x

logo wattpad

Iklan

ARNI FITRIANI DWI AGUSTIN 2021

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Mei 2022

Rabu, 25 Mei 2022 12:53 WIB

Wattpad sebagai Wadah Penyebaran Karya Sastra di Era Reformasi Industri 4.0

Perkembangan teknologi di era reformasi Industri era 4.0 semakin pesat. Memengaruhi segala bilang tak terkecuali sastra. Penyebaran karya sastra tidak hanya melalui buku lagi, tetapi dapat melalui media online. Berbagai aplikasi untuk membaca dan menulis hadir, salah satu yang paling terkenal adalah wattpad. Lalu bagaimana sih peran wattpad sebagai wadah penyebaran karya sastra di era reformasi industri 4.0 ini? mari simak penjelasannya pada artikel ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan teknologi di era reformasi Industri era 4.0 semakin pesat terutama di Indonesia. Revolusi industri ini menciptakan wahana baru sastra berkat perkembangan teknologi media. Sastra tidak hanya muncul melalui buku-buku cetak, tetapi melalui koran, majalah, atau buletin. Ketika biaya publikasi semakin mahal dan munculnya hegemoni dalam sastra koran dan majalah, internet pun datang sehingga muncullah sastra cyber. Komunitas-komunitas sastra maya mulai muncul memanfaatkan teknologi seperti mailing list (milis), situs, forum diskusi, dan juga blog.

Penikmat karya satra saat ini makin dimudahkan dengan dikembangkannya aplikasi pada gawai (gadget)untuk membaca karya sastra. Untuk menikmati sastra, orang tidak perlu membawa buku novel. Dengan memasang aplikasi tersebut pada gawai orang baik yang daring (on line) maupun yang luring (off line). Beberapa aplikasi tersebut seperti, google play book, innovel, Amazon Kindle, Kobo Books, Free Book Spirit, goodreas, iPusnas, inkit, Novelpus dan Wattpad. 

Wattpad sendiri merupakan satu media yang diciptakan dalam jaringan (online) yang berguna untuk membaca dan menulis sebuah karya sastra berjenis novel, cerpen, dan juga puisi. Wattpad juga memiliki peran positif dan negative tersendiri yang mestinya kita pahami dan mengambil nilai-nilai positifnya saja dari aplikasi baca digital ini. Kini sudah banyak sekali penulis atau pun sastrawan hingga masyarakat umum yang terjun langsung menggunakan wattpad ini, untuk membagikan karyanya baik berupa puisi,kalimat sajak, cerpen, novel, dan lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut pandangan penulis, wattpad sendiri merupakan salah satu aplikasi menulis dan membaca yang banyak diminati oleh masyarakat umum terutama kaum milenial diera reformasi industry 4.0 ini. Karena adanya berbagai fitur yang terdapat didalam aplikasi wattpad ini, seperti fitur pengikut, fitur vote atau yang lebih dikenal dengan fitur like, dan fitur comment ini melahirkan referensi baru dalam penyebaran karya sastra baik itu cerpen, novel, puisi atau kalimat sajak.

Banyak akun yang dijadikan sebagai penyebaran karya sastra yang berisi entahitu berupa kalimat sajak, promosi novel, dan lain-lain seperti yang ada pada akun @Ameysaa, @obi, @helobagas, @rintiksedu, @eriscafebriani, @asriaci, @popiperatiwi, @tenderlova, @kedapsuara, dan masih banyak lagi. Bahkan penulis sendiri pun juga memiliki akun aktif untuk menyebarluaskan karya-karya yang dibuat pada akunnya. Dengan kepopuleran wattpad ini menunjukan bahwa wattpad  sangat membawa pengaruh pada transmisi karya sastra di era reformasi industry 4.0 ini. Karena banyak anak muda sekarang menyebarkan karya-karyanya dan membaca sebuah karya satra  melalui wattpad.

Seperti halnya pada akun @eriscafebriani yang selalu update mengenai bermacam-macam kalimat sajaknya. Sehingga banyak yang mengapresiasi karya akun tersebut dengan memberikan vote dan juga komentar positif  dan ada beberapa rumah produksi film yang mengekspresikan karya Erisca Febriani  tersebut menjadi sebuah film dan juga seris, bahkan mendapatkan beberapa penghargaan diajang perfilman Indonesia.

Menciptakan karya sastra seperti puisi, sajak, novel, dan cerpen dianggap sebagai peristiwa sastra, seperti yang diutarakan oleh Sumardjo (1997: 10) bahwa peristiwa sastra adalah peristiwa yang terdiri dari kegiatan mendengar atau membaca karya-karya sastra, menciptakan karya-karya sastra, dan memberikan kritik terhadap karya-karya sastra. Dalam semua peristiwa itu, bahasa merupakan suatu unsur yang tidak dapat disampingkan. Tanpa ada bahasa tidaklah ada yang disebut peristiwa sastra sebabnya ialah karena pengalaman itu timbul dan diungkapkan di dalam bentuk bahasa. Artinya pikiran, perasaan, dan pengkhayalan yang pernah terjadi didalam kesadaran sastrawan ditangkap baik dalam kata-kata, irama, lagu, maupun bunyi bahasa.

Dengan itu dapat diartikan bahwa ketika menulis dan membaca suatu karya sastra entah berupa puisi, sajak, atau apapun yang ditemui dalam wattpad merupakan salah satu bagian dari peristiwa sastra. Kemudian para penulis yang berada dalam wattpad itu merupakan penulis yang kekinian karena mampu mengikuti perkembangan zaman dan trend yang mana sekarang wattpad merupakan aplikasi baca yang dipakai oleh hamper masyarakat seluruh dunia. Dengan penulis menggunakan fitur tagar misalnya #sad, #puisi, #quotes, supaya tulisan tersebut dapat dikenal dikalangan penjuru dunia.

Tetapi kembali lagi kepada bagaimana penulis dapat mengembangkan karya-karyanya, bagaimana penulis mengembangkan kalimat-kalimatnya yang diciptakan dan digunakan bukan untuk menyindir bahkan menyinggung pihak tertentu, namun bisa digunakan untuk disebarluaskan untuk mendapat apresiasi karyanya dari pembacanya. Tentu tidak semua orang dipaksa untuk menyukai karya siapapun, adapun dalam instagram tidak hanya berisi sisi positifnya saja, pasti terdapat sisi negatifnya juga yakni berupa komentar negatif yang terdapat pada setiap akun, entah komentar itu berupa menjatuhkan karya seseorang atau memang bersifat tidak mendukung dan menyukai karya sastra seseorang.

Ikuti tulisan menarik ARNI FITRIANI DWI AGUSTIN 2021 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu