x

Hidangan makanan lebaran perlu wajib ada.

Iklan

Ghani Abdur Rahman

Penulis Artikel
Bergabung Sejak: 3 April 2023

Jumat, 21 April 2023 14:00 WIB

5 Hidangan Makanan Lebaran yang Lebih Sehat Agar Tetap Nikmat

Persiapan masak untuk lebaran nanti.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hari raya Idul Fitri atau lebaran merupakan hari raya bagi umat muslim. Karena Indonesia mayoritas penduduk beragama islam yang cukup banyak dan lebaran ini sangat meriah di Indonesia. Setelah melaksanakan sholat idul fitri biasanya suatu tradisi bermaaf-maafan dan mengumpul bersama keluarga dengan menyantap makanan khas lebaran berupa ketupat maupun oper ayam sehingga yang menjadi hidangan wajib saat lebaran.

Namun, ada 5 macam hidangan makanan lebaran yang lebih sehat agar tetap nikmat!

1. Ketupat beras merah

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketupat sebagai salah satu hidangan yang wajib ada ketika lebaran. Biasanya, ketupat dibuat dengan menggunakan beras putih, sebagai pilihan alternatif untuk menjadi lebih sehat, pilihlah jenis bahan meras. Kandungan beras merah memiliki banyak protein, serat, dan vitamin. Tinggi kandungan serat beras merah akan membuat lebih mengenyangkan dan bermanfaat bagi yang mencoba menurunkan berat badan.

2. Ayam panggang

Ayam panggang sebagai alternatif yang lebih sehat dan dapat disajikan dengan ketupat. Kandungan ayam panggang adalah pilihan yang lebih baik karena memiliki lemak jenih dan kolesterol rendah.

3. Sup

Sup pada umumnya terbuat dari bahan-bahan yang menyehatkan dan terdapat nutrisi apa pun yang ada dari bahan-bahannya. Sup dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan dapat mencegah dari dehidrasi.

4. Buah kering

Buah kering akan memiliki kandungan airnya dihilangkan dan lebih bermanfaat, seperti kurma, plum, dan aprikot. Biasanya buah kering mengandung lebih sedikit air, kandungan kalori jauh lebih tinggi daripada buah segar.

5. Granola bar

Ketika momen lebaran kurang lengkap jika rasanya tidak ada kue kering, seperti nastar, putri salju, dan kastengel. Jika kita memilih kue kering biasanya terbuat dari bahan-bahan yang tidak memiliki nilai gizi. Sebagai alternatif, kamu bisa menyajikan granola bar.

 

Ikuti tulisan menarik Ghani Abdur Rahman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu