x

Iklan

Erik Feb

— bukan siapa-siapa
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Jumat, 17 Juni 2022 06:42 WIB

Geografi: Ilmu Sosial atau Alam, sih? Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Banyak dari mereka masih ingin memperjelas kajian ilmu geografi: itu ilmu alam atau sosial, to? Di SMA kok masuk IPS, ya? Pertanyaan demikian akan dijawab di pemaparan singkat berikut ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebenarnya, saya tak ingin membicarakan banyak tentang hal ini. Namun, masih saja banyak yang menanyakan tentang : "Eh, geografi tuh IPS atau IPA, to?". Kita semua melihat bahwa di jurusan IPS jenjang SMA, mata pelajaran geografi adalah salah satu mata pelajaran wajib di antara mata pelajaran wajib lainnya.

Lihatlah gambar berikut ini,

Teori Pembentukan Tata Surya dan Jagat Raya oleh George Lemaitre

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baiklah, mari kita simak secara singkat ada apa saja di geografi tingkat SMA pada kurikulum 2013 di kelas X, salah satu pokok materi yang akan di bahas adalah mengenai bumi yang berisi; Teori penciptaan planet bumi, gerak rotasi dan revolusi bumi, arakteristik lapisan bumi dan pergeseran benua, kala geologi dan sejarah kehidupan. Bagaimana, Bung? Ilmu pengetahuan alam banget gak, sih? Jika memang alam banget kajiannya, kok masuk IPS?

Geografi adalah sebuah ilmu yang cukup kompleks, di dalamnya terdapat kajian-kajian ilmu yang cukup luas, tapi jika ditarik secara garis besar, geografi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu tentang kenampakan bumi.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Bernhardus Varenius atau yang dikenal dengan Bernhard Varen, merupakan salah satu tokoh penting dalam keilmuan geografi di Jerman, bahkan Eropa. Nah, salah satu karya beliau yang sangat dikenal luas ialah buku yang berjudul Geographia Generalis; 1650. Beliau menuangkan pemikiran bahwa geografi sebagai campuran dari matematika yang membahas tentang kondisi bumi beserta bagiannya, juga mengenai benda-benda langit.

Bernhardus Varenius - Geographia Generalis

Bagiamana, IPA lagi, kan?

Nah, dalam buku itu Verenius membagi geografi dalam 2 kajian ilmu, yaitu geografi generalis dan geografi khusus, berikut penjabarannya:

Geografi Generalis
Geografi ini membahas lebih banyak tentang karakteristik permukaan bumi secara umum. Kajian geografi ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Terestrial, adalah pengetahuan mengenai bumi secara keseluruhan, juga meliputi bentuk serta ukurannya.
  • Astronomis (falakiah), pengetahuan mengenai hubungan bumi dengan bintang atau benda langit. Kajian geografi ini merupakan cikal bakal kemunculan ilmu kosmografi, ya.
  • Komparatif, membahas mengenai deskripsi lengkap tentang bumi, letak, serta berbagai tempat yang ada di permukaannya.


Geografi Khusus
Nah, pada kajian geografi ini, yang dibahas adalah bumi secara keseluruhan dan sifatnya lebih mendalam. Kajian geografi ini lebih banyak mendeskripsikan tentang wilayah yang ada di bumi dan segalanya yang saling terkait. Geografi khusus ini dibagi menjadi 3 bagian juga, yaitu:

  • Atmosfer (aspek langit), adalah pengetahuan yang secara khusus membahas tentang keadaan iklim di bumi.
  • Litosfer (aspek permukaan bumi), adalah pengetahuan yang secara khusus menelaah atau mengkaji tentang permukaan bumi, meliputi relief, vegetasi, dan fauna yang tersebar di berbagai kawasan.
  • Aspek manusia, adalah pengetahuan yang secara khusus membahas keadaan penduduk, perdagangan, urusan pemerintahan dari berbagai negara.


Nah, sekarang mari kita telisik keilmuan geografi di tingkat perguruan tinggi di Indonesia. Di Universitas Indonesia, Ilmu Geografi masuk di Fakultas Ilmu Matematika dan Pengetahuan Alam, sedangkan di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Malang, Ilmu Geografi masuk di Fakultas Ilmu Sosial, lho. Bagaimana di Universitas Gadjah Mada? Di UGM, terdapat Fakultas Gegrafi sendiri, yang di dalamnya terdapat Jurusan Geografi dan Ilmu Lingkungan serta Jurusan Sistem Informasi Geografi dan Pengembangan Wilayah.

______________

Sampai di sini, saya akan menjabarkan keilmuan geografi ini agar lebih komprehensif. Ilmu geografi dapat dibagi menjadi 3 kajian ilmu, yang meliputi: Geografi fisik, sosial, dan teknik.

  • Geografi Fisik
    Gambaran mudahnya, alam. Tentang alam, ok? Pada ilmu geografi, pasti akan kalian temui materi fenomena geosfer, biosfer, hidrosfer serta dampaknya, geomorfologi, geologi, teori pembentukan jagat raya dan masih banyak lagi. Alam, kan?
  • Geografi Sosial
    Pernah baca atau dengar soal fertilitas, mortalitas, atau mobilitas penduduk? Yah, itulah beberapa yang akan dipelajari pada Demografi. Segala sesuatu mengenai dinamika penduduk akan dipelajari di geografi sosial. Saya akan berikan data-data BPS mengenai dinamika penduduk tahun 2020, simaklah!

    Data Sensus Penduduk 2020, Sumber : BPS

  • Geografi Teknik
    Baimana dengan kartografi? Ya, menurut KBBI, kartografi adalah gambar peta (tabel dan sebagainya), seni atau keahlian membuat peta, atau ilmu mengenai peta. Intinya mengenai pemetaan wilayah dan segala tentangnya. Pada kajian ini akan ditemukan materi mengenai Geograpic Information System, Penginderaan Jauh (Remote Sensing), hingga Fotogrametri.

    Penginderaan Jauh Dasar

     

    Citra Satelit Landsat 8, Terra. Skala Kecil.

    Demikian itu adalah geografi teknik untuk pengembangan wilayah maupun keperluan lain yang akan dilakukan oleh manusia.

Ikuti tulisan menarik Erik Feb lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler