x

Iklan

Aryana Cipta Properti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juni 2022

Kamis, 23 Juni 2022 14:03 WIB

Mengenal Jasa Arsitek dan Pekerjaannya

Arsitek adalah seorang perancang bangunan, orang yang terlibat dalam perencanaan pembangunan, mengawasi konstruksi, yang juga berperan dalam memandu keputusan yang mempengaruhi aspek pembangunan dalam sisi estetika atau keindahan, budaya dan masalah sosial. Itulah pengertian secara sempitnya, jika diartikan secara luas mereka bekerja dalam lingkup lebih luas, seperti pada lingkup interior, bangunan yang kompleks, ruang lingkup kota dan regional.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Arsitek adalah seorang perancang bangunan, orang yang terlibat dalam perencanaan pembangunan, mengawasi konstruksi, yang juga berperan dalam memandu keputusan yang mempengaruhi aspek pembangunan dalam sisi estetika atau keindahan, budaya dan masalah sosial. Itulah pengertian secara sempitnya, jika diartikan secara luas mereka bekerja dalam lingkup lebih luas, seperti pada lingkup interior, bangunan yang kompleks, ruang lingkup kota dan regional.

Yang merancang bangunan di kota, rumah-rumah mewah, gedung, toko, bahkan taman di perkotaan, adalah pekerjaan arsitek. Pekerjaan mereka sungguh banyak, tapi tidak semua dari mereka menguasai semua spesialisasi ini.

Mereka dibagi-bagi lagi. Ada yang berfokus pada tata ruang dalam ruangan, bangunan jenis perumahan atau hunian, gedung, hingga bangunan komersial milik pemerintah yang strukturnya lebih rumit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun kali ini kita hanya membahas arsitek pada lingkup rumah saja. Tugas dari arsitek dasar yang bisa mengubah lingkungan sempit atau luas Anda menjadi tempat bangunan hunian paling nyaman.

Rumah ini akan berdiri secara sempurna tanpa meninggalkan ilmu-ilmu pembangunan, lihat bagaimana perancang pembangunan ini merealisasikan rumah impian yang saat ini masih sebatas hayalan di kepala.

Daftar Tugas-Tugas Seorang Arsitek Rumah 

Sebagian besar waktu mereka dihabiskan di kantor. Di sana mereka bertemu para klien, untuk nantinya melakukan penyusunan rencana, mengerjakan perkiraan biaya, mengajukan izin dengan departemen pembangunan kota dan membantu klien membuat perjanjian dengan kontraktor.

Arsitek juga memiliki tugas mengunjungi tempat dibangunnya konstruksi, dengan tujuan memeriksa kemajuan proyek dan memastikan apakah kontraktor membangun sesuai dengan rencana mereka.

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab seorang arsitek yang dibahas lebih detail:

  1. Memimpin dan mengembangkan proyek dari konsep awal hingga pengembangan desain
  2. Menyiapkan gambar, spesifikasi, dan dokumen konstruksi
  3. Merancang dan mendokumentasikan pembangunan rumah yang dikerjakan
  4. Menerima konsultasi dari klien untuk menyesuaikan bagaimana kebutuhan mereka
  5. Mengkoordinasi studi arsitektur awal untuk struktur baru dan perubahan besar pada struktur yang ada
  6. Mengatur dan mengelola dokumen izin mendirikan bangunan
  7. Bekerja bersama tim lintas lini bisnis di lokasi terpencil, dan berkoordinasi dengan subkontraktor
  8. Menyelesaikan masalah desain dengan memberikan solusi yang praktis dan inovatif
  9. Mengubah rencana bila dibutuhkan agar sesuai dengan keinginan klien dan penjualan

Mereka hadir saat tahap rencana sampai tahap akhir. Sebagian besar, tugas arsitek memang begini. Namun ada yang mengambil tugas sebagian karena menyesuaikan anggaran.

Misal, klien hanya butuh gambar. Soal pengawasan di lokasi konstruksi, diserahkan pada mandor atau pemilik bangunan demi menekan biaya.

Kehebatan Arsitek dalam Merancang Rumah Anda 

Pentingnya menghadirkan arsitek pada setiap pembangunan kita. Selain membuat perencanaan lebih terarah, keunggulan lainnya kita dapat membuat hunian dengan desain yang lebih unik dan enak dipandang.

Selain itu masih ada beberapa kehebatan lain:

  1. Mampu menerjemahkan keinginan seseorang untuk membangun rumah sesuai impian
  2. Mampu memadukan dan menggabung seni dan kreativitas dengan ketepatan perhitungan konstruksi bangunan
  3. Bisa memberikan kontribusi pada budaya. Artinya, seorang arsitek bisa menorehkan sejarah melalui karya-karya yang dibangun
  4. Dapat membantu membangun masyarakat dengan memperhatikan pembangunan lingkungan di sekitarnya
  5. Mampu membuat gedung dengan desain unik tapi tidak mengurangi fungsi serta keamanan suatu gedung

Intinya, dengan arsitek, Anda dapat membuat hunian impian yang belum dimiliki orang lain. Bisa mulai Anda bayangkan betapa menyenangkan menggunakan jasa arsitek pada proyek Anda?

Langkah Mendesain Rumah Impian Anda dengan Jasa Arsitek 

Anda tidak perlu menjadi seorang profesional untuk mendesain rumah. Yang penting dalam proses ini, kalian menghadirkan orang profesional yang akan menuntun Anda mewujudkan rumah impian.

Langkah 1: Mulai Tentukan Anggaran Anda Mendesain Rumah

Anggaran atau uang yang Anda miliki saat ini mempengaruhi setiap keputusan lain yang Anda buat. Sepanjang prosesnya nanti, Anda mungkin akan dihadapkan pada diskusi sulit terkait item pada daftar keinginan yang benar-benar Anda butuhkan dan yang hanya membebankan Anda pada biaya.

Uang Anda, akan habis untuk mengurus hal-hal ini, jadi pikirkan baik dan mulai lakukan perhitungan dari sekarang:

  • Biaya arsitek
  • Biaya izin mendirikan bangunan
  • Inspeksi
  • Biaya pondasi
  • Pembingkaian
  • Biaya interior dan eksterior
  • HVAC, pipa ledeng, dan listrik

Strategi terbaik adalah dengan menyisihkan anggaran Anda untuk kebutuhan tak terduga karena sebuah masalah. Sisanya, Anda bisa hidup tenang dengan anggaran yang telah dihitung sejak awal yang Anda pikir cukup.

Langkah 2: Bagaimana Penempatan Rumah Anda?

Tugas ini bisa diserahkan ke arsitek. Dia bisa menentukan bagaimana posisi rumah berdasarkan iklim tempat tinggal, luas wilayah, arah cahaya matahari dan sebagainya.

Poin ini dapat didiskusikan bersama agar memperoleh hasil yang memuaskan. Penempatan rumah, akan memengaruhi interior di dalamnya. Bagian outdoor juga ikut kena pengaruh.

Berikut adalah beberapa pengaruh lokasi rumah berkaitan dengan masalah bagaimana Anda menempatkan posisi rumah.

 

  • Perbukitan pada tanah dapat mempengaruhi saluran drainase dan saluran pembuangan
  • Jika Anda ada di dasar bukit, limpasan air hujan harus diarahkan menjauh dari pondasi
  • Jika berada di puncak bukit, Anda mungkin perlu pompa pembuang kotoran
  • Pemandangan apa yang Anda ingin lihat dari jendela? Hal ini penting diketahui agar bisa menentukan posisi rumah dengan baik dan benar

Menanam pohon atau membuat pagar tanaman yang tinggi, bisa memberikan efek sejuk dan adem. Cocok dipakai pada rumah yang beriklim panas.

Langkah 2: Menyesuaikan Rumah dengan Gaya Hidup Anda

Pikirkan gaya hidup Anda dan bayangkan bagaimana rumah impian mencerminkan hal itu. Misalnya, apakah rumah harus besar atau cukup dengan ukuran kecil atau minimalis?

Coba Anda buat catatan melalui beberapa pertanyaan ini:

  • Seberapa besar rumah Anda seharusnya?
  • Apakah ruangan di dalamnya harus disambungkan dengan ruangan lain? Misalnya, di dalam kamar tidur ada kamar mandi
  • Berapa banyak cahaya alami yang Anda butuhkan masuk ke dalam ruangan?
  • Jenis furnitur apa yang harus ada dalam ruangan?

Langkah 3: Memilih Gaya Rumah 

Ada dua pilihan, rumah bergaya modern atau tradisional. Masing-masing memiliki ciri khas. Jika rumah tradisional, bagian atapnya cenderung runcing dengan atap pelana yang terbuat dari bahan kayu, plesteran, batu, tanah liat. Namun karena di Indonesia rumah tradisional jenisnya sangat banyak, ciri ini bukan acuan untuk membuat rumah tradisional.

Sementara rumah modern, warnanya kebanyakan kalem, jendela berukuran besar, menggunakan bahan terbuat dari baja bertulang dan beton.

Sementara bagian denah lantai, pada rumah tradisional ruang dibagi menjadi kamar-kamar dengan tujuan tunggal yang terpisah. Sementara rumah modern seringnya memiliki denah lantai konsep terbuka dengan lebih sedikit dinding terpisah.

Sebenarnya gaya rumah tidak berpusat pada modern atau tradisional. Ada banyak gaya yang bisa Anda jadikaan acuan. Berikut daftarnya:

  • Gaya kontemporer
  • Gaya modern abad pertengahan
  • Gaya kolonial
  • Gaya tudor victoria
  • Gaya mediterania
  • Gaya peternakan
  • Gaya rumah pertanian

Langkah 4: Membuat Ringkasan Desain untuk Arsitek

Ringkasan desain adalah dokumen yang menguraikan visi Anda dan kebutuhan Anda akan ruang. Berikan informasi sebanyak-banyaknya kepada arsitek, semakin lengkap informasi yang Anda berikan, semakin mudah arsitek mendapatkan gambaran rumah impian Anda.

Sertakan beberapa informasi di bawah ini kepada arsitek:

  1. Anggaran dan kerangka waktu
  2. Gaya hidup atau apa yang benar-benar Anda butuhkan di tempat tinggal
  3. Persyaratan kamar
  4. Pilihan gaya yang Anda pilih
  5. Gambar rumah impian, coba cari gambar di internet yang desainnya mendekati rumah impian. Biar nanti arsitek sempurnakan
  6. Denah lantai

Langakh terakhir, Anda dan arsitek dapat bekerja sama dalam penyesuaian terakhir untuk desain rumah impian. Itulah beberapa langkah membangun rumah impian bersama jasa arsitek rumah.

Ikuti tulisan menarik Aryana Cipta Properti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler