x

Iklan

Christian Saputro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2022

Selasa, 11 April 2023 19:29 WIB

Nikmatnya Lumpia Basah khas Magelang Pak Elok

Food Street, Lumpia pak Elok memang sedikit berbeda dengan lumpia khas Semarang. Lumpia pak Elok memiliki tekstur lebih basah. Meski berbeda, rasa dari setiap gigitan camilan ini bakal membuat kamu ketagihan. Pak Elok, yang menjajakan lumpianya yang enak ini di gerobak dorong. Sangat sederhana, namun warung gerobak yang mangkal di kawasan Pecinan atau sekitar Toko Saniter di Jalan Pemuda, Magelang ini tak pernah sepi. Biasanya, ramai pembeli menjelang magrib.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kalau melacong ke Magelang ada kuliner yang wajib kamu coba, yakni lumpia basah Pak Elok.  Lumpia Basah Pak Elok disebut-sebut sebagai salah satu makanan legendaris di Magelang. Pasalnya dia telah berjualan hingga lebih dari 20 tahun.

Food Street, lumpia pak Elok memang sedikit  berbeda dengan lumpia khas Semarang. Lumpia pak Elok  memiliki tekstur lebih basah. Meski berbeda, rasa dari setiap gigitan camilan ini bakal membuat kamu ketagihan.

Pak Elok, yang menjajakan lumpianya yang  enak ini di gerobak dorong. Sangat sederhana, namun warung gerobak yang mangkal  di kawasan Pecinan atau sekitar Toko Saniter di Jalan Pemuda, Magelang ini tak pernah sepi. Biasanya, ramai pembeli menjelang magrib.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lumpia Basah Magelangan

Meski sudah puluhan tahun  berjualan,  lumpia basah buatan pak Elok tak pernah berubah, apalagi isiannya. Kelezatan ini tidak lain karena proses memasaknya masih sederhana, yaitu menggunakan anglo atau tungku.

Sebelum dibungkus dengan kulit lumpia, isian yang terdiri dari irisan tahu, rebung, daun bawang, dan daging ayam dimasak di atas anglo. Campuran isian tersebut sudah diberi bumbu rahasia yang membuatnya nikmat. Rupanya, bumbu rempah menjadi bahan utama untuk membuat jajanan terasa enak.

Tak hanya itu, penyajian yang masih hangat dari wajan membuat banyak pembeli ketagihan. Tak perlu menunggu lama, jajanan ini tidak digoreng melainkan disajikan hangat dengan selimut kulit lumpia. Harga perporsinya tak begitu mahal. Cukup mengenyangkan untuk jadi pengganjal sebelum berburu kuliner Magelang lainnya.

*) Christian Saputro, Badoger tinggal di Semarang.

 

 

Ikuti tulisan menarik Christian Saputro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler