Apa Perbedaan Paparazi dan Wartawan? - Urban - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi wartawan televisi. shutterstock.com

Bangjay Bangjay

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juni 2022

Senin, 20 Juni 2022 19:14 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Apa Perbedaan Paparazi dan Wartawan?


    Dibaca : 599 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mungkin kita sering mendengarkan kata-kata paparazi, kita bertanya-tanya apa itu paparazi. Apakah sama dengan wartawan? Banyak kita mengira bahwa paparazi dan wartawan adalah sama. Ternyata jauh berbeda antara paparazi dan wartawan. 

    Walaupun sama-sama mencari informasi tentang selebriti, politisi atau orang-orang terkenal lainnya. Cara kerja mereka berbeda dalam mengikuti kegiatan selebriti atau orang-orang terkenal lainnya. 

    Ada dampak baik dan juga buruk adanya paparazi untuk seorang selebriti. Tidak selamanya berdampak buruk, karena dengan adanya mereka maka seorang selebriti bisa menjadi lebih terkenal. Dengan demikian maka popularitas seorang selebriti akan semakin mencuat karenanya. 

    Begitu pula sebaliknya ada hal-hal yang memang tidak perlu dipublikasikan atau berifat privasi namun menjadi santapan publik. Tapi itulah dua mata pisau yang menjadi resiko seorang selebriti ataupun orang-orang ternama. 

    Sedangkan wartawan mencari informasi yang lengkap dan detail untuk menjelaskan apa yang mereka dapatkan dari seorang selebriti atau orang-orang terkenal.  

    Perbedaan Paparazi dan Wartawan

    Menurut KBBI Paparazi adalah : Juru foto bayaran yang memburu para selebriti

    Sementara itu menurut Wikipedia.org makna paparazi ialah:

    Paparazi adalah istilah yang bersumber dari bahasa Italia yang merujuk pada pekerjaan juru foto (fotografer) lepas (freelance) yang kerap mengikuti orang populer (terkenal), supaya bisa mendapatkan gambar maupun foto dari orang tersebut tanpa disadarinya.

    Paparazi ialah seseorang juru foto freelance yang mengikuti orang-orang populer serta mengambil gambar mereka baik mereka sadar ataupun tidak dan pula mereka dalam kondisi siap maupun tidak. Pekerjaan mereka kerap diduga pengganggu oleh orang poluler.

    Mereka bekerja tidak terikat dengan siapapun baik itu industri, penerbitan media ataupun perusahaan lain. Mereka cuma bekerja selaku juru foto yang mencari gambar artis dan menjualnya diredaksi ataupun agensi-agensi tertentu.

    Adapun wartawan menurut wikipedia.org :

    Wartawan ataupun jurnalis atau pewarta adalah seorang yang melaksanakan aktivitas jurnalistik ataupun orang yang secara tertib menuliskan berita (berbentuk laporan) dan tulisan tersebut dikirimkan/dipublikasi di media massa dengan teratur. Adapun media masanya adalah koran, tv, radio, internet dan lain sebagainya. Untuk definisi lebih lengkap silahkan kunjungi wikipedia.org 

    Wartawan melakukan tugasnya dengan memotret dan meliput para selebriti ketika mereka dalam keadaan siap seperti dalam even-even resmi atau khusus. Sehingga pekerjaan mereka tidak menimbulkan kontroversi. Mereka juga bekerja pada media tertentu dengan payung hukum yang resmi.  

    Mereke bekerja dengan profesional tidak dengan prosedur tertentu yang menjunjung kode etik dan juga provasi. Mereka tidak diperkenankan untuk mengambil bayaran diluar tugas mereka. Berita harus sesuai fakta dan terkonfirmasi dengan orang-orang yang bersangkutan.  

    Demikianlah perbedaan antara paparazi dan wartawan. Mudah-mudahan artikel ini dapat menberikan sedikit pencerahan bagi kita dan dapat memberikan rmanfaat sesuai dengan fungsinya.   

    Ikuti tulisan menarik Bangjay Bangjay lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 491 kali