x

image: Stylecraze

Iklan

Urip Widodo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Maret 2022

Selasa, 6 September 2022 17:29 WIB

Hidup adalah Masalah

Masalah atau problem dalam hidup itu sebuah keniscayaan. Takada manusia yang hidup yang tak punya masalah. Bahkan masalah ciri atau tanda bahwa kita ini hidup. persoalannya, bagaimana menghadapi masalah yang datang silih berganti?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Masalah adalah persoalan yang sering, bahkan selalu, kita hadapi. Dan, semua kita inginnya tidak punya masalah. Padahal itu tidak mungkin alias mustahil.

Kenapa?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Karena yang namanya hidup ya … pasti selalu bertemu dengan masalah.

‘Kalau ga mau punya masalah, mending mati saja!’ Itu kalimat yang sering dilontarkan orang yang bosan mendengar curhatan orang yang punya masalah.

Tapi ada benernya, lho, kalimat itu. Artinya, kalau mau hidup, ya harus siap menghadapi masalah. Makanya saya buat judul tulisan kali ini Hidup adalah Masalah.

Hidup sama dengan masalah. Hidup adalah masalah. Jadi, masalah akan selalu menyertai kita, kemana pun, di mana pun, sedang apa pun, dan siapa pun kita. Rakyat kecil atau pejabat. Orang miskin atau miliarder. Buruh kasar atau artis papan atas.

Bahkan ketika dulu, duluuuuu … sekali, saat kita masih berbentuk spermatozoa, yang disemburkan ayah kita, kita sudah dihadapkan dengan masalah. Kita harus berenang melewati lorong-lorong yang berkelok-kelok menuju rahim ibu kita. Yang jaraknya beratus-ratus kali ukuran ‘tubuh’ kita.

Selain harus berenang jauh, kita pun harus bersaing, adu cepat, dengan jutaan ‘kerabat’ kita. Kenapa harus adu cepat? Karena rahim ibu kita hanya menerima satu dari dari sekian juta peserta balap renang itu.

Berbahagialah. Karena Anda yang sedang membaca dan saya yang sedang menulis ini adalah para juara yang dulu, duluuuu … sekali, mengalahkan jutaan pesaing kita.

Itu baru awal kehidupan. Tentu saja di kehidupan berikutnya, masalah-masalah akan selalu menyertai kita. Sejak kita brojol, setelah mendekam sembilan bulan di rahim ibu kita, si masalah pun sudah ‘menempel’ dalam kehidupan kita.

Ga usah dijelasin satu-satu, kan, masalah yang pernah kita hadapi sejak kecil dulu itu. Semua kita mengalami. Dari masalah remeh temeh sampai masalah yang kita anggap berat. Dan, ternyata kita berhasil tuh ngatasin masalah-masalah itu.

Kembali ke judul. Hidup adalah masalah, hidup sama dengan masalah. Maksudnya, saat ketemu atau mendapat masalah (istilah yang tepat apa ya, ketemu atau mendapat?), keep calm wae, hadapi saja. Karena justru dengan adanya masalah itu, membuktikan bahwa kita hidup dan pasti sanggup menyelesaikan masalah tersebut.

Karena masalah bukan untuk dihindari. Cek saja arti masalah menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). KBBI menyebutkan masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan (dipecahkan).

Ingat juga firman Allah Swt di ayat terakhir surat al-Baqarah yang menyebutkan, bahwa “Allah Swt tidak akan membebani kita dengan beban di luar batas kemampuan kita”.

Artinya, masalah yang kita hadapi, kita pasti sanggup menghadapinya dan menyelesaikannya.

 

Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Urip Widodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler