x

Perayaan Misa Paskah tahun 2023 di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong Keuskupan Ruteng

Iklan

Rikhardus Roden Urut Kabupaten Manggarai-NTT

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Oktober 2022

Senin, 10 April 2023 14:54 WIB

Pater Kristianus Sambu, SVD; Kebangkitan Kristus Merupakan Sebuah Berkat Bagi Para Murid-Nya dan Semua Orang Percaya

Kebangkitan Kristus merupakan sebuah berkat bagi para murid-Nya dan bagi semua orang percaya. Keberanian Petrus dan kawan-kawannya untuk bangkit dan keluar mewartakan kebangkitan Kristus adalah kekuatan Roh yang menggerakkan mereka.Paskah menjadi moment kebangkitan. Paskah adalah bentuk ungkapan iman yang terjelma di dalam kehidupan sehari-hari. Paskah adalah gerakkan pertumbuhan iman menuju kematangan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya



Suasana perayaan Misa Minggu Paskah (9/4/2023) di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Keuskupan Ruteng-NTT


Kebangkitan Kristus merupakan sebuah berkat bagi para murid-Nya dan bagi semua orang percaya. Keberanian Petrus dan kawan-kawannya untuk bangkit dan keluar mewartakan kebangkitan Kristus adalah kekuatan Roh yang menggerakkan mereka. Paskah menjadi moment kebangkitan. Paskah adalah bentuk ungkapan iman yang terjelma di dalam kehidupan sehari-hari. Paskah adalah gerakkan pertumbuhan iman menuju kematangan. Demikian disampaikan oleh Pater Kristianus Sambu, SVD, Pastor Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong dalam homilinya saat Perayaan Misa Minggu Paskah, Minggu (9/4/2023) kepada ribuan umat di Gereja Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong. Perayaan misa minggu paskah ini dihadiri juga oleh Bupati Manggarai.



Kisah Para Rasul, jelas Pater Kris, melukiskan Petrus sebagai seorang rasul yang berani mengadakan perjalanan pastoralnya keluar dari tradisi Yahudi dan berada bersama dengan orang-orang bukan sebangsanya (Yahudi). Di tengah orang bukan Yahudi itulah Petrus memperkenalkan kehidupan Yesus tahap demi tahap. Yesus sudah dipersiapkan oleh Yohanes Pembaptis sebelum kedatangan-Nya. Orang harus bertobat untuk menyambut kedatangan-Nya. Yesus sendiri telah diurapi oleh Allah dengan Roh Kudus-Nya sebelum memulai seluruh karya pewartaan-Nya di tanah Galilea. Hidup dan karya Yesus itu ada yang diterima dan ada pula yang ditolak. Puncak penolakan itu sampai Yesus disalibkan dan dibunuh. Namun Tuhan sudah membangkitkan Dia dari antara orang mati. Dia menjadi yang sulung bangkit dari semua orang mati.


Petrus dan kawan-kawannya, tegasnya, adalah saksi hidup atas seluruh hidup dan karya Yesus. Para rasul itu dipilih oleh Yesus sendiri sebagai saksi-saksi mata kehidupan-Nya di tengah masyarakat serta kebangkitan-Nya. Sebab para rasul itulah yang dapat memasuki misteri-Nya dan menjadi pewarta-pewarta-Nya. Kaum beriman (kita anggota Gereja) menerima kesaksian itu yang sekaligus menafsir Kitab Suci dan melanjutkan karya pewartaan itu. Gereja dipanggil untuk bergabung dengan para rasul atas kesaksian pengalaman itu.



Oleh sebab itu, jelas Pater Kris, Santu Paulus mengajak umat Kolose dalam bacaan kedua, bahwa setelah dibangkitkan bersama Kristus, umat diajak untuk mengarahkan segala usaha kepada alam hidup Kristus. Kita diajak untuk mengarahkan perhatian kepada harta surgawi, bukan kepada hal-hal duniawi belaka. Bahkan karena pengenalan kita akan Kristus, kematian kita sudah disembunyikan di dalam Allah bersama Kristus yang hidup. Artinya, kebangkitan Tuhan, menjadi kebangkitan kita; kehidupan Kristus telah menjadi kehidupan kita; kekayaan Kristus telah meretas kemiskinan kita. Inilah kehidupan iman kita yang bertumbuh dalam proses dari pengalaman-pengalaman sehari-hari.



Lebih jauh, Pater Kris menjelaskan, Pertumbuhan iman akan Kristus yang bangkit tidak terjadi secara serta-merta, melainkan bertumbuh dan berkembang dalam proses yang terkadang ada tantangan dan keraguan, terkadang sangat bersemangat tapi juga ada kelesuan; ada tawaria tapi juga ada tangisan cucuran air mata. Tetapi seperti Yesus sendiri sudah mengatakan, barangsiapa yang bertahan sampai akhir, dia akan menerima mahkota kebahagiaan.


 
Injil hari ini, urainya kemudian, mengisahkan pengalaman iman Maria Magdalena yang pagi-pagi buta pergi ke makam Yesus. Maria Magdalena terkejut Ketika melihat batu penutup pintu kubur sudah terbuka. Kondisi inilah yang membuat Maria Magdalena harus pulang ke rumah dan memberitahukan para rasul, Petrus dan kawan-kawannya.




Dia juga menegaskan bahwa pengalaman Maria Magdalena, Petrus, dan Murid yang dikasihi Yesus itu adalah pengalaman kita juga. Ada kejadian-kejadian alam di sekitar kita, bahkan di dalam rumah tangga kita, atau lebih spesifik ada pengalaman pribadi kita. Namun apakah kita dapat mengerti maknanya? Atau seringkali menimbulkan kebingungan dan banyak pertanyaan yang tidak terjawab. Tapi ada yang merasa biasa-biasa saja, tanpa makna. Ada yang langsung memiliki kemampuan untuk memahami dan mengambil maknanya untuk kehidupannya. Inilah situasi iman kita yang bertumbuh dan berkembang dalam proses. Supaya setiap proses yang terjadi membawa makna, maka dekatkan diri pada Tuhan, mencari dan melihat apa yang menjadi rencana Tuhan bagi hidupku?



“Marilah kita Bersama Maria Magdalena, Petrus dan ‘murid yang dikasihi’ (tanpa disebutkan namanya, DIALAH saya dan anda) memohon rahmat Roh Kudus agar dapat percaya dan menjadi pewarta kebangkitan Tuhan kepada semua orang, menembusi batas geografis, budaya, Bahasa, dan aliran kepercayaan. Sebab kita semua dimandat oleh Yesus untuk memberi Dia minum,” ajak Pater Kris.

Isi kata Sambutan dari Bupati Manggarai, Ketua Dewan Pastoral dan Ketua Panitia Paskah Tahun 2023

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan



Dalam kata sambutannya, Fidelis Ledjo, selaku Ketua Panitia Paskah Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong tahun 2023 mengatkan, Perayaan Paskah bukanlah hanya sebuah tradisi atau acara biasa, namun lebih dari itu, Paskah adalah peringatan akan kebangkitan Yesus Kristus dari kematian yang menghadirkan harapan dan kehidupan kekal bagi kita semua.

 
Fidelis Ledjo, Ketua Panitia Paskah 2023 di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong Sedang menyampaikan kata Sambutan.


“Kita juga telah melalui masa Prapaskah yang di dalamnya kita belajar untuk memperkuat iman dan meningkatkan kebersamaan dengan sesama. Kini, saatnya kita memperkuat semangat dan ketaatan dalam menjalani hidup sesuai dengan ajaran Yesus Kristus.” ungkapnya.

 
Sebagai Ketua Panitia, kata Jey, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, khususnya, Pemerintah Kabupaten Manggarai, Kepolisian Resort Manggarai dan Komando Distrik Militer 1612 Manggarai yang telah menjamin keamanan dan kenyamanan selama perayaan Minggu Palma dan Tri Hari Suci (pekan suci).


Ucapan terima kasih secara khusus, lanjutnya, disampaikan juga kepada semua panitia paskah 2023 dari Wilayah 5 Kapernaum Tuke. Spirit kita dalam menjalan tugas kepanitiaan, adalah Persaudaraan, sebab persaudaraan adalah sebuah nilai yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tanpa persaudaraan, dunia ini akan menjadi tempat yang jauh lebih sulit dan tidak nyaman untuk dihuni. Oleh karena itu, mari kita terus memupuk dan memperkuat persaudaraan di antara kita.

 


Paulus Peos, Ketua Dewan Pastoral Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong kepada umat yang hadir mengemukakan bahwa esensi dari perayaan paskah adalah peristiwa kebangkitan kita semua untuk mengambil bagian dalam persekutuan hidup menggereja, maka konteks kita saat ini makna kebangkitan, adalah bangkit untuk 1) merenovasi Gereja Paroki sehingga pada saat pesta intan (usia 75 tahun) nanti kita mendapatkan Gereja yang representatif dari sisi kenyamanan.2) menyukseskan agenda pastoral terkait suksesi kepengurusan Dewan Pastoral Paroki tentu dengan semangat penuh persaudaraan, dan 3) menyukseskan semua progam /kegiatan Pastoral Paroki di Tahun Pastoral Ekonomi Berkelanjutan SAE tahun 2023 yang sudah kita sepakati bersama di tingkat Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong.



Sedangkan Bupati Heribertus G.L Nabit, menyampaikan selamat merayakan Pesta Paskah kepada seluruh umat Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran semua kegiatan liturgis selama perayaan Pekan Suci (Paskah). Sebagai umat Paroki, kata Bupati Heri, kita semua perlu memikirkan renovasi bangunan Gereja ini yang sebagian besar sudah mengalami kerusakan, supaya kita dapat beribadah dengan nyaman ke depannya. Kita sudah berhasil merenovasi Aula Paroki tinggal kita bersama-sama melanjutkan kegiatan untuk merenovasi Gereja.
 
 

Pada kesempatan yang baik ini juga, kata Bupati Heri, saya mengingatkan kita semua tentang perubahan iklim yang berdampak buruk kepada kita semua, khususnya para petani. Menurut perkiraan BMKG, ujar Bupati, beberapa minggu ke depan kita akan menghadapi badai siklon dan setelahnya kita akan memasuki musim kemarau, untuk itu kita harus tetap waspada.

Ikuti tulisan menarik Rikhardus Roden Urut Kabupaten Manggarai-NTT lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu