x

Iklan

Johanes Sutanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 12 Oktober 2022 18:21 WIB

3 Tip Trading Saham, Poin Ketiga Penting Banget untuk Dijaga

Memilih saham yang bisa memberikan cuan dalam singkat itu bukan pekerjaan mudah, prosesnya pun tidak serta merta berjalan mulus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Trading saham sebagai strategi mendulang cuan dalam waktu singkat banyak dipilih sebagian orang. Trader saham, entah yang pakai hitungan menit, jam maupun hari pada umumnya memburu cuan dalam waktu yang singkat sesuai target plannya.

Trader mencari selisih dari harga beli dan jual dalam waktu singkat. Namun, memilih saham yang bisa memberikan cuan dalam singkat itu bukan pekerjaan mudah, prosesnya pun tidak serta merta berjalan mulus.

Pun untuk menjadi seorang trader saham, entah itu Trend Following Trader, Swing Trader, Day Trader atau Intraday Trader, butuh skill dan mental khusus. Apalagi untuk trader yang memanfaatkan volatilitas harga atau swing harga naik turun dalam satu hari dengan time frame-nya yang sangat pendek yakni hanya dalam hitungan menit dan jam saja maka butuh skill dan mental khusus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, dihadapkan pada keinginan kuat untuk mendulang cuan dari trading maka berikut ini 3 tip yang sebaiknya dimiliki trader saham:

1. Punya Ilmu Dasar Trading

Tak hanya analisis teknikal yang memang menjadi ilmu dasar dalam trading saham, trader juga perlu memiliki kemampuan analisis fundamental yang dalam praktiknya bisa diintegrasikan dalam analisis teknikal. Trading saham atau bahkan scalping pada dasarnya memang mengandalkan analisis teknikal.

Analisis ini diperlukan untuk menemukan teknik tertentu yang bisa mendatangkan winning probability. Selanjutnya dalam analisis teknikal, ada 5 elemen penting yang wajib dipahami mulai dari trend, support & resistance, chart pattern, candlestick pattern dan indicators.

2. Memprediksi Trend

Seorang trader saham yang cerdas itu memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi trend sebagai langkah awal dalam upaya meraup keuntungan lebih besar dari yang diharapkan. Tren bisa diketahui jika trader rajin membaca buku, koran, dan berita-berita paling update, baik domestik maupun mancanegara.

Namun untuk mendapatkan saham-saham yang sedang trending kini sudah nggak sulit lagi. Kehilangan momen untuk saham-saham yang sedang trending itu cerita masa lalu. Kini sudah ada  fitur yang menginformasikan saham-saham yang sedang trending bernama AI Trending milik Indo Premier Sekuritas. AI Trending telah dibenamkan di aplikasi IPOT EZ milik sekuritas karya anak bangsa.

Para scalper dan trader saham nggak bakal kehilangan momen dan kesempatan menikmati saham-saham yang sedang trending. Dilengkapi dengan informasi saham-saham yang lagi trending dalam 4 pilihan durasi mulai yang live (real time), 15 menit, 30 menit dan 1 hari dengan pilihan Value, Frequency, Gain K100, Loss K100, Gain All dan Loss.

AI Trending tidak sekadar menampilkan saham-saham yang trending begitu saja, tetapi merupakan hasil dari olah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Kecerdasan buatan semacam ini tentu saja memudahkan trader dan scalper dalam transaksinya. AI merasionalisasi pergerakan market yang akhirnya melahirkan peluang dan potensi cuan yang disodorkan.

3. Konsisten dengan Trading Plan

Konsisten adalah kunci dalam trading saham. Konsisten di sini terkait dengan strategi trading-nya dalam menentukan batas maksimal keuntungan dan kerugian. Karena hal ini sangat penting maka konsisten lah dengan cut loss dan profit taking-nya sesuai dengan trading plan yang sudah dibuat.

Jika target keuntungan yang diinginkan sudah tercapai maka jangan rakus (greedy) ingin mendapatkan untung yang lebih. Begitu juga saat merugi maka penting untuk melakukan stop loss atau cut loss jika harga sahamnya sudah turun dan menyentuh batas kerugian yang ditolerir. Konsisten dengan trading plan itu penting dan jangan gegabah dengan mengubahnya di tengah jalan.

 

Ikuti tulisan menarik Johanes Sutanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler