x

cyber security

Iklan

069_Fakhri Nur Majid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Juni 2023

Selasa, 13 Juni 2023 15:43 WIB

Perkembangan Terbaru dalam Keamanan Sistem Informasi; Menghadapi Ancaman Cyber Masa Kini

Perkembangan terbaru dalam keamanan sistem informasi untuk menghadapi ancaman cyber masa kini melibatkan berbagai upaya untuk menjaga dan melindungi infrastruktur teknologi informasi dari serangan yang semakin canggih.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa berbagai implikasi kompleks dalam kehidupan manusia dan hubungan antar negara. Semenjak dikenalnya pola komunikasi melalui dunia maya atau internet, batas-batas konvensional yang dahulu dianut dan dipatuhi oleh konsensus internasional menjadi semu. Dalam hampir satu dekade ini, isu tentang perang siber (cyber war) terus didengungkan, bahkan diramalkan bisa memicu ketegangan antar Negara yang berimbas pada terancamnya kedamaian dunia. Bahkan Kepala Badan Telekomunikasi PBB, Toure Hamadoun, pada Oktober 2009 telah memperingatkan bahwa perang dunia bisa terjadi di dunia maya

Perkembangan terbaru dalam keamanan sistem informasi untuk menghadapi ancaman cyber masa kini melibatkan berbagai upaya untuk menjaga dan melindungi infrastruktur teknologi informasi dari serangan yang semakin canggih. Berikut adalah beberapa tren dan langkah-langkah yang diambil dalam menghadapi ancaman cyber saat ini:

Keamanan Berbasis Risiko

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perusahaan dan organisasi telah beralih dari pendekatan reaktif menjadi pendekatan proaktif dalam mengelola keamanan sistem informasi. Mereka menerapkan metodologi keamanan berbasis risiko yang melibatkan identifikasi dan penilaian risiko, serta pengembangan strategi keamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan ancaman yang ada.

Keamanan Berbasis Kepemilikan

Selain melibatkan pengelolaan risiko internal, perusahaan juga semakin menyadari pentingnya tanggung jawab eksternal dalam menghadapi ancaman cyber. Mereka bekerja sama dengan penyedia layanan keamanan dan lembaga keamanan pihak ketiga untuk memperkuat pertahanan mereka dan memastikan pemantauan dan respons yang efektif terhadap ancaman cyber.

Keamanan Jaringan dan Perimeter

Ancaman yang kompleks dan bertarget tinggi menuntut perlindungan yang lebih kuat terhadap jaringan dan perimeter sistem informasi. Organisasi mengadopsi teknologi keamanan jaringan yang canggih, seperti firewall yang diperkuat, sistem deteksi intrusi, dan pengaturan akses yang lebih ketat untuk melindungi infrastruktur mereka dari serangan dari luar.

Keamanan Cloud dan Mobile

Penggunaan layanan cloud dan perangkat mobile semakin meluas, sehingga keamanan cloud dan mobile menjadi prioritas penting. Langkah-langkah seperti enkripsi data, otentikasi ganda, dan kebijakan keamanan yang ketat diterapkan untuk melindungi data yang disimpan dan diakses melalui platform cloud dan perangkat mobile.

Kecerdasan Buatan dan Analitik Keamanan

Organisasi semakin mengandalkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan analitik keamanan untuk mendeteksi dan mencegah serangan cyber yang terus berkembang. Teknik analitik keamanan memungkinkan deteksi dini terhadap perilaku mencurigakan dan anomali yang tidak dapat dikenali dengan pendekatan tradisional.

Kesadaran dan Pelatihan Keamanan

Kesadaran dan pelatihan keamanan telah menjadi fokus penting dalam menghadapi ancaman cyber. Pelatihan keamanan cyber diberikan kepada karyawan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang praktik keamanan yang baik, mengenali serangan phishing, dan mengurangi risiko keamanan yang disebabkan oleh kesalahan manusia.

Penanganan Serangan dan Tanggap Darurat

Dalam menghadapi serangan cyber, organisasi semakin memperkuat kemampuan tanggap darurat mereka. Mereka mengembangkan rencana respons keamanan yang rinci, mengadakan latihan penanganan serangan, dan bekerja sama

Ikuti tulisan menarik 069_Fakhri Nur Majid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler