x

Ilustrasi Jainisme. Wikipedia

Iklan

Andrie Hidayat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Juni 2022

Rabu, 16 November 2022 06:34 WIB

Jainisme: Sebuah Transformasi Filsafat Menjadi Agama

Agama Jaina termasuk salah satu tradisi agama yang paling kuno di negara India bersama Buddha, juga Hindu. Bedanya, Hindu dan Buddha penyebarannya meluas hingga ke luar India, sedangkan Jaina terbatas hanya di India saja.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jainisme, aliran filsafat timur yang berkembang menjadi agama di negara India, yakni Jaina. Agama Jaina merupakan sebuah keyakinan yang bisa dibilang bersifat ateistik, karena tidak mengakui wujud dewa sebagai pencipta makhluk, namun sebagai bentuk pencapaian tertinggi dari makhluk itu sendiri. Namun persepsi ini juga kurang tepat, karena kaum Jaina masih meyakini adanya yang Maha Kuat dari makhluk yang telah mencapai tingkat tertinggi.

Jainisme muncul sebagai bentuk penolakan dari paham yang telah lebih dulu ada di India, Brahmanisme (paham pelopor Hinduisme). Pertentangan pemikiran ini muncul pada Zaman Wiracarita, suatu masa terjadinya peristiwa-peristiwa penting di India sekitar tahun 600 SM – 200 M. Terjadinya kontroversi pemikiran pada masa ini disebabkan oleh kemerosotan moral dan krisis politik karena pengaruh bangsa pendatang, sehingga banyak yang mencari makna kehidupan dan ketenangan sejati. Dari hal ini, timbul beberapa aliran, satu aliran tetap mempertahankan aliran Kasta Brahma, satu aliran mempertentangkan aliran tersebut. Salah satu dari aliran yang muncul adalah Jainisme ini.

Seiring berjalannya waktu, datang seorang yang menyebarkan atau mengembangkan Jainisme menjadi sebuah keyakinan banyak orang. Dia adalah Mahavira. Mahavira lahir dan hidup sebagai seorang pangeran dari Raja Siddartha, sebelum akhirnya memutuskan untuk bermeditasi dan kontemplasi diri. Dia tertarik pada paham Jainisme untuk menjauh dari hal-hal yang berbau duniawi, sebelum akhirnya menyebarkan paham ini dan memperoleh banyak pengikut dengan khotbahnya ke berbagai lapisan masyarakat dan kemudian mendirikan agama Jaina.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Agama Jaina termasuk salah satu tradisi agama yang paling kuno di negara India bersama Buddha, juga Hindu. Bedanya, Hindu dan Buddha penyebarannya meluas hingga ke luar India, sedangkan Jaina terbatas hanya di India saja. Agama Jaina lahir lebih dulu dari agama Buddha, dan terbentuk sebab reaksi ketidak-setujuan terhadap ajaran-ajaran agama Hindu (Brahma), yakni mengakui banyak Tuhan, menyembah berhala, dan tidak setuju kepada perbedaan derajat, atau kasta, pada manusia.

Ikuti tulisan menarik Andrie Hidayat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler