x

Pengertian Audit dan Tujuan Investasi yang Perlu Anda Ketahui

Iklan

Selfi Khairunnisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Februari 2023

Kamis, 9 Februari 2023 06:58 WIB

Penting Investasi Sejak Dini, Sukses Pada Masa Tua Nanti

artikel ini ditujukan untuk tugas Bahasa Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hai sahabat pembaca, apakah kalian tahu Investasi?

Investasi adalah kegiatan penempatan dana dari satu hingga lebih dari satu jenis aset selama periode tertentu. Tujuan dari investasi yang dilakukan untuk melindungi nilai aset dari inflasi yang menyebabkan turunnya daya beli uang kita. Dengan perkembangan teknologi, pengaruh minat untuk berinvestasi semakin meningkat. Untuk pemula berinvestasi tidak harus menggunakan modal besar. Berinvestasi bisa menggunakan modal minim sesuai instrumen investasi. Pilihan instrumen investasi antara lain saham, deposito, obligasi, tabungan, asuransi, reksadana, crypto, tanah, emas, serta investasi pada bisnis yang dijalankan. Namun, tidak semua instrumen cocok untuk semua investor. Sehingga investor harus memilih instrumen investasi sesuai dengan kebutuhan. Semakin dini melakukan investasi, risiko-risiko yang muncul di masa mendatang akan siap kita hadapi. 

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Manfaat Dari Berinvestasi

 

Adapun manfaat jika kita melakukan investasi secara rutin:

1. Melindungi Aset Dari Inflasi

Inflasi hampir terjadi setiap tahun, hal ini bukan yang ingin kita rasakan, dengan adanya inflasi harga barang meningkat. Keadaan ini membuat nilai mata uang selalu mengalami penurunan, karena tingkat suku bunga rendah dan tidak bisa mencukupi naiknya persentase inflasi. Sehingga, investasi menjadi salah satu sarana agar terhindar dampak inflasi. Tetapi bagi para pemula, sebelum berinvestasi harus memahami pengaruh dan dampak inflasi.

2. Meningkatkan Nilai Uang 

Melalui investasi kita bisa mendapatkan keuntungan karena nilai uang akan bertambah dari nilai sebelumnya. 

3. Meningkatkan Asset Dan Kekayaan 

Investasi bisa meningkatkan nilai uang. Sehingga, kekayaan akan meningkat dari nilai aslinya. 

4. Menambah Sumber Penghasilan

Ketika kita menyisihkan sedikit uang dari gaji bulanan, maka penghasilan kita bisa datang dari berbagai sumber selain uang gaji bulanan. 

5. Membiasakan Hidup Hemat

Berinvestasi bisa mendorong kita untuk hidup lebih hemat. Contohnya setelah mendapatkan gaji, kita langsung menyisihkan uang untuk berinvestasi. Ketika di masa datang kita membutuhkan uang, otomatis ada uang simpanan yang kita investasikan. Sebaliknya, jika tidak terbiasa menyisihkan uang. Sewaktu-waktu membutuhkan uang, kita akan bingung mencari dana. 

6. Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan 

Dengan berinvestasi, sama saja kita mempersiapkan modal untuk kebutuhan mendatang seperti kesehatan, pendidikan, pernikahan, dan biaya tak terduga lainnya. 

7. Mencapai Financial Freedom 

Financial Freedom yaitu kondisi dimana kita merdeka secara finansial. Ada banyak cara untuk financial freedom salah satunya adalah investasi. Dengan berinvestasi secara rutin, maka keuntungan yang didapat, bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Selfi Khairunnisa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB