x

Ilustrasi anak-anak menunggu berbuka puasa di Jakarta, Selasa 14 April 2020. TEMPO/Subekti.

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Sabtu, 25 Maret 2023 06:07 WIB

Hikmah Puasa, Sudahkah Merasa Cukup Atas Apa yang Dimiliki?

Sudahkah Anda merasa cukup atas apa yang dimiliki? Semua yang ada memang sudah pantas untuk kira. Tidak lebih tidak kurang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah kita berpikir berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk memikirkan apa yang dimiliki orang lain daripada yang kita miliki? Selalu takjub atas apa yang dicapai orang lain daripada apa yang bis akita lakukan? Pikiran itulah yang jadi sebab kita selalu merasa kekurangan dalam hidup.

Merasa cukup atas apa yang dimiliki

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Maka, salah satu hikmah puasa adalah menegaskan pentingnya sikap “merasa cukup” atas apa yang dimiliki. Merasa cukup itulah kekayaan sejati yang dimiliki siapapun. Jika merasa cukup atas apa yang kita miliki maka kita sudah kaya. Kaya itu keadaan di mana kita tidak lagi punya banyak keinginan. Sebaliknya, siapapun yang masih berlimpah keinginan berarti itu belum kaya. Maka merasa cukup itulah yang membebaskan kita dari penderitaan. Akibat keinginan-keinginan dan nafsu dunia yang tidak berkesudahan.

Merasa cukup atas apa yang dimiliki, atas apa yang dipunya. Berjiwa qanaah terbukti lebih tenang. Tidak ada hal yang perlu dirisaukan. Sahur apa adanya, berbuka puasa pun apa adanya. Karena banyak atau sedikit, kaya atau miskin itu yang penting berkahnya. Bukan jumlahnya, bukan pula apa yang tampak secara fisik. Karena banyak orang yang mengumpulkan harta dan kekayaaan tapi tidak pernah merasa cukup. Bahkan tidak pernah menikmatinya akibat kesibukannya mencari dan mencari.

Banyak orang ingin hidup berlimpah harta. Ingin punya mobil rubicon. Ingin punya rumah mewah. Pengen ini pengen itu. Terlalu banyak yang diinginkan walau hanya bersifat duniawi. Bila kita mampu mengendalikan keinginan tersebut, maka keinginan itulah yang akan mengendalikan kita. Maka di situ, hawa nafsu meraih kemenangan sejati.

 

Merasa cukup itu penting. Karena siapapun bila tidak pernah merasa cukup maka akan menderita. Bahkan tidak sedikit yang melanggar hukum, mulai dari mencuri, merampok, mengambil yang bukan haknya, bahkan korupsi. Seperti mereka yang flexing atau bergaya pamer atas harta dan kekayaannya kini berurusan dengan KPK. Semua itu muaranya karena perasaan tidak pernah cukup. Maka terus-menerus mengejar dunia. Hingga lupa, apa yang harus diperbuat di dunia ini? Lupa, katanya harta dan kekayaan tidak akan dibawa mati.

 

Jadi, katakan alhamdulillah. Karena merasa cukup atas apa yang dimiliki. Dan semua yang dimiliki memang pantas untuk kita. Sambil terus bertindak sabar dan syukur dalam segala keadaan. Karena sabar dan syukur-lah yang mampu mengangkal dari segala penyakit hati, terutama sikap selalu merasa kurang atau punya keinginan yang berlebihan.

 

Sambil mengingat terus, pesan Rasulullah SAW, "Kekayaan bukanlah diukur dengan banyaknya kemewahan dunia. Namun, kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup." (HR Bukhari). Salam literasi

 

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler