x

Ilustrasi content creator

Iklan

Bety Kristianto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Maret 2023

Rabu, 19 April 2023 16:10 WIB

Jangan Sepelekan, Penghasilan dari Konten Bisa Jadi Ladang Cuan yang Potensial, lho!

Tips membuat konten yang menarik dan bagaimana berpenghasilan dari konten

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di era digital di mana hampir semua hal bertebaran di internet, profesi seorang content creator tampaknya cukup menjanjikan. Nggak heran, makin ke sini makin banyak saja orang yang memilih menekuni dunia kreatif ini. Apalagi, profesi ini bisa dikerjakan dari mana saja tanpa perlu repot memikirkan kantor ataupun jam kerja.

Namun, untuk meraup cuan alias berpenghasilan besar dari dunia digital kreatif ini tentu disertai dengan sejumlah prasyarat. Salah satunya adalah karya yang dihasilkan harus menarik, unik, dan informatif. Semakin unik dan menarik sebuah karya maka akan semakin besar peluang berpenghasilan jumbo bagi sang kreator.

Untuk content creator ala-ala seperti saya, selain mengerjakan job kerjasama dengan beberapa klien, mengikuti lomba konten bisa jadi jalan ninja mendulang rupiah atau meraih hadiah. Masalahnya, sekarang ada banyak banget lomba konten. Kalau nggak jeli dan hati-hati, bukannya untung malah bisa buntung karena dikibulin sama panitia lomba yang tak amanah. Mulai dari lomba berbayar yang akhirnya tidak ada pemenangnya, hadiah yang tak sesuai dengan janji, atau paling parah adalah hadiah lomba tidak sampai kepada pemenang!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah buat kalian para content creator yang pengin ikut lomba dan berpenghasilan dari konten, di bawah ini 3 tips penting yang harus diperhatikan:

#1 Pintar-pintar pilih tema

Banyaknya lomba konten yang ada sekarang ini, artinya akan ada banyak tema yang sangat variatif. Kalau nggak benar-benar menguasai tema lomba, bisa jadi karya yang dihasilkan juga tidak maksimal. So daripada kebanyakan ikut lomba, lebih baik fokuskan energi dan kemampuan kita pada lomba-lomba dengan tema yang benar-benar kita kuasai. Jadi, konten yang kita hasilkan juga bakalan maksimal, dan nggak kaleng-kaleng. Saya pribadi lebih memilih cara seperti ini daripada menganut falsafah ‘semakin banyak peluru yang ditembakkan semakin besar peluang untuk mengenai sasaran’. Bisa lelah jiwa raga kalau kayak gini.

 

#2 Perhatikan hadiah

Tak dipungkiri, banyak peserta yang tergiur dengan hadiah lomba konten seperti ini. Hadiah lomba konten kan nggak hanya uang, tapi juga beragam hadiah barang ataupun voucher yang sayang jika dilewatkan. So, menurut saya sih sah-sah saja kalau kita mempertimbangkan faktor hadiah ini sebelum memutuskan untuk ikut sebuah lomba. Toh pada akhirnya, semua itu akan memperkaya kita, baik dari materi ataupun pengalaman. Yang pasti, berhasil duduk di bangku pemenang itu adalah sebuah pencapaian yang luar biasa dan patut dibanggakan.

 

#3 Pilih-pilih penyelenggara

Faktor ketiga ini sangat krusial. Pasalnya, penyelenggara lomba adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap acara ini. Semakin meyakinkan latar belakang panitia atau penyelenggaranya, bisa dibilang peluang untuk dikibulin makin kecil. Betul? Jangan sampai terjebak pada lomba yang tampak meyakinkan ternyata zonk di ujung jalan.

Buat kalian yang pengin coba peruntungan lomba, bisa ikuti Content Creation Competition (3C) yang digagas oleh IndiHome. Tema yang diangkat kali ini adalah ‘Berkonten Ria Bersama IndiHome’ dengan total hadiah senilai Rp165 juta.

Ada dua kategori yang dilombakan, yaitu konten tulisan (untuk blogger dan jurnalis), serta konten visual (berupa foto atau video). Kalian tinggal masuk ke situs resmi mereka dan submit karya terbaik kalian mulai 26 April – 13 Mei 2023. Ada 30 orang pemenang yang akan dipilih.

Nah, itu tadi 3 tips yang harus kalian perhatikan kalau pengin meraup cuan dari lomba konten. Selamat berkarya, dan semoga menang banyak ya! Semangat!

Ikuti tulisan menarik Bety Kristianto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu