x

Air Jeruk Bisa Menetralisir Kolesterol Setelah Makan Daging/Foto : HalloDoc

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Senin, 3 Juli 2023 12:07 WIB

Benarkah Air Jeruk Bisa Menetralisir Kolesterol Setelah Makan Daging?

Benarkah Air Jeruk Bisa Menetralisir Kolesterol Setelah Makan Daging?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Para penikmat kuliner daging beresiko untuk mengalami peningkatan kolesterol didalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan daging hewani mengandung tinggi kolesterol. Kolesterol sendiri dibedakan menjadi dua yaitu LDL dan HDL. HDL adalah High Density Lipoprotein yang berfungsi untuk mencegah pembentukan trombus dikarenakan lemak yang berlebihan didalam tubuh. Sedangkan LDL adalah Low Density Lipoprotein yang merupakan salah satu penyebab pembentukan ateroma atau penyumbatan pembuluh darah.

            Penyumbatan pembuluh darah sendiri apabila dibiarkan bisa menyebabkan hipertensi dan stroke. Apabila terus dibiarkan akan terjadi pecah pembuluh darah dan terjadi resiko kematian yang tinggi.

            Dimusim Idul Adha merupakan musim dimana setiap orang yang belum merasakan daging akan bisa mencicipi daging kurban tersebut. Tak jarang mereka akan mengkonsumsi secara berlebihan. Hal ini yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Salah satu daging hewani yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi adalah Daging kambing. Daging kambing memiliki tingkat kolesterol yang cukup tinggi yang bisa merubah kadar kolesterol manusia secara singkat.

            Mitos dimasyarakat menyampaikan bahwa dengan minum air jeruk maka bisa menetralisir kolesterol didalam daging. Apakah itu benar? Ternyata anggapan tersebut adalah fakta dan bukan mitos. Ternyata air jeruk bisa menetralisir kolesterol ketika kita makan daging kambing terlalu banyak.

            Air jeruk mengandung senyawa limonin glukosida, dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol buruk. Selain itu pada kandungan vitamin C pada buah jeruk dapat membantu mengubah kolesterol menjadi asam empedu yang penting untuk pencernaan lemak. Perubahan ini dapat membantu menurunkan kadar koelsterol darah didalam tubuh manusia.

            Kolesterol tidak hanya dimiliki oleh orang tua, remaja juga beresiko terkena kolesterol tinggi jika gaya hidupnya tidak sehat. Seseorang dikatakan memiliki kolesterol tinggi jika hasil pemeriksaan darah menunjukkan angka diatas 24 mg/dl.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa pasien binaan saya yang memiliki kolesterol 190 mg/dl ketika sudah dilakukan edukasi mengkonsumsi air jeruk menjadi 125 mg/dl. Hal ini tentunya juga harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat dengan berolahraga secara teratur serta mengkonsumi makanan sehat serta menghindari makanan junkfood dan makanan gorengan yang berlemak tinggi. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu