x

Iklan

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 10 Desember 2022 11:20 WIB

KSAL Baru Diharapkan Mampu Mengatasi Persoalan Lautan

Persetujuan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI yang baru oleh DPR RI. Ya sekarang ini banyak menayangkan siapa sosok KSAL baru ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Persetujuan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI yang baru oleh DPR RI. Sudah tepat. Persetujuan itu tentunya banyak pertimbangan - pertimbangan yang telah digodok. 

Pak Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI dinilai tepat memimpin. Ya sekarang ini banyak menayangkan siapa sosok KSAL baru ? Pemerintah kita dan legislatif pastinya menggodok pengganti Laksamana TNI Yudo Margono di posisi KSAL.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penulis yakin KSAL yang baru ini mampu menjawab berbagai tantangan yang menjadi prioritas di pertahanan ke lautan Indonesia. Seperti persoalan terkait perbatasan laut dengan negara-negara tetangga. 

Lalu klaim di Laut Natuna Utara seringkali menyita perhatian banyak elemen masyarakat. Beberapa kali terjadi benturan antara kapal perang TNI AL dengan kapal-kapal Tiongkok dan Vietnam.

Belum lagi persoalan dengan Malaysia atas perairan Ambalat. Beberapa kali juga kapal-kapal perang TNI AL bersinggungan dengan kapal-kapal Malaysia. 

Yakin KSAL baru kedepan ini mampu mengatasi itu. Dengan harapan lautan bangsa ini aman dari berbagai gangguan. PR inilah dinilai bisa diselesaikan KSAL yang baru. 

Dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran, Teuku Rezasyah menilai dari beberapa jenderal bintang tiga di lingkungan TNI AL saat ini ada nama yang cukup mencuat untuk dicalonkan menjadi KSAL yang baru, yaitu Laksdya TNI Amarulla Octavian.

“Dikenal sebagai perwira yang sering menempuh pendidikan di luar negeri, tentu memiliki kemampuan bahasa internasional yang cukup baik. Bersekolah di luar negeri pasti memiliki kredit point tersendiri karena dipilih dari sekian perwira yang mengikuti seleksi dengan ketat,” ucapnya.

Selain itu, kata Rezasyah, prestasinya beberapa kali sekolah di Amerika Serikat, Australia dan Perancis mendapat pujian dengan nilai-nilai yang bagus.

Kemampuannya berdiplomasi juga terasah dengan penampilan sebagai pembicara di konferensi internasional, seminar internasional, workshop internasional dan banyak forum akademik lainnya. 

Semangatnya menjawab berbagai pertanyaan dan debat argumentasi dengan para profesor dalam bahasa Inggris membuat kita semua terkagum-kagum. 

“Dalam berdiplomasi tingkat tinggi memang dibutuhkan kemampuan berbahasa Inggris dan pengetahuan yang lengkap agar bisa menjawab dengan tuntas. 

Laksdya TNI Amarulla Octavian juga dikenal oleh para profesor di dalam negeri dan di luar negeri berkat kepandaiannya menuangkan gagasan dan ide baru menulis artikel ilmiah di jurnal-jurnal internasional. 

Dia juga banyak menulis buku, termasuk buku-buku berbahasa Inggris, Perancis, Jerman, Mandarin, dan Arab,” pungkasnya. 

 

Sumber : Okezone.com

Ikuti tulisan menarik Ferguso Kubangun lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler