Pemasyarakatan Program Proacting KKN Unej Grup 54 pada Pemerintah Desa Jurangsapi - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN 54 UNEJ JURANGSAPI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Januari 2023

Sabtu, 21 Januari 2023 07:27 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Pemasyarakatan Program Proacting KKN Unej Grup 54 pada Pemerintah Desa Jurangsapi


    Dibaca : 194 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mahasiswa KKN Tematik Universitas Jember Periode I Kelompok yang dibimbing oleh pembimbing lapang yaitu dr.Yudha Nurdian, M.Kes dengan mahasiswa yang dibimbing sebanyak 10 orang yaitu Rizqi Fitria Damayanti, Radifan Fahrul Akhyar, Mita Prilla Devie, Fitra Ayu Mardani, Ahmad Ashidhiqie Pramana, Nur Annisa Wahdah, Farradhita Ambar Tauriestya, Deriel Thio Miratmaka, Muhammad Yongki Ivan Sugesta, dan Dhea Elfitra Noza mengikuti rapat bersama Kepala Desa dan perangkat desa di Desa Jurangsapi. Rapat dilaksanakan di balai desa Jurangsapi pada pukul 09.00 WIB, Senin pagi (9/1/2023).


    Pada kesempatan rapat kali ini Mahasiswa KKN Tematik periode I 2023 berkesempatan untuk memperkenalkan diri sekaligus memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan. Rapat tersebut membahas terkait dengan program kerja dari kelompok 54 dengan tema Desa Jurangsapi Menuju Desa Sehat dengan Proacting (Program Aksi Cegah Stunting).


    Pelaksanaan program kerja terkait dengan Desa Jurangsapi Menuju Desa Sehat dengan
    Proacting yang telah dirancang oleh mahasiswa KKN. Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama, sehingga anak lebih pendek atau perawakan anak lebih pendek dari anak seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berfikir. Umumnya disebabkan oleh asupan makanan yang tidak sesuai dengan asupan gizi, oleh karena itu mahasiswa KKN bertujuan untuk mengurangi jumlah Stunting yang ada di desa Jurangsapi dengan cara yang pertama pendataan di posyandu dan acara mabar (masak bareng) yang bertujuan untuk penyuluhan kepada warga desa bagaiman cara memenuhi gizi pada anak,dan, nantinya pelaksanaan proker (program kerja) akan bekerja sama dengan semua perangkat desa Jurangsapi.


    Bapak Hasbi selaku Kepala Desa Jurangsapi, memberikan respon yang baik terhadap
    program kerja yang telah disusun oleh kelompok 54 KKN Tematik Desa Jurangsapi, "mudahmudahan dengan kehadiran adik-adik KKN bisa membawa manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat Desa Jurangsapi dalam mencegah stunting dan menggali potensi desa. Dimana solusi permasalahan stunting dan potensi-potensi yang dimiliki desa nantinya akan dipaparkan oleh adik-adik KKN", tuturnya. Kegiatan rapat yang di laksanakan di balai Desa Jurangsapi dengan pemaparan materi dengan tema Desa Jurangsapi Menuju Desa Sehat Dengan Proacting berlangsung dengan lancar sampai selesai pada pukul 11.00 WIB. Hasil rapat tersebu juga dapat dijadikan acuan bagi mahasiswa KKN Tematik untuk mensukseskan program kerja yang dimiliki, semoga warga Desa Jurangsapi antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut dan semoga program Mahasiswa KKN dari Kelompok 54 bisa mengurangi presentase Stunting di desa Jurangsapi untuk menuju desa sehat bebas Stunting.

    Ikuti tulisan menarik KKN 54 UNEJ JURANGSAPI lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.