x

Iklan

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 31 Desember 2022 07:39 WIB

Indonesia Semakin Kuat, Prabowo Resmikan Pesawat Falcon untuk TNI

Kekuatan pertahanan Indonesia paling kuat di tingkat Asia Tenggara dan di dunia masuk jajaran peringkat besar. Tentu, upaya untuk memperkuat TNI dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI terus dilakukan. Seperti yang dilakukan Prabowo yang telah meresmikan pesawat jet Dassault jenis Falcon 7X dan 8X.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kekuatan pertahanan Indonesia paling kuat di tingkat Asia Tenggara dan di dunia masuk jajaran peringkat besar. Tentu, upaya untuk memperkuat TNI dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI terus dilakukan. 

Semua rakyat Indonesia akan selalu bersama TNI mendukung dalam upaya menjaga kedaulatan bangsa. Luasnya wilayah Indonesia  dan kekayaan yang terkandung di bumi Indonesia menjadi ancaman dan banyak pihak ingin menguasai.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak heran, sejarah mencatat sejumlah negara menjajah bangsa Indonesia seperti dari Belanda dan Jepang. Untuk itu, belajar dari pengalaman bangsa maka kekuatan dan pertahanan harus terus ditingkatkan. 

Seperti yang dilakukan Prabowo yang telah meresmikan pesawat jet Dassault jenis Falcon 7X dan 8X.  Upaya tersebut sebagai sesuatu yang dahsyat, patut dibanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Artinya, dengan penambahan armada tersebut akan memperkuat kekuatan TNI AU dalam menjaga kedaulatan udara. Apalagi, saat ini wilayah udara sebagai sesuatu yang vital dan rawan terhadap ancaman yang kapan saja datang. 

Dengan kehebatan pesawat falcon 7X dan 8X tentu menambah daya pertahanan Indonesia di tengah ancaman keamanan global. Apalagi, dampak dari perang Rusia vs Ukraina semakin nyata memberikan pengaruh pada dunia internasional. 

Pelajaran berharga, bisa saja perang secara langsung terjadi pada negara yang tanpa diduga sebelumnya. Maka, dengan adanya penambahan kekuatan tersebut TNI AU semakin tangguh dan negara Indonesia semakin kuat. 

Sebagaimana diketahui, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan pesawat jet Dassault jenis Falcon 7X dan Falcon 8X buatan Prancis. Pesawat tersebut bakal digunakan para pimpinan TNI.

"Dua pesawat yang kami sebut pesawat kodal, komando pengendalian ini, diperuntukkan untuk unsur pimpinan agar dapat dengan cepat bergerak untuk melaksanakan fungsi kepemimpinannya mendukung markas besar TNI dan markas besar tiga angkatan. Jadi, pimpinan TNI, pimpinan angkatan, bisa lebih memiliki kecepatan bergerak," kata Prabowo setelah meresmikan kedua pesawat tersebut secara simbolis sekaligus di Hanggar Skadron Udara 17, Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma.

Prabowo mengatakan keberadaan dua pesawat baru tersebut merupakan tambahan kekuatan bagi TNI. Dia berharap TNI AU bangga akan tambahan kekuatan tersebut.

Prabowo didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam peresmian tersebut.

Pesawat jet Dassault Falcon 7X yang diresmikan Prabowo itu memiliki warna abu-abu dengan garis merah-putih di sepanjang badannya. Pada bagian ekor pesawat, terdapat roundel atau tanda pengenal khas TNI AU. Warna senada juga dimiliki oleh Falcon 8X.

Dua pesawat itu dioperasikan oleh Skadron Udara 17 di Lanud Halim Perdanakusuma untuk penumpang VVIP. Falcon 7X diawaki oleh tiga kru, yakni pilot, kopilot, dan pramugari. Pesawat itu dapat menampung hingga 12 penumpang.

Sementara itu, Falcon 8X memiliki badan lebih besar. Pesawat tersebut dapat menampung hingga 16 penumpang. 

 

Sumber : Detik.com

Ikuti tulisan menarik Ferguso Kubangun lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu