x

Iklan

Muhammad Erviansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 April 2022

Senin, 23 Mei 2022 08:25 WIB

Analisis SWOT Pada UMKM “Risol Mayo Kembar”

Menjelaskan Proses analisis SWOT pada usaha UMKM "Risol Mayo Kembar"

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia ialah neraga yang beragam. Baik dari bahasa, suku, budaya, dan lainnya. Salah satunya ialah kulinernya. Kuliner yang akan saya bahas pada kali ini ialah kuliner yang cocok dimakan sambil meminum secangkir the panas ataupun secangkir kopi, yaitu Risol Mayo Kembar.
Risoles, atau sering disebut risol ialah pastri berisi bihun ataupun daging dan berisi sayuran yang dibungkus menggunakan kulit risol dadar, lalu digoreng setelah dilapisi tepung roti dan kocokan telur ayam. Risol mayo ialah bentuk inovasi atau improvisasi isian pada risol yang terisi dari sliced beef dan potongan telur ditambahkan mayonaise manis di dalamnya.

Pada kali ini saya akan menganalisis SWOT pada UMKM “Risol Mayo Kembar”

Apa itu analisis SWOT? 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Analisis SWOT ialah teknik untuk merencanakan strategi bisnis atau suatu proyek. Analisis ini wajib dilakukan sebelum kita merencanakan atau ingin mendirikan usaha dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal untuk menyusun strategi bisnis yang efektif. Berikut 4 komponen pada SWOT, antara lain :

1. Strength
Ialah Strength atau kekuatan dalam bisnis

2. Weakness
Artinya kelemahan pada perusahaan atau usaha yang kita jalankan

3. Opportunity
Ialah peluang dalam bisnis

4. Threats
Merupakan ancaman yang mungkin terjadi

Setelah memahami apa itu analisis SWOT, mari kita menganalisis usaha UMKM “Risol Mayo Kembar” dengan menganalisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. 

ANALISIS SWOT “RISOL MAYO KEMBAR”

1.    Strength (kekuatan)
a.    Menjual produk untuk semua kalangan (anak-anak, remaja, dan orangtua)
b.    Memiliki rasa yang unik dibandingkan risol pada umumnya

2.    Weakness (kelemahan)
a.    Pembuatannya sangatlah mudah ditiru
b.    Bisa dibuat sendiri

3.    Opportunity (peluang)
a.    Sangat mudah dalam hal pemasaran
b.    Alat dan bahan baku yang mudah ditemukan
c.    Tidak memerlukan modal yang besar
d.    Harganya cukup terjangkau

4.    Threat (ancaman)
a.    Produsen yang membuat produk yang sama
b.    Pesaing berimprovisasi dengan isian risol

Sekian analisis SWOT pada usaha UMKM “Risol Mayo Kembar” yang saya lakukan, semoga bermanfaat. Terimakasih

Ikuti tulisan menarik Muhammad Erviansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler