x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 26 Oktober 2022 11:53 WIB

Gelar Menulis Itu Menyenangkan, Siswa SMAN 82 Jakarta Tingkatkan Kompetensi Menulis untuk Sekolah

Peringati Bulan Bahasa, SMAN 82 Jakarta gelar wicara menulis itu mudah dan menyenangkan untuk tingkatkan kompetensi siswa dalam menulis

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, SMAN 82 Jakarta melakukan Gelar Wicara "Menulis Itu Mudah dan Menyenangkan” untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis dalam menulis kepada 110 siswa (25/10/2022). Dibuka oleh Sugiyanti, M.Pd, Kepala Sekolah SMAN 82 Jakarta, gelar wicara ini menghadirkan Syarifudin Yunus, dosesn Unindra dan pegiat literasi TBM Lentera Pustaka sekaligus memperkuat gerakan literasi yang berkaitan dengan kemampuan menulis. Ikut hadir pula sekolah kolaborasi, guru dan siswa dari SMA Gita Kirti 3.

 

“Gelar wicara menulis itu mudah dan menyenangkan, kami lakukan sebagai bagian dari semarak Bulan Bahasa tahun 2022. Untuk membekali siswa keterampilan menulis yang baik. Puncaknya nanti, seluruh siswa SMAN 82 Jakarta akan menggelar Daha 82 Menulis sebagai praktik baik penulisan siswa” ujar Sugiyanti, M.Pd. saat memberi sambutan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dalam pemaparannya, Syarifudin Yunus menyampaikan setiap siswa akan lebih mudah menulis apabila sumber tulisannya berdasar pada 1) pengetahuan, 2) pengalaman, dan 3) perasaan. Jadi, jangan tulis apapun di luar dari ketiga hal tersebut, Agar lebih mudah dalam menuangkan ide dan gagasannya. Oleh karena itu, menulis harus dicoba dan berani. Caranya adalah mulailah menulis dari sekarang, menulis yang banyak, jadikan menulis sebagai kebiasaan, menulislah dengan tujuan, dan menulis harus tuntas. Para siswa pun diberi contoh nyata dalam membuat tulisan, baik fiksi maupun nonfiksi. Dengan berbekal 3 kata dari 3 siswa, dapat disusun paragraph yang menarik.

 

Selain memotivasi siswa untuk memiliki keterampilan menulis, gelar wicara ini pun menjadi pembekalan siswa SMAN 82 Jakarta yang akan melakukan aktivitas “Daha 12 Menulis” pada Jumat Minggu ini, di mana semua siswa akan menulis narasi secara massal di halaman sekolah. Sebagai upaya praktik baik penulisan untuk siswa di sekolah.

 

“Gelar wicara menulis untuk siswa SMA ini sangat bagus. Agar tiap siswa jadi lebih berani menulis, mampu mengekspresikan pengetahuan dan pengalamannya ke dalam bentuk tulisan. Sebuah terobosan yang patut diikuti sekolah lain saat memperingati Bulan Bahasa setiap tahunnya” ujar Syarifudin Yunus saat pemaparan materi.

 

Untuk menjadikan menulis sebagai aktivitas yang menyenangkan, siswa SMAN 82 Jakarta diberikan tips untuk selalu rileks saat menulis, nikmati proses menulis,  bikin asyik saja, jadilah pembaca pertama atas tulisan sendiri, dan jangan lupa posting bila sudah menulis. Tuangkan ide dan gagasan ke dalam 200-300 kata, maka jadilah tulisannya.

 

Hingga akhirnya, menulis tidak lahgi sebagai pelajaran tapi perbuatan. Seperti kata pepatah, scripta manent verba volant, yang tertulis akan abadi dan yang terucap akan hilang. Maka menulis, adalah modal penting tegaknya budaya literasi siswa dan sekolah. #Daha82Menulis #GelarWicaraMenulis #LiterasiSekolah #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler