x

Dosen Erni Rahmawati Mengisi Kuliah Pakar Mahasiswa Praktek Anestesiologi UMP Purwokerto

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Senin, 27 Maret 2023 11:15 WIB

Dosen Erni Rahmawati Mengisi Kuliah Pakar Mahasiswa Praktek Anestesiologi UMP Purwokerto

Dosen Erni Rahmawati Mengisi Kuliah Pakar Mahasiswa Praktek Anestesiologi UMP Purwokerto

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Purwokerto – Prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada hari Jumat (24/3/2023) mengadakan kuliah pakar Meet The Expert dengan tema “Meet The Expert Gagal Ginjal Akut dan Gagal Ginjal Kronis”. Kuliah pakar diadakan dalam rangka pembelajaran praktek klinik Komplikasi Penyulit Semester 8 mahasiswa praktek klinik prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Saat ini mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto sedang menjalani praktek klinik di Rumah Sakit Islam Purwokerto. Mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjalani praktek klinik Komplikasi Penyulit di Ruang ICU dan ruang IBS kamar Operasi RSI Purwokerto. Dalam mata ajaran praktek klinik Penyulit Komplikasi mahasiswa keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto akan menjalani kuliah pakar atau Meet The Expert sebanyak 3x pertemuan.

Setelah sebelumnya pertemuan Meet The Expert yang pertama diisi oleh dosen dari Sumatra yaitu oleh Doktor Ridho dengan tema Anestesi Local, kini pada pertemuan meet the expert kedua diisi oleh dosen dari Stikes Pamenang Kediri Jawa Timur oleh pembicara ibu Erni Rahmawati. Dalam kuliah pakar tersebut Ibu Erni Rahmawati memberikan materi tentang Gagal Ginjal Akut dan Gagal ginjal Kronis. Kita ketahui sebagai penata anestesi selain harus bisa menguasai tentang ilmu anestesi juga harus bisa menguasai tentang konsep penyakit, sehingga ketika penata anestesi dihadapkan dengan kasus yang beraneka ragam maka akan sudah siap dalam menangani permasalahan tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dosen Erni Rahmawati sendiri merupakan dosen yang mempunyai spesialisasi ilmu dalam bidang Kidney. Pengalaman beliau dalam mengajar sudah cukup senior diwilayah Jawa Timur baik dalam daerah ataupun nasional. Dalam kuliah pakar tersebut beliau menjelaskan tentang Konsep gagal ginjal akut dan kronis, pengertian, Patofisiologi, Tanda dan Gejala, Faktor Resiko, Penatalaksanaan faramakologis, penatalaksanaan non farmakologis, Pengobatan primer dan pengobatan sekunder.

Selain itu dalam kuliah pakar tersebut juga mempelajari tentang Terapi fungsi ginjal yang terbaru tentang Peritonial Dialysis, Transplantation Kidney dan Hemodialisis. Dalam kuliah pakar tersebut Dosen Erni rahmawati juga membagikan pengalaman beliau ketika studi di Rumah Sakit Khon Khaen Thailand tentang penatalaksanaan Gagal Ginjal Akut dan Gagal Ginjal kronis.

Dalam kuliah pakar tersebut di moderatori oleh Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji yang memandu jalannya Meet the Expert dari awal dan akhir. Dalam acara kuliah pakar mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto berjalan dengan lancar dan baik serta mahasiswa sangat antusias dalam menyimak dan bertanya. Selain itu dalam kuliah pakar tersebut salah satu mahasiswa bernama Ajeng Rahmawati juga menanyakan tentang penatalaksanaan Ginjal Bocor serta penatalaksanaannya.

Dosen Spesialis Medikal bedah Prima Trisna selaku moderator juga mengucapkan terima kasih atas waktu dan ilmunya yang sudah diberikan oleh narasumber kepada mahasiswa prodi keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang baru menjalani praktek klinik di RSI Purwokerto sehingga menambah wawasan mahasiswa tentang update ilmu terbaru tentang penatalaksanaan Gagal Ginjal Akut dan Gagal Ginjal kronis. Moderator juga menyampaikan bahwa masa depan tenaga kesehatan ada di pundak para mahasiswa yang akan lulus dan akan meregenerasi tenaga kesehatan yang akan datang. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini