x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Minggu, 11 Juni 2023 14:29 WIB

Evolusi Teknologi dalam Pendidikan

Dari pena bulu dan tinta hingga alat digital untuk belajar mengajar, sektor pendidikan telah menempuh perjalanan panjang. Meskipun itu adalah perjalanan yang panjang dan lambat, itu membawa akademisi ke tujuan yang luar biasa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dari pena bulu dan tinta hingga alat digital untuk belajar mengajar, sektor pendidikan telah menempuh perjalanan panjang. Meskipun itu adalah perjalanan yang panjang dan lambat, itu membawa akademisi ke tujuan yang luar biasa.

Ada suatu masa ketika bahkan para ilmuwan menyangkal teori relativitas dan gravitasi. Tapi sekarang, bahkan anak keciltahu konsep modern fisika, kimia, dan biologi.Mereka sedang belajar fisika kuantum di kelas mereka.

Perjalanan panjang dan tak kenal lelah menuju sistem pendidikan modern tak terlupakan. Setiap fase perjalanan memodernisasi sistem pendidikan dan membuat proses belajar mengajar tidak terlalu sibuk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Artikel ini akan membahas bagaimana teknologi telah merevolusi sistem pendidikan dan teknologi hebat apa yang dimiliki siswa untuk pengalaman belajar yang lebih baik.

Jadi, mari kita mulai perjalanan kita!

Evolusi Bersejarah dalam Pendidikan

Artikel ini membagi evolusi teknologi dan dampaknya terhadap pendidikan menjadi empat jenis. Di sini mereka!

1. Pendidikan melalui mulut ke mulut

Pada zaman dahulu, tidak ada sarana pendidikan kecuali dari mulut ke mulut. Meskipun bahasanya sudah mapan, skripnya belum matang. Dan mayoritas orang tidak tahu cara membaca dan menulis. Itu sebabnya para guru biasa mengajar siswa mereka melalui komunikasi lisan. Mereka membacakan puisi dan cerita untuk mendidik siswa mereka dan filosofi yang berbeda.

Banyak sejarawan menulis bahwa komunikasi lisan adalah satu-satunya sarana pendidikan. Namun, seiring berjalannya waktu, skrip dikembangkan, dan beberapa orang mulai mempelajarinya. Naskah-naskah itu telah mengirim orang ke era baru pendidikan.

2. Komunikasi tertulis

Setelah skrip dikembangkan, komunikasi tertulis menjadi bagian dari pendidikan. Para filsuf telah mulai menulis berbagai puisi, buku, cerita, dan bentuk sastra lainnya untuk mendidik siswa dan komunitas mereka. Selain itu, banyak siswa yang biasa menulis ceramah yang diberikan oleh guru mereka, melestarikannya, dan mengirimkannya kepada orang lain.

Jaman itu jauh lebih baik dari sebelumnya karena sekarang setiap orang yang tahu menulis bisa menyimpan kuliah dan membaginya dengan orang lain. Seiring waktu, mesin cetak dan banyak alat lainnya ditemukan yang mengubah metode pengajaran dan pembelajaran. Teknologi ini membuat komunikasi tertulis menjadi efisien, lebih cepat, dan dapat diakses.

Meskipun berabad-abad telah berlalu dan dunia telah berubah, komunikasi tertulis tetap berdampak, dan lembaga pendidikan menggunakannya sebagai media pendidikan. Munculnya bahasa internasional (Inggris) telah memainkan perannya dan membuat komunikasi tertulis lebih bermanfaat karena orang-orang dari setiap belahan dunia dapat belajar tentang perkembangan terkini di bidang studi mereka.

3. Pendidikan Digital

Pertumbuhan teknologi yang berkelanjutan membawa kita ke masa itu. Dalam dua puluh hingga tiga puluh tahun terakhir, semuanya telah berubah. Teknologi digital dan internet telah merevolusi segalanya; tidak terkecuali bidang pendidikan. Teknologi digital khususnya internet telah mengubah sarana pendidikan. Teknologi ini membuka jalan bagi sistem pendidikan yang modern, lebih kuat, canggih, dan transparan.

Saat ini, baik siswa maupun guru dilengkapi dengan alat modern yang membuat pendidikan lebih mudah diakses oleh semua orang. Bahkan mereka yang tidak mampu membayar biaya universitas atau perguruan tinggi juga bisa mendapatkan pendidikan tinggi dari internet dan mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh para pendidik dan profesor terkenal di seluruh dunia.

Selain itu, mahasiswa juga dapat mengakses perpustakaan digital untuk membaca artikel penelitian dan buku di setiap bidang. Selain itu, mereka juga memiliki alat yang andal untuk memastikan integritas akademik dan menghadirkan orisinalitas pada konten mereka.

Berikut adalah beberapa jenis alat luar biasa yang telah merevolusi sistem pendidikan:

- Alat Pembelajaran Jarak Jauh

Selama pandemi COVID-19, ketika hampir seluruh dunia terkurung di rumah, lembaga pendidikan memutuskan untuk online dan mulai mengandalkan alat pembelajaran jarak jauh. Meskipun sistem pendidikan pembelajaran jarak jauh telah ditetapkan dan banyak lembaga di seluruh dunia menggunakannya, alat pembelajaran jarak jauh menjadi lebih populer di masa COVID-19. Google Classroom, Google Meet, dan Zoom adalah alat terbaik untuk pembelajaran jarak jauh.

- Pemeriksa Plagiarisme

Baru-baru ini, banyak pemeriksa plagiarisme telah dikembangkan untuk membantu siswa dan guru memastikan integritas akademik. Alat-alat ini menganalisis dan membandingkan teks secara menyeluruh dengan artikel yang diterbitkan dan dikirimkan. Siswa dapat cek plagiarisme online dengan plagiat checker dan temukan semua pelanggaran hak cipta dalam proyek mereka. Setelah instance tersebut ditemukan, mereka dapat dengan mudah memodifikasinya dan memastikan integritas akademik. Begitulah cara mereka dapat mencegah plagiarisme dan konsekuensinya.

- Asisten Menulis Online

Banyak siswa kesulitan dalam menulis tugas mereka. Mereka tidak memiliki keterampilan menulis teknis dan akademik, sehingga mereka gagal mengubah pengetahuan mereka menjadi karya atau artikel yang hebat. Namun, sekarang mereka tidak perlu khawatir tentang hal itu. Mereka bisa mendapatkan bantuan dari alat model bahasa AI yang dapat membantu mereka menulis dan meningkatkan keseluruhan bahasa tugas mereka dan mendapatkan nilai yang luar biasa. Alat AI ini telah menghilangkan hambatan bahasa yang dulu menghantui mereka.

- Perpustakaan Daring

Perpustakaan online atau digital juga merupakan alat yang hebat untuk penelitian. Perpustakaan online ini telah memodernisasi sistem pendidikan. Sekarang siswa tidak perlu menghabiskan berjam-jam di perpustakaan untuk mencari materi yang relevan untuk memperoleh pengetahuan. Sebaliknya, mereka dapat menilai perpustakaan tersebut di rumah mereka dan mengakses artikel penelitian, buku, atau jurnal apa pun. Perpustakaan online terbaik yang dapat mereka manfaatkan adalah Google Scholar, ResearchGate, Google Buku, JSTOR, dan PubMed Central.

- Masa Depan Pendidikan

Meskipun kami dapat dengan aman mengatakan bahwa evolusi teknologi telah membuat pendidikan menjadi lebih sederhana dan lebih mudah diakses, banyak teknologi baru sedang berlangsung yang dapat mengubah lanskap pendidikan lebih lanjut.

Misalnya, munculnya AR dan VR dapat membuatnya lebih mudah diakses karena siswa dapat menghadiri kelas tanpa harus keluar rumah. Selain itu, media sosial juga akan berperan dalam dunia pendidikan, dan banyak siswa akan dapat memperoleh pengetahuan melalui media sosial dan platform berbagi video lainnya.

Mahasiswa dan peneliti di masa depan mungkin tidak perlumendaftar dalam mata pelajaran apapun untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Sebaliknya, mereka bisa menjadi ahli di bidangnya dengan mengikuti kelas dan kursus online.

Kata Akhir

Seiring waktu, ruang kelas, sistem pendidikan, dan sarana komunikasi telah berkembang. Sekarang siswa tidak perlu melakukan perjalanan bermil-mil untuk tujuan belajar; mereka dapat mempelajari segalanya dengan duduk di sofa mereka.Mereka juga dapat menghadiri kelas tanpa pergi ke sekolah atau perguruan tinggi mereka. Semua penghargaan diberikan pada evolusi teknologi dalam pendidikan.

Masa depan juga terlihat menjanjikan untuk sektor pendidikan karena siswa dan guru dapat terhubung melalui Internet. Namun, untuk tujuan itu, orang membutuhkan akses ke teknologi digital, khususnyaInternet dan sistem komputer.

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB