Tiktok Media Pemasaran yang Efektif - Urban - www.indonesiana.id
x

Bagas Ramadhan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 November 2022

Rabu, 23 November 2022 10:26 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Tiktok Media Pemasaran yang Efektif

    tiktok sebagai aplikasi terlaris dengan total unduhan aplikasi sebanyak 63,3 juta kali pada tahun 2020 dan indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi tersebut sebesar 11% dari total unduhan aplikasi tiktok.

    Dibaca : 422 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sering berkembangnya zaman, tidak dimungkiri teknologi informasi ikut terus berkembang pada akhir nya akan memudahkan segala aktivitas manusia, mencari informasi terkini diindonesia dan dunia. Ada banyak media sosial yang kita kenal sekarang Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok dan Twitter.
     
    Menurut perusahaan riset Aplikasi Sensor Tower, Tiktok adalah aplikasi terlaris dengan total unduhan aplikasi sebanyak 63,3 juta kali pada tahun 2020. Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi tersebut sebesar 11% dari total unduhan aplikasi tiktok. Berdasarkan fakta tersebut, aplikasi tiktok berpeluang menjadi media promosi yang efektif dalam memasarkan industri kuliner atau non-kuliner.
     
    Muncul media baru atau internet dianggap sebagai kebutuhan utama dalam bisnis modern untuk tujuan melakukan promosi pemasaran. Promosi pemasaran saat ini tidak lepas dari pemanfaatan teknologi khususnya media sosial. Media sosial banyak digunakan oleh para pelaku bisnis layanan Tiktok dan jejaring sosial internet yang berkembang pesat.

    Mempertimbangkan hal tersebut, banyak para bisnis serta gen Z dan Y akhirnya memilih untuk melakukan perdagangan atau jasa, terutama melalui media tiktok. Akun tiktok makin banyak digunakan tidak hanya sebagai sarana transmisi informasi dan penghiburan tetapi juga sebagai alat utama untuk melakukan pemasaran, periklanan dan bisnis.
     
    Dampak yang ditimbulkan dengan adanya perkembangan teknologi ini pun dapat menyebabkan makin mudah dan meluasnya perdagangan sehingga menjadi lebih bebas dan tidak terbatas karena di mana pun dan kapan pun dapat saling terhubung dengan adanya teknologi, bahkan di dalam dunia bisnis strategi pemasaran sangat diperlukan oleh suatu perusahaan yang tentunya memiliki tujuan agar produk atau jasa yang ditawarkan dapat bersaing dengan competitor atau pesaing produk lain.
     
    Prisgunanto (2006) menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran mempresentasikan sebuah perusahaan dan bentuk produk mereka (mereknya), juga dapat diartikan bahwa komunikasi pemasaran merupakan sebuah usaha di mana perusahaan memungkinkan membuat percakapan dan membuat suatu kesepakatan bersama konsumen tentang bagaimana dan mengapa produk itu digunakan, dan digunakan oleh orang yang apa, serta kapan produk itu digunakan dan bagaimana produk itu digunakan.
     
    Konsumen bisa mengumpulkan informasi mengenai produk yang apa, merek dagangnya apa, di produksi oleh siapa, oleh siapa saja produk tersebut sesuai dan layak untuk di konsumsi. Dengan dasar pemikiran pemikiran tersebut komunikasi pemasaran mempunyai peranan yang amat penting bagi sebuah perusahaan atau usaha untuk mengomunikasikan produk yang dipasarkan kepada sasaran konsumen atau pasar lebih luas. Bahkan bisa memberikan daya dukung terhadap ekuitas merek dengan secara tidak langsung memberikan pengaruh sehingga merek akan tertanam di dalam memori dan menciptakan sebuah citra (image) suatu merek dagang. Hal itu juga bisa meningkatkan penjualan, serta mengembangkan ekspansi pasar.
     
    Sumbangsih komunikasi pemasaran dalam membangun sebuah ekuitas merek melalui bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix) serta fondasi dasar komunikasi umum (promosi penjualan, iklan, hubungan masyarakat dan publisitas, acara dan pengalaman, dari mulut ke mulut, pemasaran langsung dan pemasaran interaktif, dan penjualan personal) akan meningkatkan pemahaman konsumen pada citra merek, kesadaran merek, tindak lanjut merek dan hubungan merek. Menurut pendapat Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2009) komunikasi pemasaran merupakan sarana di mana sebuah perusahaan berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun secara tidak langsung, tentang produk maupun merek yang perusahaan jual. Oleh karena itu kemungkinan untuk melakukan tindakan pemasaran dan periklanan sangat besar.
     
    Informasi yang ingin disebarkan bisa menggunakan melalui konten, video dan melakukan live di aplikasi Tiktok pun dapat memudahkan informasi bagi konsumen sehingga dapat memilih produk yang konsumen inginkan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadikan Tiktok sebagai media promosi yang efektif untuk dunia bisnis, menarik kesimpulan dari artikel ini bahwa Tiktok menjadi media promosi yang efektif karena Tiktok memiliki banyak pengguna, mudah digunakan, populer di kalangan anak muda dan bisnis, sering digunakan oleh selebritas dan aplikasi Tiktok memiliki sistem yang dapat mengoptimalkan penyebaran konten.
     
    Refrensi
    Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. 2020. Indonesia Sumbang Angka Unduhan TikTok Terbanyak di Dunia.
    puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi, Jurnal Common, 3(1), 71-80
    https://eprints.umm.ac.id/67012/3/bab%202.pdf

    Ikuti tulisan menarik Bagas Ramadhan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.