Perkembangan Teknologi  di Era Digital - Analisis - www.indonesiana.id
x

pencurian data digital

pikih alpahri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Januari 2023

Minggu, 22 Januari 2023 05:58 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Perkembangan Teknologi  di Era Digital

    Perkembangan Teknologi Di Era Digital sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari

    Dibaca : 1.156 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Perkembangan Teknologi  di Era Digital

    Di era perkembangan teknologi ini, sebuah ide yang direkayasa dapat dimulai dari tempat yang kecil kemudian berkembang menjadi lebih besar dan menjadi perusahaan yang berdampak pada jutaan orang di sekitarnya. Ini tidak seperti dulu di mana sebuah ide hanya bisa muncul di laboratorium.

    Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti melekat dan berhubungan langsung dengan yang namanya teknologi dan sangat berpengaruh bagi kehidupan kita,salasatunya yaitu handphone merupakan alat komunikasi sehari-hari dan sangat berpengaruh dalam segala aktivitas terutama dalam pekerjaan.

    Pada zaman sekarang perkembangan teknologi sudah sangat berkembang,khususnya gadget atau handphone,kebanyakan anak dalam era globalisasi pasti tidak pernah ketinggalan dan selalu menemani aktivitas mereka,apalagi yang sering aktif di social media pasti sangat ketergantungan dengan gadget atau handphone.

    Dan seiring perkembangannya teknologi,banyak sekali pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan mudah melalui gadget,dimasa sekarang perkembangan teknologi sudah sangat pesat dibandingkan zaman dulu,misalnya pada waktu dulu ketika kita ingin memberi kabar kepada seseorang pasti menggunakan surat menyurat atau melalui kantor pos.

    Pada saat ini mungkin hamper sebagian penduduk di dunia khususnya di Indonesia sudah menikmati kecanggihan dari teknologi tersebutdan tidak bisa dipisahkan dengan internet dan gadget yang merupakan hasil dari kemajuan teknologi tersebut,teknologi yang maju dan perkembangannya sangat membantu bagi kehidupan manusia,bahkan dengan seiringnya perkembangan zaman,teknologi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin salasatunya kita bisa menciptakan peluang untuk menghasilkan rupiah tanpa harus pergi keluar rumah dan terjun langsung kelapangan kerja,kita bisa dirumah saja bisa menghasilkan uang.

                Namun tanpa kita sadari dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat,bisa juga menjadi ancaman jika teknologi itu tidak bisa kita manfaatkan justru malah kita yang akan dikuasai oleh teknologi tersebut.

    Manfaat Serta Dampak Perkembangan Teknologi di Era Digital

    Teknologi saat ini telah berkembang lebih pesat, dimana semuanya sangat praktis dan canggih. Bahkan jika kita ingin menyelesaikan sesuatu masalah kita hanya perlu mengklik ponsel kita. Apalagi di era serbaguna sekarang ini online, sehingga masalah dapat diselesaikan lebih cepat. Keberadaan teknologi itu sendiri, bertujuan untuk membuat hidup kita lebih nyaman dan lebih mudah untuk berinteraksi satu sama lain.

    Teknologi itu sangat penting terutama di era ini. Sebelum kita mengetahui manfaat dan dampak teknologi di era digital, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian dari teknologi itu sendiri. Teknologi adalah keseluruhan sarana yang dapat diciptakan dan juga dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang tujuannya untuk memperlancar kegiatan dan memberikan kenyamanan dalam kehidupan kita sehari-hari.

    Tapi seiring berjalannya waktu, pemahaman tentang teknologi itu sendiri telah berkembang bahkan dalam objek yang tak terbatas berwujud seperti perangkat lunak, metode bisnis, dan sebagainya. Ada juga teknologi nyata seperti yang sering kita gunakan sekarang yaitu handphone, komputer, laptop, mobil, sepeda motor, mesin, dan lain-lain.

    Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak teknologi yang canggih, unggul, dan maju tentunya membuat hidup kita lebih nyaman dan mudah seperti Autonomous car (Self Driving Car), Hoverboard (skateboard terbang), Foldi Mart (alat pelipat baju) dan masih banyak lagi. Semakin canggih sebuah teknologi tentunya memberikan banyak manfaat juga. Ada beberapa manfaat teknologi di era digital saat ini, antara lain berikut ini penjelasannya:

    Manfaat teknologi dalam bisnis

    Kemajuan teknologi saat ini memberikan banyak manfaat, terutama dalam bidang bisnis seperti jual beli online di berbagai marketplace. Kita juga tidak perlu khawatir lagi masalah pembayaran yang sulit karena beberapa marketplace sudah menyediakannya sistem pembayaran bayar di tempat atau yang sering disebut COD.

    Manfaat teknologi dalam pendidikan

    Di zaman sekarang ini kita dituntut untuk belajar secara online jadi belajar pasti lebih banyak semudah mengirim tugas melalui gmail dan aplikasi khusus tugas. Bahkan pendaftaran tugas dan ujian masuk perguruan tinggi kini berbasis online untuk menghemat waktu dan lebih efisien.

    Manfaat kesehatan dari teknologi

    Kita tahu bahwa di zaman sekarang semuanya online, bahkan konsultasi dengan dokter sekarang bisa melalui aplikasi dan website. Staf rumah sakit sekarang mengarsipkan semua data pasien di komputer, sehingga saat rumah sakit mencarinya nama pasien, semua data keluar seperti penyakit, nomor kamar dan rincian biaya. Setelah kita mengetahui beberapa manfaat teknologi, selanjutnya kita akan membahas dampaknya teknologi di era digital. Ada dua dampak dari teknologi saat ini, yaitu dampak positif dan dampak negatif.

    Dampak positif teknologi di era digital

    • Mudah untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia
    • Penyebaran informasi lebih cepat
    • Mempermudah pendistribusian dari berbagai macam karya anak bangsa
    • Transaksi online
    • Bepergian menjadi lebih mudah
    • Belanja dengan cepat

    Dampak negatif teknologi di era digital

    • Menurunkan moral
    • Penciptaan anti-sosial
    • Kesenian tradisional semakin memudar
    • Kejahatan dunia maya
    • Ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual (HKI)
    • Penyebaran malware
    • Meningkatkan perjudian online dan penipuan

    Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa teknologi digital itu ada perkembangan yang sangat pesat dan pasti memiliki sisi positif dan sisi negatif masing-masing dari waktu ke waktu. Oleh karena itu kita harus bijak dalam menggunakan dan memanfaatkan perkembangan teknologi di era saat ini.

    Tapi sebenarnya banyak juga manfaat yang didapat dari perkembangan teknologi di era digital sekarang ini jika kita pandai menggunakannya dengan baik, karena kita juga harus menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih tersebut.

    Aplikasi Teknologi Digital dalam Kehidupan Sehari-hari

    Teknologi digital merupakan alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manual, melainkan sistem operasi otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem penghitungan yang sangat cepat yang memproses semua bentuk informasi sebagai nilai numerik (kode digital).

    Teknologi digital telah banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dimana keberadaannya berperan sebagai media atau alat untuk kegiatan di berbagai bidang seperti penelitian, pendidikan, bisnis, sosial, dan sebagainya.

    Beberapa aplikasi yang sering digunakan disini dan familiar dalam kehidupan sehari-hari adalah handphone, CD untuk penyimpanan data, komputer, dan lain sebagainya. Lalu jika kita bisa menggunakan Teknologi Analog, kenapa harus ada Teknologi Digital? Bukankah hasilnya sama?

    Sebagai pengguna, mungkin kita merasa hasilnya sama saja, sama-sama bisa berkomunikasi lewat telepon. Namun sebagai penyedia layanan telepon, perbedaannya cukup signifikan, antara lain:

    1. Jaringan Menjadi Lebih Efisien

    Saat kita melakukan komunikasi jarak jauh, baik analog maupun digital, masing-masing koneksi harus terhubung ke saluran tersendiri. Pada telepon rumah, biasanya berbentuk kabel saja. Bayangkan, berapa banyak kabel yang dibutuhkan untuk membuat sambungan telepon di Indonesia ini?

    Sedangkan dalam komunikasi digital, jaringan bisa lebih efisien. Jika ada 8 koneksi, misalnya, kita dapat menumpuk koneksi tersebut dalam satu jalur tertentu tetapi diberi "tanda".

    Server dapat mengetahui milik siapa setiap koneksi karena sudah ada tanda dalam bentuk digital. (Jika Anda ingin lebih tahu, coba pelajari konsep Multiplexing, misalnya Time-Division Multiplexing. Ini hanya bisa dilakukan jika sinyalnya merupakan sinyal digital).

    1. Komunikasi Pencadangan Lebih Mudah

    Karena kita berkomunikasi dalam bentuk digital, data dapat disimpan dalam bentuk digital juga. Jumlah data yang bisa kita simpan juga lebih banyak untuk ukuran fisik yang sama besar. Misalnya, ketika kita masih menggunakan kaset yang menggunakan teknologi analog, satu kaset paling banyak hanya memuat 10 lagu. Sekarang dengan CD atau DVD,  juga bisa muat berapa lagu?

    1. Perkembangan Teknologi Smartphone

    Ketika telepon diciptakan menggunakan teknologi digital, mempercepat revolusi dunia komunikasi. Untuk ponsel misalnya, perkembangan dari generasi 1, 2, 3, 4, atau bahkan 5 sangat pesat.

    Pada telepon analog, kita belum mengenal teknologi SMS. Teknologi ini baru muncul di 2G (generasi 2) di ponsel.

    Saat ini jangankan SMS, dengan smartphone yang kita miliki kita bisa chatting menggunakan LINE, bisa video call menggunakan Facetime/Skype/dll, bisa pesan ojek menggunakan Gojek, dan berbagai aplikasi lainnya. .

    Contoh-contoh di atas hanyalah contoh keunggulan teknologi digital dibandingkan analog pada telepon. Di perangkat lain, teknologi digital juga memiliki keunggulan serupa. Misalnya pada efek gitar.

    Dengan menggunakan teknologi digital, sinyal gitar dapat diubah menjadi simbol digital, kemudian menggunakan komputer untuk mengolahnya. Selanjutnya di kamera. Dengan menggunakan teknologi digital, gambar pada kamera disimpan dalam bentuk digital. Jumlah gambar yang disimpan bisa lebih banyak, bisa diolah menggunakan komputer juga.

     

     

     

     

     

    Ikuti tulisan menarik pikih alpahri lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.