x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 29 Juni 2023 10:17 WIB

Kurban, Sembelih Ego Diri Sendiri

Pelajaran dari berkurban, sembelih ego diri sendiri. Selamat Idul Adha, semoga lebih ikhlas dan bersyukur dalam segara keadaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Idul Adha selalu ditandai dengan ibadah kurban, menyembelih sapi atau kambing.  Hal itu dilakukan sebagai simbol keikhlasan atas apa yang telah menjadi kehendak-Nya. Ikhlas dalam menjalankan perintah Allah SWT. Ikhlas dalam menerima takdir-Nya, apapun bentuknya. Sebuah ajaran sikap lapang hati. Di samping menegaskan manusia bukanlah apa-apa selagi masih di dunia.

Saat berkurban, di dalamnya ada makna semangat kedermawanan. Bahwa hidup tidak cukup hanya kesalehan ritual. Tapi harus diikuti oleh kesalehan sosial secara konkret. Hewan kurban sebagai “sedekah” dari yang “mampu” kepada yang “kurang mampu”. Melalui kurban, siapapun bertanggung jawab unutk menghidupkan sikap solidaritas dan kepedulian sosial yang lebih nyata. Kepedulian yang tidak sebatas retorika atau diskusi. Berkurban untuk menggembirakan fakir miskin, baik yang meminta maupun yang tidak meminta. Karena di luar sana, mungkin maih banyak saudara-saudara kita yang tidak mampu untuk membeli daging sapi atau kambing, Apalagi masuk restoran makan steak dengan membayar ratusan ribu rupiah.

Ibadah kuran, tentu bukan hanya menyembelih hewan. Tiap kali Idul Adha, siapapun diingatkan kembali akan adanya pelajaran penting dari ibadah kurban. Untuk selalu belajar dan merenungkan hakikat kehidupan. Ibadah kurban menjadi momen untuk belajar selalu rendah hati atau tawadhu dalam segala keadaan. Di samping belajar untuk tidak membedakan status dan kelas sosial siapapun. Karena semuanya sama di hadapan Allah SWT.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pelajaran lain dari berkurban saat Idul Adha adalaj belajar peduli sosial untuk siap berkorban atas dasar takwa kepada-Nya. Selalu mencintai Allah SWT yang diikuti amal soleh. Belajar untuk berbuat baik kapan pun dan di mana pun, baik secara individu maupun kolektif. Sebagai wujud untuk menekan ego dan nafsu dunia. Berkurban bukan untuk dipuji orang lain tapi untuk menggapai ridho-Nya.

Berkurban adalah akhlak. Bukan sekedar menyembelih hewan. Tapi cara untuk “menyembelih” ego diri sendiri.  Menyembelih ego untuk mau menang sendiri. Menyembelih sifat dan perilaku buruk, seperti: berkeluh-kesah, bergibah, menghujat, mencaci-maki, atau menebar aib orang lain yang tidak ada untungnya. Karena keberanian “menyembelih” ego diri jaih lebih penting sebagai sarana introspeksi diri. Muhasabah diri.

Berkurban, berarti ikhlas menerima realitas. Untuk tidak menghina atau menghujat "kekurangan" yang ada pada orang lain. Karena bila kekurangan itu ada pada akhlak dan agamanya, bantulah untuk memperbaikinya. Bila kekurangan itu pada fisiknya, maka beradablah kepada yang telah menciptakannya. Karena semua yang terjadi sudah pantas untuk kita dan sudah dalam kehendak-Nya.

Selalu ada pelajaran berharga di balik ibadah kurban. Belajar dari masa lalu untuk masa depan yang lebih baik. Kurban yang bukan sekedar menyembelih hewan. Namun selalu ikhtiar untuk lebih ikhlas dalam segala keadaan, di samping tetap bersyukur atas apa yang sudah dimiliki. Selamat Idul Adha, selamat berkurban. Salam literasi!

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler