x

Iklan

Christian Saputro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2022

Jumat, 24 Februari 2023 08:06 WIB

Kebun Teh Kemuning, Surga Hijau di Beranda Lawu

Kebun teh Kemuning ini penaka surga hijau di beranda Lawu.Sejauh mata memandang seperti melihat hamparan karpet hijau. Nikmatnya ditingkahi angin pegunungan yang mengusung kabut-kabut dingin nan sejuk.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hamparan hijau kebun teh Kemuning di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, yang menawarkan keelokan bentang alam dan kesejukan jadi salah satu destinasi pilihan para warga Solo dan sekitarnya. Para pelancong weekend menikmati surga hijau kebun teh Kemuning dengan kegiatan outdoor sport atau sekedar santai sambil ngeteh,

 Kebun teh seluas 438 hektar ini di kelola PT Rumpun Sari,  lokasinya di lereng gunung Lawu tak jauh dari candi Sukuh dan candi Cetho. Pemandangan yang menghijau dengan kontur pegunungan dan lembah-lembah, dan kelok-kelok jalan.

Kebun teh Kemuning ini penaka surga hijau  di beranda  Lawu.Sejauh mata memandang  seperti  melihat hamparan karpet hijau. Nikmatnya ditingkahi angin pegunungan yang mengusung kabut-kabut dingin nan sejuk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Uji Nyali dan Andrenalin

Para pelancong jangan khawatir dan bingung karena banyak aktivitas yang bisa dinikmati dari tea walk dan kegiatan seru-seruan uji nyali dan memacu andrenalin. Di jamin nggak bakalan mati gaya, apalagi penyuka olahraga luar ruang dan olahraga ekstrem.

 

Kebun Teh Kemuning

Beragam oalhraga luar ruang (outdoor sport) ditawarkan beberapa resto di kawasan Kemuning. Salah satu yang melayani pelayanan outdoor sport Resto Kemuning Indah dengan harga yang terjangkau.

Anda bisa menjajal ATV, flying fox, paintball, hingga paralayang. Di areal seluas kurang lebih 500 m2, pengunjung tempat wisata terpadu ini bisa menaklukkan medan ATV mulai dari tanah lapang datar sampai jalan bergelombang penuh lumpur.

Fasilitas lain yang layak dicoba adalah flying fox setinggi sembilan meter dengan rute sepanjang 70 meter. Outdoor sport ini bisa dijajal untuk menantang adrenalin ketinggian. Kedua fasilitas tersebut dihargai Rp10.000/orang.

Sedangkan untuk fasilitas paintball ditawarkan untuk kelompok yang terdiri maksimal 10 orang. Dengan membayar paket  Rp400.000,  peserta mendapatkan fasilitas seragam dan senjata khusus yang berisikan 25 peluru.

Untuk yang punya nyali dan uang saku lebih, bisa menjajala paralayang tandem. Untuk menikmati fasilitas dan menjelajahi kawasan Kemuning dari ketinggian ini dikenakan biaya Rp350.000/orang.

Bersepeda

Untuk pehobi sepeda bisa membawa sepeda dan perlengkapannya menjajal trek kebun teh Kemuning yang menantang. Rute yang ditempuh yang patut dijajal rute menyusuri jalan Dusun Sumbersari.

Di jalan rabat beton seluas tiga meter itu, para pesepeda bisa memilih dua alternatif jalan ke timur atau ke barat. Rute timur diarahkan menuju Padepokan Segara Gunung. Rute ini agak terjal dan menanjak. Sedangkan rute barat menuju Dusun Sumbersari relatif lebih landai dan menurun.

Sedang penyuka sepeda Mountain Bike--- sepeda dengan suspense dan roda khusus--- bisa menjajal rute down hill bisa membelah jalan setapak yang ada diperkebunan teh. Anda tak perlu cemas kelaparan atau kehausan , karena di kawasan ini banyak warung bakso dan mi ayam yang juga menyediakan minuman segar.

Camping dan Hunting Foto

Kawasan wisata kebun the Kemuning juga memiliki camping ground . Salah satu lokasi kemah favorit  di kawasan wisata Kemuning adalah Bumi Perkemahan Segara Gunung. Untuk menjangkau tempat ini, pengunjung bisa berkendara dari pusat Desa Kemuning ke arah Candi Sukuh sejauh kurang lebih lima kilometer.

Kawasan yang ditumbuhi pohon pinus ini menjadi tempat yang sempurna untuk bermalam sembari menaklukkan tantangan hawa dingin. Namun para pelancong juga  bisa juga berkemping di sela-sela tanaman teh, praktis dan mudah.

Penjual Teh Keliling (Christian Saputro)

Setiap sudut   sepanjang jalan dan tikungan di Perkebunan Teh Kemuning cukup menawarkan pemandangan yang indah  untuk diabadikan. Kawasan ini juga merupakan surge bagi pehobi fotografi landskap. Selain itu, penggegar selfie pasti tak habis-habisnya mengambil doku diri di kebun the yang seksi dan fotogenik ini.

Untuk fotografer terdapat beberapa spot yang telah disiapkan untuk berfoto di antaranya jalan Dukuh Sumbersari, puncak Perkebunan Teh Kemuning, atau mengabadikan foto di tengah kebun teh yang dikelola sejumlah warung makan di kawasan tersebut.

Menikmati Kuliner

Bagi penghunjung yang tak suka aktivitas olahraga luar ruang, bisa nyantai menikmati keindahan bentang alam. Selain itu juga bisa menikmati secangkir the di diantara hamparan kebun the, tentunya sambil menikmati kudapan setempat. Udara dingin lereng gunung membuat suasana menjadi tambah hangat dan nikmat saat menyeruput teh.

Sejumlah resto dan warung teh fancy tersedia di tempat ini di antaranya Ndoro Dongker, Resto Kemuning Indah, Omah Kodok, dan Bale Branti. Rumah Teh Ndoro Donker yang terletak di kiri jalan arah menuju kebun teh Kemuning tepatnya di Jl. Afdeling Kemuning No 18 Kemuning ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah.

Trip Menuju Perkebunan Teh Kemuning

Banyak jalan untuk mencapai kawasan Perkebunan Teh Kemuning. Ada banyak pilihan perjalanan bisa dengan  kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum.

Kawasan wisata yang berjarak sekitar 28 kilometr sebelah timur kota Solo ini bisa ditempuh dengan kendaraan motor atau mobil. Setelah melewati  Karanganyar kita menuju Karangpandan. Baru setelah bertemu papan petunjuk yang mengarah ke Candi Sukuh, Candi Cetho atau Air Terjun Jumog ambil jalur ke kiri dan ikuti jalan utama. Dengan kecepatan normal, tempat wisata ini bisa dijangkau dalam waktu tempuh satu jam.

Bagi yang ingin melakuka trip ke perkebunan teh Kemuning ini tanpa harus memikirkan medan perjalanan yang sulit bisa menumpang kendaraan umum. Untuk menuju kawasan ini dari Terminal Tirtonadi , Solo bisa naik bus jurusan Tawangmangu dan turun di terminal bus Karangpandan.

Dari terminal bisa melanjutkan perjalanan dengan mini bus yang siap mengantar hingga terminal Kemuning. Bila tak sabar bisa naik ojek yang ongkosnya bisa dinego. Tarif mini bus sekali jalan sekira Rp 5 ribu.

Pengirim : Christian Heru Cahyo Saputro, suka motret, tukang tulis dan suka berbagi kisah, tinggal di Semarang.

Ikuti tulisan menarik Christian Saputro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler