Komunitas Motor Vespa Dukung Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo Nyapres - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Jokowi dan Agus Sutomo (Foto: Tempo.co)

Hendi Kusuma S Soetomo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 September 2021

Sabtu, 14 Mei 2022 16:30 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Komunitas Motor Vespa Dukung Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo Nyapres

    Agus Sutomo merupakan tokoh yang peduli serta melayani masyarakat dan negara sepanjang karirnya di TNI. Karena itu ia berharap Agus Sutomo bisa didukung rakyat dan partai politik untuk jadi RI 1 atau 2.

    Dibaca : 186 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo terus mendapat dukungan dari komunitas masyarakat untuk maju sebagai calon Presiden Republik Indonesia tahun 2024 mendatang.  Baru-baru ini komunitas Ikatan Vespa Indonesia menyatakan dukungan kepada mantan Danjen Kopassus dan Pangdam Jaya Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo SE.

    "Maju terus Komandan idolaku Ikatan Vespa Indonesia siap mendukung," tulis akun @koemis bosc salah satu anggota Ikatan Vespa Indonesia pada kamis (5/5/2024).

    Dalam keterangannya koemis bosc mengatakan Agus Sutomo merupakan tokoh yang peduli serta melayani masyarakat dan negara sepanjang karirnya di TNI. Karena itu ia berharap Agus Sutomo bisa didukung rakyat dan partai politik untuk jadi RI 1 atau 2.

    Sebelumnya Agus Sutomo juga mendapat dukungan dari Relawan 8 Satria. Hendi sebagai ketua relawan mengatakan khawatir Indonesia akan memasuki krisis multidimensi yang bisa membahayakan kehidupan berbangsa dan bernegara.  Krisis multidimensi itu meliputi krisis ekonomi, politik, pertahanan, pangan, energi dan KKN.

    "Indonesia membutuhkan strong leader seperti yang disampaikan oleh Menko Polhukam Prof Mahfud MD.  Strong leader itu mampu mencegah dan mengatasi krisis dengan tetap berpegang pada hukum serta demokrasi.  Saya menilai strong leader itu ada pada Agus Sutomo," ujar Hendi.

    Disadur dari koranjakarta.com Letjen TNI (Purn)  Agus Sutomo SE, lahir di Klaten, Jawa Tengah, 14 Agustus 1960, ia pernah memegang beberapa posisi penting di TNI. Salah satunya pernah jadi Komandan Jenderal Kopassus atau Danjen Kopassus ke-26 sejak tanggal 15 Juni 2012 sampai September 2014.

    Agus Sutomo jadi Danjen Kopassus menggantikan Mayjen Wisnu Bawa Tenaya. Penggantinya adalah Letjen Doni Monardo, mantan Kepala BNPB yang kini sudah memasuki masa pensiun.

    Agus Sutomo merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1984. Lulus dari Akmil, beberapa jabatan pernah dipegangnya. Agus pernah jadiDanyonif 202/Tajimalela. Ia juga pernah dipercaya jadi Dandim 0507/Bekasi.

    Letjen Agus juga pernah bertugas di Paspampres. Di Paspampres ia pernah menjabat sebagai Wadan Grup A Paspampres, Waasops Danpaspampres dan Dangrup A Paspampres dari 2004 sampai dengan 2008.

    Selanjutnya, ditugaskan jadi Danrem 061/Suryakencana. Jabatan sebagai Danrem 061/Suryakencana dipegangnya dari 2008 sampai dengan 2009. Pada tahun 2010, ia menjadi Kasdivif 1/Kostrad. Setelah itu ditarik ke Kopassus untuk mengisi posisi sebagai Wadanjen Kopassus. Jabatan Wadanjen dipegangnya sampai tahun 2011.

    Pada tahun yang sama, Agus kembali ditarik ke Paspampres. Kali ini ia dipercaya jadi orang nomor satu di Paspampres alias jadi Danpaspampres. Jabatan Danpaspampres dipegangnya sampai tahun 2012. Dan, pada tahun 2014, Agus diberi mandat untuk memegang tongkat komando sebagai Pangdam Jaya. Agus jadi Pangdam Jaya sampai tahun 2015 untuk kemudian ditugaskan untuk mengisi posisi Dankodiklat TNI-AD sampai tahun 2016.

    Tahun 2016, Agus dipercaya jadi Dansesko TNI. Ia jadi Dansesko TNI sampai tahun 2017, untuk selanjutnya digeser ke Kementerian Pertahanan untuk memegang jabatan Irjen Kemhan RI. Agus bertugas di Kemhan sampai tahun 2018.

    Agus Sutomo adalah jenderal Kopassus yang memegang beberapa brevet militer. Brevet militer yang dipegangnya antara lain, Brevet Komando Kopassus, Breveut Free Fall, Brevet Jump Master, Brevet Gultor,vBrevet Taipur,vBrevet Parachutist Thailand, Brevet Navy Seal dan Brevet Korea Army.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.