Pembuatan Kertas dari Jerami pada Sebuah Inovasi Alternatif Pemanfaatan Limbah - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Rilda Gumala

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Senin, 27 Juni 2022 05:11 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Pembuatan Kertas dari Jerami pada Sebuah Inovasi Alternatif Pemanfaatan Limbah

    Pemanfaatan Limbah Jerami Padi menjadi kertas. Proses pembuatan yang cukup sederhana dengan bahan baku yang mudah didapat sehingga kertas seni dari jerami padi menjadi alternatif mengurangi limbah dan meningkatkan pendapatan karena bernilai ekonomis yang cukup tinggi.

    Dibaca : 1.775 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Selama ini jerami padi banyak dimanfaatkan hanya sebagai bahan untuk membuat pupuk kompos, namun ternyata jerami padi juga dapat diolah menjadi kertas. Hal ini disampaikan oleh Prof.Dr.Rer.nat. Ir.Anwar Kasim dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat jurusan Teknologi Industri pertanian (TIP) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas di SMK PP Negeri Padang, Rabu 22 Juni 2022.

    Proses pembuatannya, jerami padi dikeringkan lalu dimasak dengan natrium hidroksida dengan atau soda api  dengan perbandingan tertentu hingga lunak. Selanjutnya dihancurkan menjadi bubur kertas (pulp). Setelah itu dilakukan pencetakan dengan mesin cetak yang dirancang sendiri dengan cara kerja mirip dengan alat cetak sablon. Terakhir adalah proses pengeringan dengan sinar matahari langsung.

    Seperti diketahui bahwa kertas adalah produk pengolahan selulosa sebagai bahan baku dengan ketebalan 0,30 mmatau gramatur maksimum 224 g.m2 . Kertas yang dihasilkan  dari jerami padi berupa kertas seni  (art paper) dengan warna alami, putih buram/gelap.  Jika ingin warna menjadi putih seperti kertas HVS dapat dilanjutkan dengan proses pemutihan/bleaching. Warna ini disebabkan oleh kandungan warna yang dimiliki oleh serat penyusunnya.

    Kertas seni (art paper)  adalah salah satu jenis kertas dengan penampilan estetis yang bernuansa alami dan unik serta hasil buatan tangan dengan bentuk dan desain yang menarik. Tujuan membuat kertas seni ini awalnya memang untuk memanfaatkan limbah non kayu seperti  jerami, merang, sabut kelapa dan lain sebagainya. Sekarang ini permintaan terhadap kertas seni cukup tinggi seiring dengan meningkatnya industry produk kreatif yang banyak menggunakan kertas seni sebagai bahan bakunya. Kertas seni (art paper) banyak dimanfaatkan industry produk  kreatif seperti untuk  membuat tas berbahan kertas (paper bag) yang banyak digunakan untuk hampers dan ucapan terima kasih, cindera mata, bingkai foto, hiasan dinding, undangan, amplop dan lain sebagainya.

    Pembuatan kertas dari bahan limbah ini memperhatikan faktor lingkungan dengan mengurangi  jumlah limbah organik sehingga bernilai  ekonomis. Selain itu Proses pembuatannya pun cukup sederhana dan dapat diterapkan di industry rumahan.

    Kegiatan yang digagas oleh Jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas ini  bekerja sama dengan SMK PP Negeri Padang sehingga Civitas akademika dan siswa SMK PP Negeri Padang dapat menyerap informasi inovasi teknologi pemanfaatan limbah khususnya limbah jerami padi . Semua ini memberi dampak positif terhadap peningkatan wawasan pengetahuan dan ketrampilan  Tenaga Pendidik dan siswa SMK PP Negeri Padang dalam hal pemanfaatan jerami padi untuk diolah menjadi kertas.  Harapan ke depannya tentunya dapat dibuat sendiri kertas seni dari jerami padi dan produk turunannya.

     

     

     

     

     

    Ikuti tulisan menarik Rilda Gumala lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.