x

Saluran Pipa Gas yang menghubungkan Serbia dan Hongaria (Srbijagas)

Iklan

Teguh V. Andrew

Pengabar Berita Internasional. Dikurasi dan ditulis oleh Jurnalis Warga Teguh V. Andrew
Bergabung Sejak: 22 September 2022

Rabu, 5 Oktober 2022 07:14 WIB

Persedian Gas Alam Serbia Hanya Cukup untuk Konsumsi 3 Bulan Ke Depan

Pemerintah Serbia pada Selasa (4/10) mengatakan persedian gas alam hanya cukup untuk tiga bulan ke depan. Presiden Serbia, Aleksandar Vucic mengatakan saat ini persedian gas yang tersedia adalah 660 juta kubik meter. Persedian ini bersumber dari 380 juta meter kubik dari Hongaria dan 276-280 juta kubik bersumber dari pasokan dalam negeri, yaitu dari kawasan desa Banatski Dvor.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Vucic mengatakan pangkal masalah dari minimnya pasokan gas alam di Serbia adalah harga gas alam yang melambung tinggi. Hungaria sebenarnya bisa memasok gas alam hingga 500 juta meter kubik. Namun untuk menghemat keuangan negara, Serbia terpaksa mengurangi pembelian dengan risiko pasokan gas alam untuk kebutuhan konsumsi dalam negeri menjadi minim.

 

“Kami akan mengurangi pasokan gas alam dari Hungaria hingga maksimal 6 juta meter kubik dan 4 juta meter kubik dari kawasan desa Banatski Dvor per hari. Pengurangan ini tidak akan cukup untuk 100 % konsumsi dalam tiga bulan ke depan. Jumlah pasokan ini hanya akan mencukupi 70 persen konsumsi”, kata Vucic.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Presiden Serbia juga mengatakan pihaknya hanya bisa mengamankan jumlah pasokan gas alam itu dalam tempo dua bulan. Sementara untuk mengatasi krisis gas alam di Serbia, pemerintah Hungaria telah menawarkan bantuan dengan memastikan akan memberikan pasokan tambahan jika hal itu perlu dilakukan.

 

Serbia telah membeli pasokan tambahan gas alam sebanyak 500 juta kubik meter dari dua perusahaan asal Hungaria pada Juli lalu. Total dari seluruh pembelian itu mencapai 250 juta Euro. Pasokan gas itu akan disimpan dalam fasilitas di Hongaria hingga 1 Oktober. Selain itu pasokan 3 juta kubik meter gas alam akan tersedia setiap harinya hingga Februari tahun depan. (sumber: aa.com)

 

Ikuti tulisan menarik Teguh V. Andrew lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler