x

Iklan

Hana Wardatusyifa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Senin, 3 April 2023 10:00 WIB

Pelatihan dan Pengembangan SDM

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Manajemen sumber daya insani Dosen pengampu: Dr. Syaeful Bahri, S.Ag., M.M

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia adalah training and development artinya bahwa untuk mendapatkan tenaga kerja pendidikan yang bersumber daya manusia yang baik dan tepat sangat perlu pelatihan dan pengembangan. Pelatihan (training) merupakan sebuah konsep manajemen sumber daya manusia yang sempit dan melibatkan aktivitas-aktivitas pemberian instruksi khusus yang direncanakan (seperti pelatihan terhadap prosedur operasi pelatihan yang spesifik) atau pelatihan keahlian (seperti pelatihan yang berhubungan dengan tugas dan program pengenalan pekerjaan).

 

Pengembangan/Development SDM merupakan sarana untuk membangun kemampuan serta meningkatkan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia untuk menuju era globalisasi yang penuh tantangan serta untuk membantu perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu pengembangan SDM tidak dapat diabaikan begitu saja, berkaitan dengan hal tersebut maka salah satu cara pengembangan SDM yang baik adalah dengan melalui pelatihan bagi karyawan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Pelatihan sangat penting bagi karyawan baru maupun yang sudah lama. Berikut Hal-hal penting untuk mengetahui konsep pelatihan lebih lanjut, yaitu :

1. Pelatihan adalah proses secara sistematis merubah tingkah laku pegawai untuk mencapai tujuan organisasi. Pelatihan memiliki orientasi saat ini dan masa yang akan datang untuk membantu pegawai mencapai keahlian dan kemampuan tertentu agar berhasil dalam melaksanakan tugasnya.

2. Program pelatihan formal merupakan usaha memberi kerja untuk memberikan kesempatan pada pegawai supaya memperoleh pekerjaan atau bidang tugas yang sesuai dengan kemampuan, sikap dan pengetahuannya.

 

Dalil naqli tentang pelatihan dan pengembangan

 

 :ْلاى ِفَث َعَبْي ِذ َّلاَى ُه اْم ِهٍَْلَعاْىُلْتٌَْم ُهْى ِّما ٍِّّمُْ تِكْلاُم ُهُمِ ّلَعٌَُوْمِهٍِْ ّكَز ُ ٌَوح ْلاَوَب ُل ْب َقْه ِم ا ْىُواَكْن ِ اَوَةَمْكِ ٌ ْل ْىُسَر َه ه ِ ت لَضًْ ِفَل ٍه ٍِْبُّمٍل 

 

Artinya : "Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta hurufdari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata."

 

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan (Training & Development)Menurut Pasal 9 Undang-undang Ketenaga kerjaan Tahun 2003, pelatihan (training) kerja diselenggarakan dan diarahkan untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas, dan kesejahteraan. Tujuan pelatihan (training) dan pengembangan SDM (Human resource development) pada dasarnya dikelompokan ke dalam lima bidang : 

1. Memperbaiki kinerja

2. Memutakhirkan keahlian para karyawan sejalan dengan kemajuan teknologi

3. Mengurangi waktu pembelajaran bagi karyawan baru agar kompeten dalam pekerjaan

4. Membantu memecahkan masalah operasional

5. Mempersiapkan karyawan untuk promosi.

 

Quotes of the day 

"Yang utama dari studi bukanlah indeks prestasi tetapi edukasi dan literasi, yang utama dari kehidupan bukanlah kejayaan tapi kebermanfaatan dan kemashlahatan."

 

#Dr.H.SyaefulBahri,CHCM#

Ikuti tulisan menarik Hana Wardatusyifa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu