x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 13 Maret 2023 19:37 WIB

3 Pakar Pendidikan Tegaskan Pentingnya Teknologi Digital sebagai Kunci Transformasi Pendidikan

Pentingnya wujudkan teknologi digital dalam pendidikan, Pascasarjana Unpak gelar webinar upaya penerapan digitalisasi transformasi pendidikan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Untuk wujudkan transformasi pendidikan yang mumpuni, Program Studi S2 Administrasi Pendidikan (Prodi AP) Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan (SPs Unpak) menyelenggarakan Webinar Nasional Pendidikan bertema “Implementasi Teknologi Digital dalam Mewujudkan Transformasi Manajemen Pendidikan” (11.3.2023) yang diikuti oleh lebih dari 450 peserta baik dosen, guru, kepala sekolah, pengawas,  mahasiswa dan stake holder Pendidikan dari berbagai penjuru tanah air. Webinar Nasional tersebut terbagi dalam dua sesi yaitu Webinar Session dan Parallel Session. Pada Webinar ini juga SPs Unpak menerbitkan buku Prosiding yang mendukung kegiatan Webinar tersebut.

 

Webinar ini menghadirkan pembicara 3 pakar pendidikan berskala nasional yaitu: 1) Prof. Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd sebagai pembicara 1 mengupas tema “Transformasi Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0”; 2) Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.SC, MBA, MA, M.PHIL, M.Si. sebagai  berbicara 2 mengupas “Manajemen Inovasi Pendidikan            melalui Teknologi Digital”; dan  3) Ir. Hendarman. M.Sc. Ph.D sebagai pembicara 3 yang mengupas tentang “Manajemen Talenta Peserta didik”. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Untuk mempertajam analisis tantangan dan ketercapaian Pendidikan di lapangan, Webinar ini menghadirkan 3 penanggap yang merepresenasikan 3 wilayah Indonesia (Timur, Tengah dan Barat) yaitu Dr. Anatasija Limba, M.Pd., Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unpatti Ambon, Maluku yang juga Anggota Badan Akreditasi Nasional – Sekolah/Madrasah (BAN –S/M) Provinsi Maluku; Wulan Ayu Indriani, M.Pd Tenaga ahli Program Kejar Mutu Kab.Maros dan Kab.Takalar Prov. Sulawesi Selatan;  dan Nurul Nuzlia, M.Pd., Kepsek SDS Muhammadiyah Kec.Bojong, Jawa Barat.  

 

Prof. Bibin Rubini menyatakan bahwa seberapa besar transformasi manajemen Pendidikan maka kehidupan harus tetap mengedepankan hidup bersama. “Dalam berbagai keadaan kita harus tetap mempertahankan filosofi Sunda yaitu silih asah, silih asuh dan silih asuh juga silih wangi” papar Guru Besar Universitas Pakuan tersebut. 

 

Tidak kalah penting, Prof. Eko Indrajit mengeaskan bahwa guru tidak memiliki alasan untuk tidak  mengajar dengan lebih inovatif karena perkembangan teknologi sudah sangat mendukung, misalnya ada teknologi Chat GPT/AI. “Dalam mengembangkan berpikir kritis, kreatif dan inovatif peserta didik, pilihanya tinggal apakah guru mau melakukannya atau tidak” papar pakar teknologi informatika yang juga Rektor Universitas Pradita ini.

 

Adapun Ir. Hendarman. M.Sc. Ph.D memaparkan bahwa ujung dari transformasi manajemen Pendidikan yaitu bagaimana bangsa ini mampu menemukan, mengelola dan mempersiapkan SDM yang bertalenta dan berdaya saing global. “Kita berharap urusan menemukan talenta ini bukan hanya urusan sekolah, namun urusan kita bersama, walau pemerintah juga tidak akan tinggal diam” papar dosen Prodi AP yang juga Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud.

 

Bagian kedua dari Webinar Nasional Pendidikan Prodi AP SPs Unpak adalah parallel session yang dibagi ke dalam 5 room. Adapun masing-masing room dipandu oleh 5 moderator yang berasal dari dosen-dosen Prodi AP SPs Unpak yaitu Dr. Sumardi. M.Pd., Dr. Henny Suharyati, M.Si., Dr. Farida Wulandari, M.Pd., Dr. Eka Suhardi, M.Si., dan Dr. Griet Helena Laihad, M.Pd. Terdapat 36 paper pada sessi ini sehingga tiap room minimal terdapat tujuh presenter. Best papers dan best presenter merupakan luaran dari pararel session ini.

 

Webinar Nasional Pendidikan Prodi AP ini terselenggara dengan baik berkat support system yang memdadai dari Dekan Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Ing. H. Soewarto Hardhienata, Wakil Dekan 1 Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si., Wakil Dekan II Dr. Dadang Jaenudin. M.Si, Ketua Program Studi AP Dr. Rais Hidayat, M.Pd., dosen pengarah acara Dr. Sumardi, M.Pd., dan Dr. Yuyun Elizabeth Patras, M.Pd.. Kunci sukses acara ini juga karena kolaborasi antar panitia mahasiswa Prodi AP Angkatan 2021 yang dipimpin oleh Aditya Ebyatiswara Putra, S.Pd. (Ras-Yun)

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini