x

Pendidikan islam sejak dini

Iklan

Vidi Regina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Januari 2023

Senin, 2 Januari 2023 14:20 WIB

Pilihan Prioritas antara Eksplorasi Sumber Daya Alam atau membangun Human Capital

Artikel ini membahas tentang manakah yang harus jadi prioritas Eksplorasi Sumber Daya Alam atau membangun Human Capital?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Keberhasilan pembangunan suatu bangsa dapat ditentukan melalui aspek pokok yang disebut sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Keberhasilan pembangunan tersebut dapat terbukti ketika suatu negara dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dengan baik. Sumber daya alam menjadi aset yang dimiliki suatu negara berupa kekayaan alam. Sumber daya alam dapat memenuhi kebutuhan bahan baku produksi sehingga sumber daya alam sangat berpengaruh pada pertumbuhan industri suatu negara. Sumber daya alam yang berlimpah dapat memberikan kemakmuran dan manfaat bagi masyarakat saat ini maupun generasi yang akan datang.

Pemanfaatan sumber daya alam yang baik dipengaruhi oleh adanya human capital yang baik. human capital memegang peranan yang cukup penting dalam pengembangan dan pembangunan sumber daya alam. Human capital dapat meningkatkan kualitas manusia menjadi sumber daya manusia yang baik maka tingkat produktivitas suatu negara semakin tinggi. Sesungguhnya, manusia memang memegang peranan yang penting pada pertumbuhan dan perkembangan suatu negara. Oleh karena itu, penting untuk membangun human capital yang baik. Pada akhirnya, baik sumber daya alam dan human capital memiliki keudukan yang sama penting dalam pembangunan suatu negara terutama pada bidang ekonomi. Jadi, mana yang sebaiknya pemerintah pilih? Eksplorasi sumber daya alam atau pembangunan human capital?

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk lebih lanjut mari baca poin-poin dibawah ini

1. Eksplorasi Sumber Daya Alam

Eksplorasi sumber daya alam merupakan kegiatan atau tindakan yang bertujuan untuk memperoleh sumber daya alam bagi masyarakat dengan cara mencari tahu data atau informasi secara lengkap tentang keberadaan sumber daya alam di suatu tempat. Eksplorasi sumber daya alam dilakukan guna mengoptimalkan sumber daya tersebut untuk meningkatkan pembangunan suatu wilayah. Ketergantungan masyarakat paada sumber daya alam menjadi alasan mengapa ekplorasi sumber daya alam harus terus dilakukan. Namun, dalam mengeksplorasi sumber daya alam tentunya sangat penting menentukan teknologi yang digunakan dan sesuai dengan kegiatan ekplorasi tersebut. Selain faktor pemilihan teknologi, terdapat aspek lain yang harus menjadi pertimbangan agar kegiatan eksplorasi sumber daya alam ini tidak berpotensi menimbulkan masalah pada kegiatan eksplorasi dan melenceng menjadi eksploitasi. Aspek-aspek yang menjadi pertimbangan antara lain tingkat keberhasilan kegiatan eksplorasi, lama waktu yang dibtuhkan dalam melakukan kegiatan eksplorasi sampai memperoleh hasil, serta model kegiatan distribusi hasil eksplorasi sumber daya alam.Ketika eksplorasi sumber daya alam ini mengalami keberhasilan, maka kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari juga akan terpenuhi. Selain itu, eksplorasi sumber daya alam ini juga dapat meningkatkan perkembangan industri dan pertumbuhan ekonomi di suatu negara. 

2. Eksplorasi Sumber Daya Alam di Indonesia 

         Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki sumber daya alam yang melimpah terutama dalam sektor pertambangan, energi, dan kekayaan alam di sektor pertanian. Salah satu sumber daya alam di Indonesia yang sangat berpotensin adalah batu bara. Data BP Statistical Review 2021 menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar ketujuh di dunia dan nilainya mencapi 34,78 milliar ton. Status Indonesia tersebut berlaku hingga akhir tahun 2020. Berdasarkan data Badan Geologi Kementrian ESDM, status batu bara pada bulan Juli 2020 di Indonesia mencapi 148,7 milliar ton dan cadangannya mencapai 39,56 milliar ton. Di Indonesia, hasil produksi batu bara seperempatnya akan digunakan di dalam negeri. Sebagian besar batu bara yang ada di Indonesia termasuk ke dalam jenis batu bara uap, sehingga cocok digunakan sebagai bahan bakar pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Sebelumnya, Badan Geologi akan melakukan karakterisasi jenis batu bara sehingga pemanfaatan batu bara bisa beragam, sejalan dengan upaya pemanfaatan energi yang rama lingkungan. Namun di sisi lain, Indonesia telah menyatakan komitmennya untuk melakukan transisi energi. Pemerintah Indonesia juga membidik capaian netral karbon pada 2060. Meskipun begitu, eksplorasi pertambangan diyakini akan tetap dilakukan guna mengoptimalkan sumber daya alam. 

3. Human Capital

        Konsep human capital muncul karena adanya pergeseran peranan sumber daya manusia. Konsep ini muncul dari pemikiran bahwa manusia merupakan intangible asset yang memiliki banyak kelebihan. Konsep utama dari human capital adalah bahwa manusia bukan sekedar sumber daya, namun merupakan modal (capital) yang menghasilkan pengembalian (return) dan setiap pengeluaran yang dilakukan dalam rangka mengembangkan kualitas dan kuantitas modal. Jadi secara singkat, human capital adalah pengembangan manusia yang berasal dari dalam bukan hanya pengembangan skill namun juga mindset dan kemampuan manusia itu sendiri karena setiap manusia memiliki modal (capital). Human Capital Management dapat meningkatkan sumber daya manusia agar dapat berkontribusi dalam melakukan kegiatan pembangunan dan perkembangan negara.Pada saat melakukan eksplorasi sumber daya alam, tentunya dibutuhkan teknologi yang cocok dan sesuai dengan kegiatan eksplorasi tersebut terutama dalam sektor pertambangan. Oleh karena itu, eksplorasi dilakukan oleh para ahli yang sudah kompeten dalam menentukan dan mempertimbangkan sesuatu dalam pertambangan. Manusia atau para ahli tersebut diharapkan mampu memanfaatkan dan mengembangkan teknologi untuk memanfaatkan sumber daya alamnya. Melalui human capital management, kualitas sumber daya manusia akan meningkan dengan baik sehingga dapat menciptakan inovasi dan produktivitas tenaga kerja yang berpengaruh terhadap pertumbuhan negara. 

4. Human Capital di Indonesia

         Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani menyebutkan bahwa selain melalui infrasturktur, investasi human capital pada bidang pendidikan akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi tenaga kerja. Hal ini akan berdampak baik pada pertumbuhan Indonesia. Pemerintahan Indonesia menggunakan strategi Human Capital Life Cycle untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul. Salah satu strateginya yaitu melalui bidang pendidikan. Pemerintah Indonesia berusaha untuk melakukan pemerataan akses pendidikan dasar hingga menengah melalui wajib belajar 12 tahun dan memberikan kemudahan akses pada pendidikan tinggi seperti memberikan beragam beasiswa dam membuka berbagai jalur masuk agar masyarakat Indonesia bisa menengenyam bangku pendidikan tinggi. Strategi tersebut tentu dilakukan untuk menciptakan SDM yang baik dan berkualitas. 

 

Kesimpulan 

Pada pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan human capital bisa menjadi strategi yang lebih baik dilakukan oleh pemerintah terlebih dahulu. Jika pemerintah dapat meningkatkan kualitas human capital masyarakat di Indonesia, maka Indonesia akan menghasilkan SDM yang berkualitas sehingga pemanfaatan dan kegiatan eksplorasi SDA juga bisa berjalan dengan baik. Tentunya mengembangkan human capital ini akan mendorong terciptanya inovasi dan produktivitas tenaga kerja yang berpengaruh pada pertumbuhan perusahaan bahkan perekonomian serta mencegah kemiskinan karena sudah terciptanya SDM dengan kualitas unggul. 

 

 

 

Referensi :

https://mahasiswaindonesia.id/eksplorasi-sumber-daya-alam-atau-membangun-human-capital-mana-yang-sebaiknya-dipilih-oleh-pemerintah/

https://mahasiswaindonesia.id/eksplorasi-sumber-daya-alam-atau-membangun-human-capital-mana-yang-sebaiknya-dipilih-oleh-pemerintah/

 

Ikuti tulisan menarik Vidi Regina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB