x

Iklan

Sayyidina Aliudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Juli 2019

Minggu, 1 Januari 2023 19:50 WIB

Saling Menguatkan, Wamenhan RI Berikan Spirit dan Dukungan untuk Bakamla RI

Selamat ulang tahun untuk Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) yang ke-17. Keamanan laut jadi tanggungjawab Bakamla. Terimakasih sudah menjaga lautan Indonesia selama ini. Rakyat bersama mu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Selamat ulang tahun untuk Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) yang ke-17. Keamanan laut jadi tanggungjawab Bakamla. Terimakasih sudah menjaga lautan Indonesia selama ini. Rakyat bersama mu. 

Tugas berat ada di Bakamla dalam menjaga kedaulatan Indonesia di lautan. Kami masyarakat hormat dengan para anggota dan pimpinan Bakamla melihat laut kita sangat besar. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di ulang tahun ke -17, Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra menghadiri acara peringatan ulang tahun Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) di Gedung Proklamasi, Jakarta, Kamis (29/12).

Dalam acara itu Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra memberikan spirit dan dukungan untuk Bakamla RI. Di lihat dari segi geografis. Indonesia negara kepulauan. 

Kata Wamenhan Potensi laut sangat besar dengan tingkat kerawanan akan pelanggaran dan pencurian hasil laut yang cukup tinggi; karena itu, Bakamla, sebagai Indonesian Coast Guard, hendaknya dapat terus memperkuat fungsi pengawasan terhadap laut Indonesia. 

Sinergisme dan kerja sama dengan counterparts dari negara-negara ASEAN merupakan bagian yang akan mendukung kinerja Bakamla. Setuju dengan Wamenhan M. Herindra.

Sementara itu salah satu agenda utamanya adalah peluncuran buku karya KaBakamla Aan Kurnia, berjudul, “Guarding the Sea for Our Future” (Menjaga Laut untuk Masa Depan Kita) dan ramah tamah.

Buku tersebut merupakan cetakan perdana yang secara simbolik diberikan langsung kepada Wamenhan M. Herindra.

Kehadiran Wamenhan M. Herindra disambut dengan jajar kehormatan. Adapun upacara peringatan HUT tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bakamla, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia.

Dalam bukunya ini, KaBakamla Aan Kurnia mengulas tentang Risalah Perjalanan Kemaritiman Indonesia, Potensi Kelautan Indonesia dalam Perspektif Bangnas, Keamanan Laut Indonesia dan Tantangannya, serta Membangun Kamla: Kini dan Mendatang.

Sementara itu, Kepala Bakamla Aan Kurnia menegaskan bahwa Bakamla telah bersiap menyongsong tahun 2023 dengan sejumlah target; diantaranya, peningkatan indeks keamanan laut, peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya Bakamla, peningkatan gelar operasi, serta penguatan sinergitas dan mutual trust.

Selain itu, Bakamla juga menitikberatkan pada penguatan sinergisme terkait pertukaran dan integrasi informasi melalui, salah satunya, ASEAN Coast Guard Forum.

“Bakamla tetap berkomitmen dan konsisten menjaga laut untuk masa depan kita”, ungkap Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia.

Sebagai penjaga gawang keamanan laut Indonesia, Bakamla memiliki sejumlah kewenangan, termasuk langkah penegakan hukum, sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 13 Tahun 2022 tentang Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum di Wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia.

Turut hadir dalam acara ramah tamah dan launching buku adalah Deputi IV Polhukam Mayjen TNI Heri Wiranto – yang mewaliki Menkopolhukam Mahfud MD, Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Mantan KaBakamla Laksdya (Purn) Djoko Sumaryono, dan beberapa Athan dari negara sahabat, serta Pengurus DWP Bakamla. 

 

Sumber : Fajar.co.id

Ikuti tulisan menarik Sayyidina Aliudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB