagram.

Semakin melesatnya aplikasi Tiktok ini dan menjadi aplikasi favorit baru bagi para pemakai media sosial khususnya instagram, dengan tujuan guna video video pendek tersebut setelah diunggah bisa dicermati oleh pengikutnya(followers), dan tidak sedikit yang akhirnya banyak yang mengagumi atau menyukai kiriman video-video tersebut sehingga menjadi viral serta membuat banyak orang humming.

Perubahan yang dibawa Tiktok dalam memajukan teknologi dalam era globalisasi sebagai platfrom digital yang dapat mengunggah video yang dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai wadah berjualan secara online, mereka mempromosikan melalui unggahan video dengan durasi maksimal 3 menit. Dalam video tersebut mereka mendeskripsikan apa yang mereka jual dan membuka sesi tanya jawab melalui kolom komentar. Jika calon pembeli berminat apa yang mereka jual, mereka akan mengarahkan calon pembeli untuk menghubungi melalui personal chat dan terhubung secara langsung kepada penjual  untuk menentukan pembelian sesuai apa yang mereka inginkan

Jika barang yang mereka pasang sesuai yang mereka inginkan penjual akan mengarahkan mereka ke akun online shop mereka untuk melakukan check out barang yang mereka pilih. Perkembangan sosial media sangat lah penting di era globalisasi seperti sekarang karena media sosial merupakan jembatan bagi setiap manusia untuk saling berintraksi bahkan bertransaksi.  Dengan adanya sosial media setiap pengguna bisa memberi informasi kepada pengguna lain secara singkat dan cepat dan juga mendorong perekonomian mikro karena mempermudah mereka dalam mempromosikan barang mereka kepada masyarakat luas secara instan.

Ikuti tulisan menarik Astri Marlina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB