x

Ubud bali

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Rabu, 8 Februari 2023 15:18 WIB

5 Tempat Wisata di Ubud Bali yang Menarik

Ubud, Bali adalah destinasi wisata yang unik dari tempat-tempat lain di Bali. Pulau Bali memiliki pantai-pantai indah dan romantis, serta menawarkan suasana damai dan tenang di Kabupaten Gianyar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ubud, Bali adalah destinasi wisata yang unik dari tempat-tempat lain di Bali. Pulau Bali memiliki pantai-pantai indah dan romantis, serta menawarkan suasana damai dan tenang di Kabupaten Gianyar. Selain itu, Ubud Bali juga terkenal karena kekayaan seni, sejarah, dan budayanya yang menawan.

Ubud di Bali sudah lama terkenal sebagai destinasi wisata bagi para penikmat perjalanan, baik wisatawan domestik maupun asing. Ubud adalah kecamatan di wilayah Bali yang mencakup sebanyak 13 banjar yang membawahi 6 desa adat. Pada umumnya, wilayah Ubud dikelilingi oleh sawah-sawah dan hutan-hutan, yang dapat ditemukan di sekitar sungai dan jurang. Hal ini membuat keindahan alam Ubud di Bali semakin mempesona dan sangat inspiratif bagi setiap pengunjung, terlebih lagi dengan sikap ramah masyarakat setempat.

Destinasi wisata Ubud Bali juga merupakan tujuan wisata yang sangat populer bagi para seniman. Di Ubud, Anda dapat menemukan banyak seniman dari Eropa, sehingga tidak hanya dikenal oleh kalangan domestik saja. Seni lukis, tari, dan ukir adalah hal-hal yang menarik di Ubud dan telah menjadi identitas dari tempat tersebut. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai sisi unik dan menarik dari tradisi dan budaya masyarakat Bali. Pertunjukan tari Kecak, Legong, dan Barong dapat dilihat di Ubud setiap minggunya. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan drama tari klasik Ramayana dan Mahabarata, wayang kulit khas Bali, serta pertunjukan gamelan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ubud semakin dikenal berkat film Hollywood bertajuk "Eat, Pray, Love" yang dibintangi oleh aktris terkenal Julia Roberts dan Christin Hakim, yang menjadikan Ubud Bali sebagai salah satu lokasi syuting film. Ini merupakan bentuk pengakuan dunia terhadap eksistensi Ubud sebagai salah satu destinasi wisata di Bali yang paling menarik dan harus dikunjungi. Saat berjalan-jalan di sekitar Ubud, Anda akan menemukan banyak galeri seni dan sentra kerajinan lokal. Jika Anda ingin belajar melukis, Ubud juga direkomendasikan sebagai salah satu tempat di Bali yang tepat. Kedamaian, persahabatan, dan keindahan alam adalah beberapa hal yang akan Anda temukan di Ubud.

Ada banyak kegiatan dan tempat yang menarik untuk dikunjungi saat berada di destinasi wisata Ubud Bali. Jika Anda penikmat seni, Anda bisa berkeliling dari satu galeri ke galeri lain untuk menikmati berbagai karya seniman lokal. Atau, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan tari tradisional Bali di pentas seni. Untuk menikmati kedamaian secara maksimal di Ubud Bali, cara terbaik adalah dengan menginap selama beberapa hari.

Berikut adalah beberapa tempat wisata populer yang wajib dikunjungi ketika berada di kawasan wisata Ubud Bali:

1. Puri Agung Ubud

Puri Agung Ubud adalah salah satu objek wisata penting yang terletak di tengah-tengah kawasan wisata Ubud, Bali. Pada masa lalu, puri ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Ubud. Kini, puri ini tetap menjadi sentral bagi kegiatan seni, budaya, dan adat yang diselenggarakan di depannya. Penataan ruang dan bangunan puri ini masih sama seperti bentuk aslinya.

Anda dapat mengalami kesan unik melalui pertunjukan tari Bali yang diselenggarakan di halaman depan Puri Agung Ubud, tepatnya pada area yang dikenal sebagai Ancak Saji yang diadakan setiap minggu. Selain itu, Anda juga dapat menonton berbagai kelompok seni musik di Ubud yang sedang melakukan latihan di area sekitar puri ini.

Pasar Ubud menyediakan berbagai pilihan barang-barang khas kesenian Bali, mulai dari pakaian, aksesori, tas, topi, pajangan dinding, souvenir, lukisan, dan masih banyak lainnya. Pasar ini merupakan tempat yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Bali. Keistimewaan dari pasar ini adalah Anda dapat membeli berbagai souvenir khas Bali dan kerajinan lokal dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan tempat-tempat lain di Pulau Bali, meskipun hal ini membutuhkan kemampuan untuk bertanya-jawab harga.

2. Taman Wanara Wana

Nama Monkey Forest berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu Wanara yang bermakna "kera" dan Wana yang bermakna "hutan". Terkenal bagi wisatawan asing dengan sebutan "Monkey Forest", hutan kecil ini menjadi tempat tinggal bagi ratusan spesies kera yang telah berada di Ubud selama berabad-abad. Kera di tempat ini pada umumnya jinak dan Anda juga dapat memberikan makanan kepada mereka.

Keberadaan hutan ini sangat dipandang penting oleh masyarakat setempat, dan hutan ini dianggap sebagai tempat yang sakral. Terdapat tiga pura kuno yang dapat dikunjungi dalam kawasan hutan ini, yaitu Pura Dalem Padangtegal, Pura Pemanduan Suci, dan Nista Mandala. Hutan ini juga merupakan sebuah Makam Desa, tempat di mana Anda bisa melihat langsung prosesi Ngaben, yang menjadi ciri khas dari Pulau Bali. Anda bisa menemukan prosesi lengkap upacara di pura maupun prosesi pembakaran mayat (Ngaben) di kawasan wisata Ubud Bali ini.

3. Pasar Tradisional Seni Ubud atau Ubud Art Market

Pasar Tradisional Seni Ubud pada dasarnya adalah pasar tradisional seperti yang sering ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Namun, pada siang hari, pasar ini menjadi tempat berkumpulnya kerajinan kesenian. Pasar Seni Ubud terdiri dari dua lantai dan terletak di pusat kota Ubud, di depan Puri Agung Ubud atau bangunan pemerintah pada masa Kerajaan Ubud dahulu.

4. Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan di Ubud, Bali terkenal sebagai salah satu sentra karya seni lukis di Indonesia. Mengunjungi museum ini merupakan pengalaman menarik bagi pengunjung, karena di sini mereka dapat menyaksikan beragam hasil karya seni lukis dari para seniman lokal yang memukau.

Museum Puri Lukisan yang terletak di Ubud Bali, didirikan sejak pertengahan tahun 1950-an dan memiliki koleksi terbaik lukisan dari berbagai sekolah seni di Pulau Bali. Di museum ini, Anda dapat mempelajari perkembangan aliran seni di Bali, mulai dari corak tradisional hingga corak modern yang dipelopori oleh seniman lukis Ubud.

5. Menikmati Wisata Kopi Bali di Ubud

Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan. Berbekal konsep agrowisata, pengunjung dapat menikmati kopi dalam suasana santai serta memperhatikan proses pembuatan kopi dari awal hingga akhir di tempat ini.

Dalam kunjungan Anda ke kawasan agrowisata ini, Anda akan diajak berkeliling kebun kopi dan melihat berbagai jenis tanaman kopi. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan hewan luwak dan hasilnya, kopi luwak. Anda dapat menikmati secangkir kopi luwak asli dengan harga yang terjangkau, tidak lebih dari 80.000 Rupiah. Bagi Anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh, berbagai varian kopi juga tersedia untuk dibeli di tempat ini.

Hotel-hotel yang Terdapat di Kawasan Wisata Ubud, Bali

Meskipun sebatas sebuah kecamatan, Ubud di Bali tetap merupakan kawasan wisata berkualitas internasional dengan fasilitas akomodasi yang setara dengan hotel-hotel di Kuta Bali. Terdapat banyak pilihan akomodasi, mulai dari hotel bintang hingga penginapan murah seperti hotel melati dan homestay. Untuk menikmati keindahan Ubud, disarankan untuk menginap selama beberapa hari. Menginap di homestay bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang kehidupan masyarakat Bali.

Perjalanan Menuju ke Ubud di Bali

Mencapai kawasan wisata Ubud Bali bukanlah hal yang sulit. Mengeksplorasi keindahan dan keramahan Ubud pun dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa destinasi wisata di Ubud fokus pada lokasi-lokasi yang saling berdekatan dan mudah dicapai.

Jika berangkat dari Jakarta atau Bandung, jarak tempuh untuk sampai di Ubud sekitar 40 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Pilihan lain, Anda bisa berkendara sendiri dengan menggunakan mobil dari bandara tersebut, melalui Jl. Bypass Ngurah Rai, Jl. Raya Batu Bulan, Jl. Raya Singapadu, dan Jln. Raya Lodtunduh, yang akan memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencapai Ubud Bali dari Surabaya dengan menaiki kapal penyeberangan di Banyuwangi mirip dengan Sawarna Srikandi.

 

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler