x

Pendidikan Anti korupsi di SMAN 1 Ngemplak Boyolali

Iklan

ari tri noeryanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Maret 2022

Sabtu, 5 Maret 2022 05:11 WIB

Pendidikan Anti Korupsi di Tahun Macan

Nasib pendidikan anti korupsi dan usaha - usaha mensosialisasikan agenda pemberantasan KKN rupayanya mendapatkan angin segar di tahun macan air yang penuh tantangan karena kasus Nurhayati sebagai pelapor kasus korupsi dihentikan. Nurhayati adalah pelapor korupsi dana desa 800 juta kepala desa Citemu Cirebon. Nurhayati yang merupakan whistleblower justru diseret jadi tersangka tadinya yang membuat banyak orang takut bicara jujur soal KKN.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Laporan Transparency International 2021 Indonesia memiliki angka IPK ( Indeks Persepsi Korupsi ) 38 satu poin meningkat dari tahun lalu 37. IPK menggunakan skala 0 sampai 100 mendekati angka 100 berarti suatu negara semakin bersih dari korupsi. Singapura masih sangat tinggi IPK yaitu 85 termasuk negara yang perilaku korupstif terendah di ASIA Tenggara.

Untuk meningkatkan upaya pemberantasan korupsi Provinsi Jawa Tengah telah menyebar agen anti korupsi dibeberapa lini yaitu mahasiswa, guru dan tenaga kependidikan, PNS di bidang lainnya. Sertifikasi agen antikorupsi pendidikannya berjenjang sehingga semakin menumbuhkan sikap anti korupsi melalui agen agen anti korupsi yang dididik secara profesional dan bersertifikat KPK.

Kasus Nurhayati saksi pelapor yang kemudian diseret menjadi tersangka korupsi yang dianggap mendukung penambahan kekayaaan kepala desa Citemu, Cirebon membuat banyak pihak kaget dan takut karena itu indikasi bahwa kasus korupsi memang kejahatan ekstraordinari yang sulit diberantas. Termasuk juga agen anti korupsi yang tersebar yang dididik untuk melakukan pendidikan anti korupsi di instansi. Masyarakat takut untuk melakukan aksi nyata karena dampak kasus Nurhayati. Setidaknya itu yang dialami oleh penulis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seorang guru PNS yang ditugasi menjadi penyuluh anti korupsi tingkat pertama bersertifikat. Firasat buruk membayangi, bagi pemberantasan karena yang bicara pasti akan dikriminalisasikan seperti Nurhayati. Namun setelah didalami LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban) mendesak kejaksaan dan kepolisian untuk melepas jerat hukum Nurhayati menuai hasil. Nurhayati dibebaskan. Penulis kembali bersemangat.

Kelegaan menyelimuti semua orang yang merindukan adanya perubahan, KKN adalah kejahatan yang menimbulkan ketidakadilan bahkan seringkali berbuntut intimidasi dan kekerasan. Kasus tragedi 97/98 gerakan reformasi salah satu agendanya adalah menghapus tindak KKN yang sangat meresahkan. Baru baru ini diakhir tahun 2021 BPSDM Jateng bekerjasama dengan KPK melakukan seleksi dan pelatihan daring penyuluh anti korupsi tingkat pertama dari jenjang pendidikan. 

Diharapkan penyuluh anti korupsi yang bersertifikat nasional ini mampu menebarkan pendidikan nilai-nilai anti korupsi seperti jujur, peduli, tanggungjawab, mandiri, disiplin,kerjakeras, berani dan adil ke semua para siswa, semua guru dan karyawan di lingkungan pemerintah . Ada ketakutan dalam diri penyuluh ketika melakukan aksi karena tidak semua menyukai nilai-nilai itu dilaksanakan di tempat kerja karena friksi, persaingan yang tidak sehat lebih sering dilakukan misalnya adanya calo kenaikan pangkat, calo mengajar daring, gtt mengerjakan tugas PNS mengajar bukan karena sakit karena hubungan simbiose mutualisme yang sudah lama terjalin semakin menjamur ketika daring. Alhasil kinerja PNS menjadi tidak dapat dinilai obyektif.

Nah, konsisi ini tentu menjadi demotivasi bagi guru yang aktif .Mereka menjadi apatis dan sulit digerakan karena tidak dihargai. KKN membuat proses pergerakan kemajuan menjadi terhambat. Oleh sebab itu jika semua peka dan memiliki penilaian persepsi korupsi yang tinggi maka kesadaran masyarakat meningkat akan mendorong pemberantasan kasus KKN lancar.

Mari semua berani bicara seperti Nurhayati bukannya malah melemah dan apatis karena sangat kontraproduktif. Mulai 1 Februari 2022 adalah tahun macan air tahun penuh tantangan sehingga yang bekerja keras akan mendapatkan hasilnya. Mari beraksi, mungkin ini saatnya. Jika aksi-aksi tahun lalu tidak berhasil, maka beraksi kembali ditahun macan ini kemungkinan berhasil karena alam semesta menuntut kerja keras , yang selama ini bergantung selalu enak hidupnya tanpa kerja keras kemungkinan akan ciong di tahun macan air!

Ikuti tulisan menarik ari tri noeryanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB