Bahaya Merokok - Analisis - www.indonesiana.id
x

ENGGAR PRAYOGA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Juli 2022

Selasa, 5 Juli 2022 10:49 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Bahaya Merokok

    Merokok menyebabkan 84% kematian akibat kanker paru-paru. Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung. Merokok juga merusak lapisan arteri. Nikotin, yang merupakan senyawa aktif dalam rokok, menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.

    Dibaca : 232 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Rokok adalah tembakau yang dibungkus atau ditutup dan berukuran antara 70 mm sampai 120 mm dengan diameter 10 mm. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara atau menyala sehingga asapnya dapat dihirup melalui mulut pada ujung yang tidak terbakar dengan rasa yang manis. Kebiasaan merokok telah menjadi budaya di berbagai negara di dunia.

    Dalam hal kesehatan, rokok memberikan kesan buruk bagi kesehatan tubuh yang disebabkan oleh bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam asap rokok. Asap rokok yang dihisap atau dihirup oleh perokok atau orang disekitarnya akan masuk ke rongga mulut dan hidung melalui kerongkongan sampai ke paru-paru. Kandungan asap rokok akan menyebabkan kerusakan di sepanjang jalan di dalam tubuh. Diantaranya adalah berkurangnya fungsi otak akibat gas CO2 karbondioksida dan berkurangnya oksigen O2 dari asap rokok.

     

    Saat ini, siapa yang tidak tahu zat adiktif dalam rokok? Bahaya merokok? Banyak sekali sekarang ini yang kita ketahui bahaya rokok zat adiktif, selain menghanguskan uang kita juga bisa merugikan diri kita sendiri, mungkin tidak sekarang, dampak yang bisa dilihat pasti kedepannya akan sangat terlihat dampak dari merokok sendiri, contoh yang sering kita jumpai di masyarakat atau lingkungan sekitar, di mana seorang pria bisa melihat dada yang memerah, karang gigi yang menguning, bahkan bau mulut yang terhirup. Masih banyak orang yang tidak memperdulikan betapa bahayanya merokok, bahkan sampai ada iklan bahaya merokok. Berikut adalah beberapa efek berbahaya dari merokok.

    1. Kanker 
    Kanker adalah suatu penyakit ganas yang menakutkan, bahkan belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ganas ini. Salah satu penyebab kanker adalah merokok. 
     
    2. Jantung 
    Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang teringgi di Indonesia. Perokok aktif memiliki 2 sampai 4 peluang lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner. Merokok dapat memberikan 2 kali lebh besar untuk terkena stroke dan merokok dapat menyempitkan pembuluh darah arteri sehingga dapat mengurangi sirkulasi darah, akibatnya perokok dapat 10 kali peluang terkenanya penyakit penyempitan pembuluh darah, serta juga mengakibatkan imptensi atau ereksi. 
     
    3. Gangguan Janin 
    Untuk hal ini pemerintah sudah mengingatkan pada iklan dan bungkus rokok bahwa bahayanya rokok untuk wanita khususnya ibu hamil. Bahaya yang diakibatkan oleh seorang wanita perokok, yaitu kemandulan, kematian janin, keguguran, berat yang rendah saat lahir, sehingga syndrom bayi yang mengakibatkan kemnatian.

    Ikuti tulisan menarik ENGGAR PRAYOGA lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.