x

Program menggunakan framework laravel, (Gambar menunjukkan bagian Controller)

Iklan

Muhamad Luthfi Bangun Permadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 April 2023

Minggu, 16 April 2023 08:59 WIB

5 Framework PHP Terbaik 2023

Penggunaan framework juga seolah sudah merupakan keharusan dalam dunia kerja. Karena framework akan mempermudah dan mempercepat penulisan kode program.  Ada begitu banyak framework PHP diluar sana, namun mimin rangkum dari berbagai sumber rekomendasi beberapa  framework PHP yang rekomend banget buat di tahun 2023.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

PHP bagi developer pasti merupakan istilah yang sudah tidak asing, dilansir dari situs resminya, php.net, Mereka menyatakan bahwa PHP merupakan Bahasa scripting untuk tujuan umum yang populer untuk pengembangan web dengan cepat, fleksibel, dan pragmatis serta mendukung segala jenis web. Singkatnya PHP merupakan Bahasa scripting pengembangan web yang populer karena kecepatan, fleksibilitas dan pragmatisnya.

Penggunaan framework juga seolah sudah merupakan keharusan dalam dunia kerja. Karena framework akan mempermudah dan mempercepat penulisan kode program.  Ada begitu banyak framework PHP diluar sana, namun mimin rangkum dari berbagai sumber rekomendasi beberapa  framework PHP yang rekomend banget buat di tahun 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

5. Yii Framework

Yii adalah singkatan dari Yes, it is. Yii sangat direkomendasikan untuk pengembangan cepat aplikasi web berskala besar. memungkinkan pengembang menghindari kerumitan penulisan pernyataan SQL berulang, karena mereka dapat memodelkan data database dalam bentuk objek.

 

4. CakePHP

CakePHP adalah salah satu framework yang paling mudah dipelajari, terutama karena merupakan framework CRUD (Create, Read, Update, Delete). fitur keamanan yang mencakup pencegahan injeksi SQL, validasi input, perlindungan cross-site request forgery (CSRF), dan perlindungan cross-site scripting (XSS).

 

3. CodeIgniter

Dikenal dengan footprint kecilnya (hanya berukuran sekitar 2 MB, termasuk dokumentasinya), CodeIgniter adalah framework PHP yang cocok untuk mengembangkan situs web dinamis. Dibandingkan dengan framework lain, CodeIgniter jauh lebih cepat. Karena ia juga menawarkan kinerja yang solid, ini merupakan pilihan yang baik ketika Anda ingin mengembangkan aplikasi ringan untuk berjalan di server yang sederhana. Satu peringatan: Rilis CodeIgniter agak tidak teratur, jadi framework ini bukanlah pilihan yang bagus untuk aplikasi yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi.

 

2. Symfony

Framework Symfony diluncurkan pada tahun 2005, jadi sudah ada lebih lama dari framework lain dalam daftar ini, dan merupakan platform yang andal dan matang. Symfony adalah framework PHP MVC yang luas dan satu-satunya framework yang diketahui mengikuti standar PHP dan web. Symfony adalah pilihan sempurna untuk mengembangkan proyek perusahaan berskala besar. Sangat mudah untuk menginstal dan mengkonfigurasi di sebagian besar platform.

 

1. Laravel

Diperkenalkan pada tahun 2011, Laravel telah menjadi framework PHP open-source gratis paling populer di dunia. Mengapa? Karena itu dapat menangani aplikasi web yang kompleks dengan aman, dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada framework lainnya. Ini juga memiliki sintaks yang elegan dan berfokus pada pengalaman pengembang .

Laravel menyederhanakan proses pengembangan dengan meningkatkan tugas umum seperti perutean, sesi, caching, dan autentikasi. Ini memiliki mesin template PHP yang disebut Blade , tetapi Anda juga dapat menggunakannya bersama dengan kerangka JavaScript frontend seperti Vue.js atau React .  Ini adalah framework PHP yang penuh dengan fitur yang akan membantu Anda menyesuaikan aplikasi yang rumit. Di antaranya adalah migrasi data mulus, dukungan arsitektur MVC (Model-View-Controller) , keamanan, perutean, mesin template tampilan, dan autentikasi, di antara banyak lainnya.


Ikuti tulisan menarik Muhamad Luthfi Bangun Permadi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler