x

Iklan

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 12 April 2023 07:00 WIB

Banyumu dan SanitaRyan Membantu Wujudkan Masyarakat Indonesia yang Sehat, Bersih dan Sadar Lingkungan

Ryandito Mahendradani atau kerap disapa Ryan merupakan alumni S2 NVI 2 Universitas Prasetiya Mulya yang fokus mewujudkan Program SDGS (Sustainable Development Goals ) khususnya di bidang sustainable management of water and sanitation melalui bisnis yang ia geluti.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ryandito Mahendradani atau kerap disapa Ryan merupakan alumni S2 NVI 2 Universitas Prasetiya Mulya yang fokus mewujudkan Program SDGS (Sustainable Development Goals ) khususnya di bidang sustainable management of water and sanitation melalui bisnis yang ia geluti. 

Ryan merupakan CEO dari dua produk bisnis yakni Sanitaryan dan Banyumu, Kedua produk ini merupakan ide yang dihasilkan Ryan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan juga bersih.

Dalam wawancara yang dilakukan dalam Cerita Alumni Prasmul, Ryan mengungkapkan perjalanan dirinya sehingga mampu membangun bisnis di bidang sanitasi dan water management. Peluang bisnis itu ada ketika pada tahun 2020 pemerintah Indonesia disindir oleh dunia, sindiran tersebut berupa adanya anggapan bahwasanya pariwisata di Indonesia itu sangat bagus namun tidak memiliki toilet yang baik alis toilet di Indonesia tidak higienis dan air yang tidak bersih.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada akhirnya pemerintah Indonesia, lanjut Ryan melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuat Satuan Tugas (Satgas) Toilet untuk mengurusi sejumlah toilet khususnya ditempat wisata di Indonesia. 

“Saya juga termasuk anggota Satgas Toilet waktu itu, nah akhirnya saya melihat peluang di sana, selain berpikir bagaimana membuat sejumlah toilet saya pun sangat tertarik untuk mewujudkan SDGS yang berfokus pada Sanitasi dan Water Management di Indonesia,” tuturnya. 

Menurut Ryan, permasalahan sanitasi dan air di Indonesia memang perlu perhatian lebih, karena sejumlah sanitasi yang ada di Indonesia jika melihat standar WHO belum memenuhi standar tersebut. Untuk itu, sebagai seorang Entrepreneur yang berbasis pada sustainable development dirinya merasa terpanggil untuk mewujudkan misi tersebut. 

“Mengapa saya mengambil bisnis sanitasi dan air, ya karena kalau ngomongin toilet itu kan sumber penyakit, jadi jika toilet yang ada tidak layak maka akan memunculkan banyak penyakit, sehingga akan menghambat gerakan masyarakat sehat yang ada di Indonesia,” ucapnya. 

Sementara di Banyumu yang berfokus pada water management, Ryan mengungkapnya dirinya merasa terpanggil untuk membantu pemerintah mengentaskan stunting yang terjadi pada sepertiga masyarakat di Indonesia. Stunting pada masyarakat Indonesia sendiri terjadi banyak dikarenakan gizi yang buruk, toilet yang tidak higienis dan air yang tidak bersih.

Sangat Inspiratif ya, cerita dari dari Ryan dalam membangun bisnis di bidang sanitasi dan water management. Kamu bisa tonton cerita lengkap Ryan di program Cerita Alumni Prasmul. 

Ikuti tulisan menarik Muhammad Khairur Rasyid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler