x

image: Medium

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 24 Maret 2022 12:27 WIB

9 Cara Berhenti Mempersulit Hidup dan Mulai Hidup

Dalam artikel ini, saya akan memandu Anda melalui beberapa cara agar Anda dapat berhenti memperumit hidup dan mulai benar-benar hidup. Daftar ini tidak berarti lengkap. Ada banyak cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk berhenti memperumit hidup untuk hidup lebih sepenuhnya. Ini hanyalah beberapa saran umum yang menurut orang berguna.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ya, kita semua pernah ke sana—saat-saat ketika hidup tampak sangat rumit sehingga kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan selanjutnya. Ini adalah saat-saat di mana Anda perlu berhenti sejenak, mengambil napas, dan bersantai. Karena kenyataannya, kita sering memperumit banyak hal. Kita mencegah diri kita dari memvisualisasikan masalah dengan jelas karena kita panik.

Dalam artikel ini, saya akan memandu Anda melalui beberapa cara agar Anda dapat berhenti memperumit hidup dan mulai benar-benar hidup.

Kedengarannya cukup mengagumkan bukan? Mari kita langsung ke dalamnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Anda Sedang Berproses

Lihat, Anda sedang dalam proses, dan kemungkinan besar Anda akan selalu begitu. Sudah saatnya Anda menerima kenyataan itu. Keindahannya adalah Anda tidak sendirian. Semua orang di planet ini berada di kapal yang sama. Jika kapal kita tenggelam dalam masalah ini, kita tenggelam bersama.

Ingat, hanya karena Anda sedang dalam proses bukan berarti Anda tidak cukup baik. Ini hanya menyoroti bahwa Anda masih berusaha untuk meningkatkan dan bahwa Anda harus belajar lebih banyak. Jika Anda tidak dalam proses pada saat ini, saya benar-benar merasa kasihan kepada Anda. Anda ketinggalan.

Secara keseluruhan, maksud saya di sini adalah untuk berhenti memperumit hal-hal karena Anda merasa Anda tidak cukup baik. Anda tentu cukup baik. Jadi, berhentilah membenci diri sendiri karena tidak sempurna.

2. Hidup Jujur

Anda tidak tahu berapa banyak orang yang saya lihat memperumit hidup mereka karena mereka memilih untuk hidup tidak bermoral. Ini tidak hanya membuat mereka terlihat buruk tetapi mereka juga merasa buruk tentang diri mereka sendiri.

Ketika Anda berbohong, menipu, dan mencuri untuk maju atau menguntungkan diri sendiri dengan cara lain, Anda memperumit masalah untuk diri sendiri. Anda selalu khawatir apakah Anda akan tertangkap atau tidak atau apakah semuanya akan mengejar Anda atau tidak—sebagaimana mestinya.

Jadi, berhentilah hidup seperti ini. Hiduplah secara moral. Bersikap baiklah kepada orang lain dan jalani hidup yang jujur. Berhentilah mempersulit hidup dengan menjadi orang jahat. Buat hal-hal sederhana dengan melakukan hal-hal yang Anda tahu benar di hati dan inti Anda.

3. Berkomunikasi dengan Jelas

Ini mungkin salah satu cara paling signifikan untuk menghilangkan beberapa kerumitan hidup Anda. Terlalu banyak orang menyebabkan masalah bagi diri mereka sendiri hanya karena mereka tidak tahu bagaimana berkomunikasi secara efektif.

Mereka mengatakan hal-hal yang tidak mereka maksudkan atau bermaksud hal-hal yang tidak mereka katakan, dan ini menciptakan masalah. Tidak seorang pun adalah pembaca pikiran, jadi jika apa yang kita katakan tidak jelas, kemungkinan besar akan disalahartikan dan itu akan menyebabkan masalah di kemudian hari!

Jika Anda mempraktekkan komunikasi yang baik dan jelas secara teratur, Anda akan melihat betapa hal ini berdampak pada hidup Anda dan masalah-masalah yang membantu Anda menghindarinya. Jangan meremehkan keterampilan penting ini dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari Anda.

4. Berhenti Menjadi Terlalu Materialistis

Astaga, ini yang besar. Terlalu banyak dari kita didorong oleh naskah yang dipaksakan oleh masyarakat kepada kita bahwa kita membutuhkan lebih dari segalanya.

Kuantitas tidak akan pernah menjadi seperti yang diharapkan. Kualitas akan selalu lebih baik daripada kuantitas. Jadi, alih-alih mencoba menimbun segalanya, carilah kualitas dalam hal-hal yang ingin Anda miliki—apakah itu materi, pertemanan, atau pengalaman tidak terlalu penting.

Berhentilah mencoba menghabiskan uang yang tidak perlu Anda buat untuk mengesankan orang yang bahkan tidak Anda pedulikan.

Kekayaan tidak diperoleh melalui harta benda, jadi kelolalah dengan bijak. Hanya dengan mencoba mengurangi keinginan Anda akan harta benda akan mengurangi kerumitan gaya hidup Anda.

5. Jangan Buang Waktu Mengubah Orang

Jika Anda ingin membuat hidup Anda lebih kompleks dari sebelumnya, mulailah menghabiskan waktu Anda untuk mencoba mengubah dan mengendalikan orang-orang di sekitar Anda. Saya jamin mereka tidak akan menghargai usaha Anda dan pada akhirnya akan menyebabkan Anda tidak menyukai hidup Anda sendiri.

Jadi, berhentilah memperumit hidup dengan mulai menerima orang apa adanya. Selamatkan diri Anda dari kesulitan mencoba mengubah dan mengendalikan orang yang tidak ingin Anda memengaruhi mereka dengan cara ini.

Hargai mereka apa adanya dan jika Anda tidak bisa melakukannya, mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan apakah Anda harus menghabiskan waktu bersama orang lain atau tidak.

6. Kurangi Paparan Orang Beracun

Anda sungguh rata-rata dari orang-orang yang Anda putuskan untuk mengelilingi diri Anda. Itulah mengapa penting untuk terus mengaudit lingkaran sosial Anda.

Jika Anda punya pilihan, habiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang cerdas, dewasa, bersemangat, dan baik hati, dan kurangi waktu dengan orang-orang yang berlawanan. Ini karena satu kelompok akan menarik Anda dan perkembangan Anda ke depan, sedangkan kelompok lain akan menahan Anda.

Itu tidak berarti Anda harus menghindari orang-orang ini sepenuhnya, Anda hanya perlu mengurangi keterpaparan Anda pada mereka.

Hidup ini cepat dan jika Anda menghabiskan waktu dengan orang yang salah, Anda berisiko berakhir dengan beberapa penyesalan serius. Selain itu, jika orang-orang ini memiliki kecenderungan beracun, kemungkinan beberapa masalah dalam hidup Anda berasal dari mereka dan bukan dari diri Anda sendiri.

Percayalah, Anda tidak membutuhkan bantuan mereka untuk membuat hidup Anda lebih sulit atau menantang.

7. Berhenti Menunda Segalanya

Kita tahu kita melakukan ini. Kita semua melakukannya dari waktu ke waktu. Tetapi penundaan adalah salah satu pemicu stres terbesar yang kita bebankan pada diri kita sendiri dalam hidup kita. Dan kita melakukannya dengan sukarela. Mengapa? Tidak ada alasan bagus untuk stres tambahan ini.

Kita tahu bahwa kita harus menyelesaikan sesuatu, namun kita terus-menerus membiarkannya sampai menit terakhir. Ini tidak perlu memperumit hidup kita. Jadi, lakukan apa pun yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan penundaan dari hidup Anda sebanyak mungkin.

Buat daftar tugas, buat jadwal, dan tetapkan tenggat waktu untuk diri sendiri yang jauh di depan ketika sesuatu harus diselesaikan. Lakukan apa pun yang perlu Anda lakukan untuk menyelesaikan sesuatu lebih awal.

Cara ini akan membantu Anda berhenti memperumit hidup dan mengatasi segalanya. Dan ketika Anda akhirnya mendapatkan semuanya bersama-sama, Anda akan merasa lebih mengendalikan hidup Anda dan ini akan membantu Anda untuk hidup lebih penuh.

8. Pelajari Cara Mengatakan Tidak

Perhatikan, Anda tidak bisa melakukan segalanya untuk semua orang. Jika Anda mencoba mengatakan ya kepada semua orang, Anda akan mengecewakan lebih banyak orang daripada yang Anda inginkan, dan Anda akan memperumit hidup Anda dalam prosesnya.

Ini adalah skenario kalah-kalah. Anda tidak membutuhkan itu dalam hidup Anda.

Ironisnya, mempelajari cara mengatakan tidak kepada beberapa orang terkadang akan membantu Anda dalam berbagai cara.

Pertama, ini akan memungkinkan Anda untuk fokus pada orang-orang dan peluang yang benar-benar ingin Anda habiskan. Itu akan membantu Anda menjadi lebih bahagia selama hari-hari biasa hanya karena Anda melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan.

Kedua, itu akan memungkinkan Anda untuk lebih hadir dengan orang-orang dan peluang itu. Itu akan memungkinkan Anda untuk membawa diri Anda sepenuhnya ke setiap situasi sehingga Anda dapat memiliki dampak positif sebesar mungkin.

Jadi, bantulah diri Anda sendiri dan berhenti membuat semua janji yang tidak bisa atau tidak ingin Anda tepati. Komitmen berlebihan pada diri sendiri akan membuat Anda menjadi terlalu kurus dan itu akan membuat Anda sengsara.

9. Lebih Fokus pada Hal-Hal yang Dapat Anda Kendalikan

Dengar, hidup terkadang gila. Saya mengerti. Kita semua memiliki keinginan untuk mengendalikan berbagai hal karena itu membuat kita merasa lebih baik tentang semua kekacauan itu.

Namun, Anda dapat mencoba seluruh hidup Anda dan masih belum bisa mengendalikan semuanya. Itulah mengapa lebih baik mulai mencari tahu hal-hal apa yang bisa dan tidak bisa Anda kendalikan. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat mulai berfokus pada apa yang dapat Anda kendalikan.

Dengan memfokuskan energi Anda pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan, Anda menghindarkan diri Anda dari waktu dan energi yang terbuang untuk mencoba mengendalikan hal-hal yang tidak Anda pengaruhi. Itu tidak hanya akan mengurangi stres Anda tetapi juga baik untuk kesehatan mental Anda dalam jangka panjang.

Ini adalah cara yang bagus untuk berhenti memperumit hidup dan mulai maju ke arah yang benar karena energi Anda menjadi terpaku pada area yang penting.

Pikiran Akhir

Daftar ini tidak berarti lengkap. Ada banyak cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk berhenti memperumit hidup untuk hidup lebih sepenuhnya. Ini hanyalah beberapa saran umum yang menurut orang berguna.

Jadi, pilih mana yang mungkin masuk akal untuk hidup Anda. Cari tahu mana yang akan membantu Anda membuat kemajuan dalam mengurangi stres dan kerumitan.

Anda bekerja keras. Anda berhutang pada diri sendiri untuk juga hidup sepenuhnya.

***
Solo, Kamis, 24 Maret 2022. 8:25 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler