x

image: ACR

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 28 Maret 2022 06:45 WIB

5 Sifat yang Mendefinisikan Kepribadian Berjiwa Bebas

Melakukan sesuatu untuk diri sendiri dan menciptakan kehidupan yang Anda cintai adalah tanda bahwa Anda benar-benar memiliki jiwa yang bebas. Mungkin butuh beberapa saat untuk sampai ke sana, tetapi itu sepadan dengan perjalanannya, percayalah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menjadi berjiwa bebas adalah sesuatu yang kita semua cita-citakan pada suatu saat. Berbaris dengan ketukan drum Anda sendiri mungkin membutuhkan waktu, tetapi itu sangat berharga ketika Anda sampai di sana. Berikut adalah 5 tanda bahwa Anda mengikuti ritme Anda sendiri.

1. Anda Mandiri

Menjadi mandiri adalah sesuatu yang banyak dari kita anggap remeh, dan juga sesuatu yang sulit bagi banyak orang. Sulit untuk menjalani hidup Anda tanpa memperhitungkan pendapat dan emosi orang lain. Meskipun penting untuk berbelas kasih, bagian dari menjadi semangat bebas adalah membuat keputusan sendiri dan menjalani hidup sesuai pilihan Anda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Individu yang berjiwa bebas sering disebut-sebut hidup di luar norma masyarakat dan memiliki gaya hidup yang tidak konvensional. Ini tidak perlu terjadi. Tentu saja, jika ini yang penting bagi Anda, lakukanlah. Namun, menjadi jiwa yang bebas, bagi saya, berarti mengikuti arus Anda sendiri. Ciptakan gaya hidup Anda dan berkembanglah darinya. Selalu menyenangkan untuk check-in dengan teman dan keluarga, tetapi Anda harus menjalani hidup Anda sendiri. Miliki pikiran Anda sendiri dan percayalah pada kemampuan Anda.

Membuat pilihan sendiri, sadar diri, dan mampu berpikir sendiri adalah tanda-tanda bahwa Anda berjiwa bebas. Anda tidak perlu berpakaian hippy-flare dan mahkota bunga agar sesuai dengan tipe kepribadian ini! Memanfaatkan hidup Anda sebaik-baiknya dan secara aktif memilih bagaimana segala sesuatunya berjalan dengan baik adalah penting bagi Anda, dan tidak ada rasa malu dalam hal itu.

Melakukan sesuatu dengan cara Anda sendiri dan untuk keuntungan Anda sendiri adalah sesuatu yang harus diperjuangkan, tidak perlu malu. Saya dulu merasa bahwa saya harus menyembunyikan ambisi saya. Saya kira saya tidak ingin dilihat sebagai 'bodoh' karena memiliki beberapa keinginan yang tidak biasa. Menjadi jiwa bebas berarti merangkul apa yang ingin Anda lakukan dan melakukannya, terlepas dari pendapat orang lain.

2. Anda Bepergian saat Anda Ingin

Perjalanan adalah salah satu hal yang hampir semua orang yang saya kenal akan mencantumkannya di bawah bagian 'hobi dan minat' dari CV mereka. Namun, berapa banyak dari kita yang benar-benar bepergian? Saya cukup beruntung, atau cukup bekerja keras dan mengambil lompatan keyakinan, bepergian, dan mencintai setiap detiknya. Bagi saya, perjalanan adalah prioritas, dan itu adalah sesuatu yang saya utamakan ketika saya memutuskan untuk meninggalkan rumah.

Di mata saya, menjadi berjiwa bebas berarti hanya itu – jiwa, pikiran, dan tubuh Anda bebas berkeliaran di mana pun suka. Tentu saja, saya menyadari betapa beruntungnya saya meninggalkan hidup saya – saya tidak memiliki siapa pun yang benar-benar bergantung pada saya dan tidak bertanggung jawab kepada siapa pun. Apakah saya memiliki ikatan? Tentu saja. Tetapi, bagi saya, perjalanan sangat penting sehingga saya rela memutuskan ikatan itu demi mengejar kebahagiaan saya sendiri.

Beberapa hari, saya merindukan pekerjaan saya dan apartemen kecil saya yang hebat dan wanita luar biasa yang saya kencani, tetapi saya tidak menyesal tentang pilihan saya untuk meninggalkan semuanya. Jika perjalanan penting bagi Anda, Anda harus menemukan cara untuk mewujudkannya.

Jika ini tidak beresonansi dengan Anda dan Anda tidak tertarik bepergian, tukarkan dengan sesuatu yang penting bagi Anda. Mungkin Anda suka pergi ke permainan olahraga, atau memiliki hasrat yang nyata untuk mendaki. Jika Anda menemukan orang lain mencoba menghentikan Anda melakukan hal-hal yang Anda sukai, ada masalah di sana. Jiwa bebas tahu kapan harus egois dan mengutamakan diri sendiri – jika ada sesuatu yang penting bagi Anda, kejarlah.

Butuh waktu bertahun-tahun untuk menemukan 'hal' yang benar-benar memberi makan jiwa Anda, jadi ketika Anda menemukannya, Anda tidak perlu membatasi kebahagiaan dan kesenangan Anda untuk orang lain. Saya sering mendapati diri saya menulis sampai jam 5 pagi, merencanakan liburan di menit-menit terakhir, dan secara aktif mengejar hal-hal yang membuat saya gugup dan bersemangat. Apa pun yang baru saja muncul di kepala Anda saat Anda membaca itulah yang perlu Anda lakukan lebih banyak.

3. Anda Memiliki Hobi dan Minat Sendiri

Saya suka mendengar tentang minat orang lain, apakah itu obsesi ibu saya dengan ayamnya atau gairah wanita yang saya lihat untuk memasak. Apalagi jika dia membuatkanku makanan enak. Saya akan dengan senang hati menghabiskan waktu bersama orang yang saya cintai melakukan hal-hal yang menarik minat mereka. Seperti yang saya katakan, kasih sayang itu penting. Sesuatu mungkin tidak menarik bagi Anda, tetapi jika menarik minat seseorang yang Anda cintai, Anda tetap harus berusaha untuk terlibat dengannya.

Ada adegan dalam film The Break Up di mana seorang wanita yang sudah menikah menjelaskan mengapa dia sangat marah sehingga suaminya tidak mau pergi ke balet bersamanya. Dia tidak memintanya untuk bergabung dengannya karena dia menyukainya, tetapi karena dia menyukainya, dan fakta itu saja seharusnya menjadi alasan yang cukup baginya untuk pergi bersamanya. "Ini bukan tentang Anda mencintai balet, ini tentang orang yang Anda cintai (mencintai) balet dan Anda ingin menghabiskan waktu dengan orang itu."

Peduli dengan hobi orang lain dan terlibatlah di dalamnya. Dan mengharapkan hal yang sama sebagai balasannya. Anda harus merasa bebas untuk mengeksplorasi dan menikmati apa pun yang menarik minat Anda, dan Anda berhak untuk mengharapkan dukungan dari orang-orang yang mencintai Anda. Tentu, hobi Anda adalah untuk diri sendiri, tetapi selalu menyenangkan untuk dapat membaginya dengan orang-orang di sekitar Anda, bahkan jika mereka tidak bersemangat seperti Anda.

Temukan minat Anda dan kejar, apa pun itu. Tergila-gila membuat teh; beli saringan dan daun lepas dan minum teh sebanyak mungkin. Pergi ke perpustakaan dan maksimalkan kartu keanggotaan Anda dengan buku-buku tentang Perang Dunia II dan bacalah dengan keras untuk diri Anda sendiri di tempat tidur. Mulailah bangun lebih awal dan bergabunglah dengan kelas yoga lokal, atau beli tikar dan berlatih di rumah dengan pakaian dalam Anda. Apa pun yang memberi Anda buzz itu dan membuat Anda menginginkan lebih adalah apa yang Anda butuhkan untuk mengisi jiwa Anda.

Menjadi jiwa bebas berarti Anda memiliki hasrat dan dunia Anda sendiri untuk dinikmati. Melakukan sesuatu karena itu membuat Anda bahagia, betapapun aneh atau janggalnya hal itu bagi orang lain, sangatlah penting. Biarkan orang bergabung dengan pencarian kebahagiaan Anda seperti yang disebutkan di atas, atau terima penilaiannya dan tetap lakukan. Ini terkait dengan kemandirian – lakukan apa yang Anda sukai dan jangan biarkan siapa pun membuat Anda merasa tidak nyaman. Asalkan itu legal, tentu saja.

4. Anda Menikmati Pesahabatan Anda Sendiri

Sendirian adalah hal yang dulu aku benci. Saya tidak pernah menikmati waktu sendirian dengan pikiran saya, dan saya akan selalu mencari alasan untuk menghindarinya. Bagi saya, sendiri memiliki definisi yang sama persis dengan kesepian.

Maju cepat beberapa tahun, dan saya hidup sendiri. Saya masih memiliki kehidupan sosial yang berfungsi penuh, lingkaran pertemanan, dan hubungan yang sehat, tetapi saya akhirnya belajar untuk mencintai persahabatan saya sendiri. Pikiranku sendiri bukan lagi sesuatu yang harus ditakuti; itu adalah sesuatu yang saya hargai dan telah bekerja keras untuk menyesuaikannya. Menyelaraskan pikiran dan tubuh Anda adalah sesuatu yang menjadi sangat penting bagi Anda sebagai jiwa yang bebas.

Melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, puas dengan kesendirian, dan secara aktif mendambakan waktu sendiri semuanya sehat dan tidak membuat Anda antisosial. Namun, jika Anda merasa menjauhkan diri dari orang lain, Anda mungkin ingin memeriksa diri sendiri dan mencari tahu apakah ada alasan di baliknya. Secara keseluruhan, dapat berfungsi sebagai individu adalah tanda bahwa Anda adalah jiwa yang bebas.

Tidak seorang pun boleh membuat Anda merasa harus mengorbankan diri untuk mereka, jadi pastikan Anda mengelilingi diri Anda dengan teman, keluarga, dan pasangan yang mendukung Anda. Menjadi jiwa bebas tidak berarti meninggalkan semua orang; itu berarti membuat keputusan untuk diri sendiri dan merangkul mereka yang menerimanya atau beralih ke hal-hal (dan orang-orang) yang melayani Anda dengan lebih baik.

Orang-orang sering mengasosiasikan jiwa bebas dengan orang-orang yang angkuh dan bertingkah yang tidak bisa berkomitmen pada apa pun atau siapa pun. Ini tidak selalu terjadi. Memang benar bahwa banyak dari kita merasa sulit untuk menetap, karena kita selalu mendambakan petualangan dan kegembiraan. Konon, petualangan terbaik sering kali datang dari sesuatu yang akrab. Anda tidak perlu berada di negara baru setiap hari, beralih tanpa henti antara pekerjaan sementara dan flat studio untuk menjadi semangat bebas. Mentalitas di balik apa yang Anda lakukan mengatakan sama banyak, jika tidak lebih, seperti gerakan fisik Anda.

Yang penting adalah menemukan apa yang terasa tepat untuk Anda – yang mungkin berkomitmen untuk suatu hubungan, tetapi sama-sama dapat berarti menjelajahi seksualitas Anda dengan pasangan. Anda dapat memilih untuk tetap dekat dengan keluarga dan teman, atau Anda mungkin ingin melebarkan sayap. Bagaimanapun juga, pikiran Anda akan secara aktif mencari kesenangan baru, bahkan jika keadaan Anda tetap sama.

5. Anda Mencintai Diri Sendiri

Jenis ini mengikat semua poin di atas bersama-sama. Mencintai diri sendiri berarti merasa nyaman dengan diri sendiri, mengejar hal-hal yang membuat Anda bahagia, dan melepaskan hal-hal yang tidak lagi melayani Anda. Bagian dari menjadi jiwa bebas berarti mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda dan membebaskan diri Anda dari apa pun yang menghambat Anda. Keluarga dan teman dapat menjadi landasan, tetapi Anda tidak boleh merasa terjebak.

Menjadi jiwa bebas mungkin tentang mengembara dari kesempatan ke kesempatan atau hanya menikmati saat ini dan melepaskan. Tidak takut dan menguji batas zona nyaman Anda adalah tanda yang cukup kuat bahwa Anda berjiwa bebas. Ini semua tentang menantang diri sendiri dan memanfaatkan setiap situasi yang mungkin menguntungkan Anda. Mencintai diri sendiri berarti menjaga kebutuhan Anda sendiri, dan memelihara pikiran dan tubuh Anda semampu Anda.

Pada akhirnya, melakukan sesuatu untuk diri sendiri dan menciptakan kehidupan yang Anda cintai adalah tanda bahwa Anda benar-benar memiliki jiwa yang bebas. Mungkin butuh beberapa saat untuk sampai ke sana, tetapi itu sepadan dengan perjalanannya, percayalah.

***
Solo, Sabtu, 26 Maret 2022. 9:13 am
'salam hangat penih cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler