x

Iklan

Christian Saputro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2022

Senin, 27 Februari 2023 13:14 WIB

Vihara Gunung Kalong, Petilasan Pendiri Kota Semarang Ki Ageng Pandanaran Bertapa

Konon Vihara Avalokitesvara Sri Kukusrejo Gunung Kalong yang letaknya di sebuah puncak bukit ini berawal dari sebuah tempat pertapaan yang pernah disinggahi oleh Kiai Ageng Pandanaran. Vihara ini masuk wilayah desa Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Vihara Avalokitesvara  merupakan  salah satu vihara yang unik dan cukup  dikenal di kabupaten Semarang . Uniknya, hanya beberapa meter dari tembok komplek vihara ini terdapat makam Ki Mandung salah satu tokoh penyebar agama Islam pengikut Ki Ageng Pandanaran. Vihara ini dulu konon merupakan  tempat pertapaan pendiri kota Semarang Ki Ageng Pandanaran.

Asal Muasal Gunung Kalong

Pada suatu  saat ketika Ki Ageng Pandan Arang dan rombongannya bermalam  pada waktu itu salah satu bekal perjalanan Kiai Ageng  kelong yang berarti kurang (berkurang) karena dicuri, sehinggga pada  akhirnya tempat tersebut dinamakan Gunung Kalong.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bukti  kalau pendiri kota Semarang ini pernah singgah, kini di lokasi vihara ini ada  makam Ki Mandung.Berdasarkan keterangan sesepuh desa susukan, Ki Mandung adalah salah satu pengikut Ki Ageng Pandanaran. Dia juga senopati yang diyakini memiliki kelebihan. Di sebut Ki Mandung karena dia bertugas menjaga bangsal kemandungan di kabupaten Semarang dulu.

Singkat cerita, Ki Mandung bersama istrinya Nyai Mandung (makamnya bersebelahan) memutuskan untuk tinggal di Gunung Kalong untuk menyebarkan agama Islam. Ki Mandung juga berperan mendirikan pesantren di Susukan

 

 

Sejarah Berdirinya Vihara

Seorang pertapa spiritual asal Ambarawa Joyo Suprapto saat bertapa mendapat ilham untuk membangun sebuah vihara. Maka mulai  tahun 1963 di bangun  

Vihara Avalokitesvara Sri Kukusrejo Gunung Kalong mulai dibangun. Pada  pada 12 Juli 1965 pemerintah meresmikan vihara yang hingga saat ini dikelola oleh yayasan Sri Kukusrejo.

Di Vihara ini selalu ada kegiatan dan agenda doa-doa agenda doa-doa yang dihadiri oleh banyak kalangan dari dalam hingga luar negeri terutama bagi yang beragama Budda. Misalnya ketika acara berdoa bersama memperingati Makco Kwan Im Poo Sat naik ke atas nirwana ketika sudah meninggalkan sifat duniawi dan menemui Sang Budha hingga turun lagi ke Bumi dengan membawa berkah bagi umat manusia.

Selain Makco Kwan In juga saat memperingati Kathina, dimana semua umat yang mengikuti ritual doa kepalanya diperciki air. Sembari umat memanjatkan doa-doa, seorang Bante berjalan menghampiri umat satu persatu untuk memercikkan air dikepalanya. Percikan air di kepala itu dipercayai untuk keselamatan para umat.Dibalik semua agenda religius, Vihara Avalokitesvara ini juga berhasil memecahkan beberapa rekor Muri dengan pembuatan replika ikan koki

terbesar berukuran panjang 36 meter, tinggi 20 meter, dan lebar 16 meter. Rekor tersebut merupakan kali kedelapan setelah sebelumnya memecahkan rekor Muri untuk pembuatan lampion terbanyak (2002), replika naga terbesar (2003), teratai suci memecahkan tiga rekor (2004), dan replika ayam emas (2005).

https://www.indonesiana.id/admin/foto#

Vihara Avalokitesvara Sri Kukusrejo Gunung Kalong ini sendiri selain tempat ibadah juga merupakan tempat mendapatkan konsultasi untuk segala persoalan dari mulai perjodohan, bisnis, keluarga dan lainnya yang tidak terbatas soal keagamaan saja, bahkan ada beberapa peziarah justru  berasal dari kalangan yang berkeyakinan lain. Di tempat ini juga menyediakan rumah retreat untuk menginap untuk umat yang akan mengadakan ibadah secara khusus.

Jalan Menuju Vihara Gunung Kalong

Vihara Avalokitesvara Sri Kukusrejo Gunung Kalong ini lokasinya  tak jauh dari lokasi Pagoda Kwan Im, Watu Gong. Dari Pagoda Kwan Im hanya sekira 2 Km megikuti arah jalan Semarang – Solo. Ada petunjuk yang jelas setelah  Polres Semarang, Ungaran tepat di sebelah kiri jalan terdapat ada papan nama bertuliskan Vihara Avalokitesvara Sri Kukusrejo Gunung Kalong.

Konon Vihara Avalokitesvara Sri Kukusrejo Gunung Kalong  yang letaknya di sebuah puncak bukit ini berawal dari sebuah tempat pertapaan yang  pernah disinggahi oleh Kiai Ageng Pandanaran. Vihara ini masuk wilayah desa Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

*) Christian Heru Cahyo Saputro, pejalan, suka motret, tukang tulis dan suka berbagi kisah tinggal di Semarang

Ikuti tulisan menarik Christian Saputro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler