x

Iklan

rifqy fadillah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Juni 2023

Sabtu, 24 Juni 2023 12:32 WIB

Peran Sistem Pengendalian Manajemen dalam Perusahaan

Mengetahui mendalam terkait peran yang ditimbulkan dalam penerapan sistem pengendalian manajemen terhadap perusahaan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perusahaan merupakan sebuah tempat di mana terjadinya suatu kegiatan produksi berupa barang atau jasa. Didalam  perusahaan terdapat berbagai macam faktor produksi, Mulai dari tenaga kerja, modal, sumber daya alam, dan kewirausahaan. Dalam definisi lainnya, perusahaan merupakan suatu lembaga atau organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk dijual ke masyarakat dengan tujuan meraih labaatau keuntungan.

Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai oleh perusahaan yaitu adanya ketertiban, keamanan serta tujuan lainnya secara umum saat pelaksanaan suatu operasional perusahaan yaitu dengan penerapannya sistem pengendalian manajemen. Menurut Edy Sukarno, definisi sistem pengendalian manajemen merupakan sebuah sistem yang terintegrasi yang terdiri dari proses, strategi, akuntansi, pertanggungjawaban, penganggaran, serta pemrograman yang memiliki tujuan untuk membantu individu dalam menjalankan sebuah perusahaan maupun organisasi agar hasil yang ingin dicapai dapat semaksimal mungkin.

Dalam pencapaian hasil yang maksimal tersebut, peran yang dilakukan sistem pengendalian manajemen terhadap perusahaan yaitu mengarahkan perilaku sumber daya organisasi agar sesuai dengan tujuan perusahaan. Keefektifan suatu Sistem Pengendalian Manajemen ditentukan antara lain oleh seberapa jauh sistem tersebut sesuai dengan karakteristik dan lingkungan organisasi. Selain itu dapat meningkatkan kinerja perusahaan dalam unit bisnis yang bergantung pada bentuk maupun budaya perusahaan, budaya perusahaan yang dominan mempunyai pengaruh kuat terhadap anggota perusahaan, dengan demikian budaya perusahaan mendukung keberhasilan manajemen mengimplementasikan strategi Sistem Pengendalian Manajemen.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sistem pengendalian manajemen juga berperan penting untuk keunggulan bersaing dan keunggulan kinerja organisasi, perusahaan memanfaatkan Sistem Pengendalian Manajemen sebagai alat untuk memudahkan perusahaan dalam menggunakan semua sumber daya perusahaan baik yang bersifat fisik maupun nonfisik untuk bersaing dengan perusahaan lain.

Dengan demikian, peran sistem pengendalian manajemen berupa pengarahan ataupun kontrol terhadap hal-hal yang berkaitan dengan sumber daya organisasi baik berupa lingkungan kerja, peralatan maupun perlengkapan kerja serta karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dengan meningkatkan kinerja yang diberikan, yang mana dengan peningkatan kinerja yang dimiliki menjadi salah satu factor untuk bersaing dengan perusahaan lain dan juga mendukung perusahaan dalam mencapai tujuannya.

 

Ikuti tulisan menarik rifqy fadillah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu