x

Acara Bincang Inspiratif dalam rangka mengajak kaum muda mengikuti program Satu Indonesia Awards 2023 di Deli Serdang, 14 Juni 2023/Doc: TEMPO

Iklan

Advist Khoirunikmah

advistkhoirunikmah
Bergabung Sejak: 9 Maret 2022

Selasa, 20 Juni 2023 19:33 WIB

Astra Gelar Bincang Inspiratif, Dian Sastro: Langkah Kecil Memberi Efek Besar

Program sosial merupakan sebuah aksi nyata menggugah inspirasi bagi banyak pihak. Acara Bincang Inspiratif dalam rangka mengajak kaum muda untuk mengikuti program Satu Indonesia Awards 2023 dan menjadi penerus bangsa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PT Astra International Tbk, perusahaan konglomerat multinasioanl yang berdiri sejak tahun 1957 ini memiliki program sosial, yaitu SATU Indonesia Awards. Dalam acara bincang inspiratif yang diselenggarakan di Deli Serdang, Medan, pada Rabu, 14 Juni 2023 kembali diselenggarakan kembali melalui offline. Dipandu oleh Master of Ceremony, Anita Lestari acara bincang inspiratif ini membahas karya positif anak muda yang berhasil membawa keberhasilan bagi lingkungan sekitarnya.

Elsa Maharani, merupakan salah satu penerima apresiasi Satu Indonesia Awards 2020 bidang Kewirausahaan dalam bisnisnya yang bernama Maharani Hijab. Pada acara bincang inspiratif, Elsa Maharani menjadi salah satu pembicara untuk langsung memberi inspirasi kepada generasi muda dari mulai awal mula ide bisnis terbentuk, tantangan, hingga harapan.

Elsa Maharani bersama dengan suami tinggal di suatu daerah Padang, Sumatera Barat yang mayoritas penduduk berlatar belakang ekonomi menengah kebawah, seperti kuli bangunan dan petani. Mereka hidup pagi petang- petang mendapat uang paginya sudah habis. Tak hanya itu, di desa tempat Elsa dan suami tinggal, aktivitas narkoba pun sangat banyak. Elsa dan suami ingin sekali membawa perubahan baik di desa tersebut agar membantu siklus ekonomi juga perlahan menghentikan kebiasaan narkoba tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada tahun 2019, ide brilian ini muncul. Kampung Jahit. Ide pertama yang muncul untuk membuat hijab produksi sendiri.   Tentu ide kampung jahit ini berlatar belakang misi baik agar penduduk desa tersebut dapat menjadi lebih produktif. Dengan modal awal sebesar 3 juta rupiah, Elsa mulai mencari 1 penjahit. Seiring berkembangnya waktu, bertambah menjadi 4 penjahit. Pada tahun 2023 sudah ada 74 penjahit.

Harapan Elsa rupanya tidak berhenti sampai memperkerjakan 74 penjahit saja, tetapi ingin menciptakan 1.000 lapangan pekerjaan. Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi Elsa unttuk terus melakukan inovasi produk serta komunikasi yang baik antar karyawan agar Maharani Hijab terus berkembang semakin besar dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Dian Sastrowardoyo atau yang akrab disapa Dian Sastro, merupakan juri pada program Satu Indonesia Awards. Dalam acara bincang inspiratif, Dian Sastro memberikan kesan dan pesannya selama menjadi juri menjadi mempunyai kesempatan untuk melihat begitu banyak kandidat pemenang Satu Indonesia Awards yang sangat menginspirasi, salah satunya adalah Elsa Maharani mengenai bagaimana perjuangan memulai usahany bukan hanya untuk finansial pribadi namun membangun desa, dan lingkungannya menjadi lebih baik. Serta bisa menyaksikan bagaimana perubahan dari langkah kecil dapat memberikan dampak sangat luar biasa.

Ikuti tulisan menarik Advist Khoirunikmah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu