x

image: EMLV

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Kamis, 29 Desember 2022 07:38 WIB

Kekuatan Cipto

Manusia memiliki banyak kekuatan. Salah satunya adalah kekuatan cipto. Apa itu? Silahkan ikuti terus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh:  Bambang Udoyono

 

Cipto adalah sebuah kata dari bahasa Jawa.  Cipto adalah kata dasar dan kata benda.  Sedangkan kata kerjanya adalah nyipto artinya membayangkan tapi bukan sembarang membayangkan. Cipto adalah salah satu kekuatan utama manusia.  Ini adalah kegiatan mental membayangkan sembari meniatkan dan meyakinkan diri sendiri.  Dengan kata lain kita melakukan visualisasi dan sekaligus afirmasi.  Apakah bisa dilakukan dengan ujug ujug atau bagaimana prosesnya?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Idealnya kita awali dengan membersihkan jiwa raga.  Dalam bahasa Islamnya wudu.  Kemudian kita solat. Setelah solat zikir.  Lalu masih dalam keadaan pikiran dan badan santai bayangkan atau visualisasikan cita cita atau tujuan.  Katakan pada diri sendiri kalimat positif tentang diri sendiri.

Apa yang perlu dikatakan dan diniatkan?

Pertama kualitas dirimu. Kedua kegiatan yang kamu lakukan atau profesimu. Ketiga apa yang ingin kamu capai.

Kualitas diri adalah hal paling penting. Semua yang ingin dicapai sangat tergantung pada faktor ini. Meskipun ada  juga faktor takdir Allah. Kamu harus mengatakan pada dirimu sendiri bahwa kamu memiliki badan dan mental yang sehat. Pikiran yang cerdas, bening, bersih,  kreatif dan produktif.   Kamu juga ulet, pantang menyerah, selalu ingin tahu.

Apa yang ingin kamu capai. Niatkan juga kamu kecukupan. Selamat dunia akherat.  Keluarga sehat bahagia. Memiliki rumah, mobil, perabotan, dll. 

Saat terbaik adalah sepertiga malam terakhir atau mulai jam 2.00 pagi sampai fajar.  Boleh saja melakukan di selepas solat duhur, asar, magrib atau Isa.  Lakukan secara rutin setiap hari. 

Apakah ada kondisi ideal agar tercapai apa yang dicipto?

Ini gampang gampang susah.  Kata Bung Karno gantungkanlah cita citamu setinggi langit.  Benar juga tapi ya harus realistis juga.  Kalau kita bercita cita menjadi presiden Amerika ya ibarat ingin memindah gunung dalam semalam.

Hanya itukah tindakan cipto?  Ya, intinya hanya itu saja. Tapi ada juga hal lain.  Yaitu faktor pendukung agar kegiatan ini bisa berjalan baik.

Salah satu faktor terpenting adalah keajegannya. Tindakan ini harus dilakukan secara ajeg atau rutin.  Misalnya di sepertiga malam terakhir. Awali dengan sholat tahajud.  Sembari mengheningkan cipta dan berzikir lakukan tindakan nyipto.  Bayangkan apa yang kamu cita citakan. Bayangkan sampai seolah nyata.

Jangan lupa gambaran itu mesti jelas soal waktu dan jumlahnya. Jadi misalnya kamu pada tahun 2023 ingin memiliki rumah dan mobil seharga sekian.  Kemudian tempatnya juga sejelas jelasnya.  Misalnya kamu ingin rumah di suatu lokasi tertentu.  Upayakan sangat spesifik.

Itulah gambaran sepintas tentang kekuatan cipto.  Silahkan dicoba.

 

 

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu