x

Iklan

Zakiyyatunnisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 September 2021

Selasa, 29 Maret 2022 06:32 WIB

Google Sang Dewa Informasi


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di era teknologi saat ini Google menjadi situs mesin pencari paling populer dan sukses digunakan oleh banyak orang. Tidak hanya di Indonesia, tapi seluruh dunia. Dari mulai anak-anak hingga dewasa. Dari bangun tidur hingga kembali tidur, mereka menggunakan Google sebagai media sumber informasi.

Sejak diciptakan pada tahun 1997, Google memang dibentuk untuk berfokus mengembangkan situs mesin pencari. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, Google semakin berkembang dengan menyediakan berbagai produk internet yang bermanfaat untuk masyarakat. Contohnya Google AdSense yang dibentuk pada tahun 2003 sebagai layanan berbasis iklan. Dilanjutkan pada tahun 2004, yaitu produk Gmail sebagai layanan surat elektronik. Lalu Google Maps pada tahun 2005 sebagai pembaca jalan atau peta. Kemudian menyusul layanan Youtube pada tahun 2006.

Selain layanan diatas, Google juga menyediakan tempat untuk produk lainnya, seperti layanan terjemahan, aplikasi media sosial, layanan video, penyimpanan data, hingga berbagai layanan aplikasi dengan berbagai kategori lainnya yang mengharuskan untuk terhubung dengan Google. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas Google sebagai mesin teknologi unggulan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepopuleran Google disebut berasal dari tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Contohnya, hanya perlu mengetikan 'nastar' sebagai kata kunci untuk 'cara membuat nastar'. Maka akan muncul segala informasi yang berkaitan dengan nastar. Dari mulai resep, cara membuat adonan, hingga informasi berapa derajat suhu yang dibutuhkan untuk memanggang adonan nastar. Sesederhana itulah yang membuat popularitas Google tidak perlu diragukan dan disepelekan sehingga Google dapat disebut sebagai dewa informasi.

Tidak hanya dengan kata, saat ini Google juga bisa berfungsi untuk mengidentifikasi keasilian suatu foto atau video untuk mencegah berita atau informasi hoax. Cara yang dilakukan terbilang mudah, yakni dengan melakukan drag and drop pada pencarian Google Images. Setelah men-drag hasil pencarian akan memunculkan foto atau video yang serupa sehingga bisa dibandingkan sesuai tanggal unggahannya.

Meskipun tahun lalu Google berada di urutan ke-2 dikahlahkan oleh Tiktok pada daftar "Top 10 Most Popoler Domains 2021" yang dirilis oleh CloudFlare (Perusahaan penyedia jaringan pengiriman konten). Google bisa dibilang tak akan pudar eksistensinya sebagai situs pencari populer. Apalagi jika kita ketahui bahwa untuk login ke Tiktok perlu terhubung dengan email yang merupakan produk Google.

Ikuti tulisan menarik Zakiyyatunnisa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler