x

Ilustrasi Hoaks. Karya: S. Hermann dan F. Richter dari Pixabay.com

Iklan

Hana Wardatusyifa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Kamis, 30 Maret 2023 06:44 WIB

Pengertian, Tujuan, Ayat yang Berkaitan dengan MSDI dan MSDM

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Manajemen sumber daya insani. Dosen Pengampu: Dr. Syseful Bahri, S.Ag., M.M. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     Manajemen sumber daya manusia (MSDM) sangat diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dalam perusahaan ataupun organisasi karena Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan suatu pemanfaatan yang dilakukan oleh individu dalam mencapai tujuan perusahaan ataupun organisasi. Tujuan MSDM sendiri ialah memperbaiki kontribusi produktif orang-orang atau tenaga kerja terhadap organisasi atau perusahaan dengan cara yang bertanggungjawab secara strategis, etis dan sosial.

     Manajemen Sumber Daya Insani atau MSDI adalah suatu disiplin ilmu mengenai cara mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara maksimal agar tercapainya tujuan bersama perusahaan, karyawan, dan masyarakat menjadi maksimal. Dalam suatu perusahaan atau organisasi, manajemen sumber daya insani sangat diperlukan karena dengan adanya kegiatan tersebut maka perusahaan akan berjalan dengan efektif dan efisien. Tentunya dengan menggunakan sumber daya yang berkualitas.

Tujuan dari manajemen sumber daya insani antara lain meliputi:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Mewujudkan sumber daya manusia yang terampil, motivasi tinggi, dapat dipercaya untuk menjalankan suatu tugas organisasi ataupun perusahaan.

2. Adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia secara bertahap melalui sistem kerja yang efektif dan efisien.

3. Mewujudkan lingkungan kerja kondusif yang mendukung produktivitas para pekerja.

4. Menyeimbangkan kepentingan tenaga kerja.

5. Memberikan apresiasi kepada karyawan atas segala presentasi kinerja.

6. Mewujudkan kesejahteraan tenaga kerja baik jasmani ataupun rohani.

7. Dilakukan pengelolaan karyawan atas dasar keadilan.

8. Memberikan peluang yang sama bagi semua karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

     Manusia diciptakan oleh Allah untuk menjadi khalifah di muka bumi ini, untuk mengelola sumber daya alam yang tersedia demi kesejahteraan makhluk hidup dan lingkungan. Hal ini telah ditegaskan oleh Allah dalam Alquran surat Al-Jasiyah ayat 13:

وَسَخرَ لَكُمْ ما فِى السمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا منْهُ ۗاِن فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لقَوْمٍ يتَفَكرُوْنَ

Terjemahan

"Dan Dia menundukkan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi untukmu semuanya (sebagai rahmat) dari-Nya. Sungguh, dalam hal yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berpikir."

     Tujuan pengembangan sumber daya manusia atau sumber saya insani yang berlandaskan pada tauhid yaitu dengan membentuk manusia yang memiliki akhlak mulia, senantiasa selalu menyembah Allah, menebarkan kebaikan dan bertaqwa kepada Allah.

Quote of The Day

"Urusan kita dalam kehidupan bukanlah untuk Melampaui Orang Lain, tetapi untuk Melampaui Diri Sendiri, untuk Memecahkan Rekor Kita Sendiri, dan untuk Melampaui hari Kemarin melalui Jejak Terpuji hari ini".

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Hana Wardatusyifa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler