Transparansi Exchange Traded Fund (ETF), Tak Ada yang Ditutup-tutupi - Urban - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 23 Agustus 2022 16:26 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Transparansi Exchange Traded Fund (ETF), Tak Ada yang Ditutup-tutupi

    NABi yang real time ini memudahkan investor dalam melakukan transaksi subscription atau redemption sehingga bisa langsung mengetahui harga perolehannya ketika sudah match atau done.

    Dibaca : 1.027 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Salah satu keunggulan produk reksa dana yang bernama Exchange Traded Fund (ETF) adalah transparan. Transparansi ini termasuk keunggulan yang sangat menonjol dibanding produk reksa dana lainnya.

    ETF sebagai produk reksa dana yang diperjual-belikan di pasar saham di jam bursa unggul dalam transparansi karena seluruh isi prortofolio ETF (termasuk komponen kas) dipublikasikan setiap hari.

    Transparansi portofolio ini disodorkan Manajer Investasi melalui website Bursa. Transparansi ini memungkinkan investor mengetahui efek apa saja yang terdapat dalam produk ETF.

    Tak hanya saham-saham yang menjadi underlyingnya, investor juga bisa mengecek dan memastikan bobot masing-masing efek. Dengan begitu investor mendapatkan informasinya secara lengkap karena memang nggak ada yang ditutup-tutupi.

    Selanjutnya, informasi mengenai ETF dan isi sahamnya ini dapat diakses kapan pun dan dimana pun.

    Informasi yang disuguhkan dengan lengkap ini tentu berbeda dengan reksa dana konvensional yang diwajibkan untuk mempublikasikan 10 efek terbesarnya saja dalam bentuk fund fact sheet yang dikeluarkan pada periode bulanan, tiga bulanan dan seterusnya).

    Transparansi ETF ini juga terwujud dalam Nilai Aktiva Bersih indikasi (NABi) yang disuguhkan selama jam perdagangan berbeda dengan reksa dana pada umumnya dibaru bisa diketahui di akhir hari. 

    NABi terus bergerak dan dapat dipantau real time selama jam perdagangan bursa. NABi yang real time ini memudahkan investor dalam melakukan transaksi subscription atau redemption sehingga bisa langsung mengetahui harga perolehannya ketika sudah match atau done.

    Nah, dengan melihat keunggulan ini maka investor makin diyakinkan kalau reksa dana ETF ini memang layak untuk pemula. Semua informasi yang dibutuhkan tidak ditutup-tutupi.

    Oleh sebab itu, investasi ETF yang kini sudah sangat mudah dilakukan dengan aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas, baik untuk investor primer atau sekunder, bisa menjadi pintu masuk dalam investasi sebelum terjun langsung ke yang lebih kompleks seperti saham.

    Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.