x

Iklan

Syahra Maharani Putri

Mahasiswi Sastra Indonesia Universitas Pamulang
Bergabung Sejak: 3 Juli 2022

Sabtu, 29 Juli 2023 08:10 WIB

Film Barbie Terbaru, Bikin Terharu

Film Barbie terbaru yang dibintangi Margot Robbie dan Ryan Gosling mencuri perhatian masyarakat internasional.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Barbie, boneka kecil berbentuk manusia yang biasa dimainkan anak perempuan. Barbie adalah sebutan untuk boneka poduksi Mattel yang menyerupai wanita dewasa. Barbie telah menjadi salah satu ikon kecantikan dan kekuatan perempuan yang populer di seluruh dunia.
 
Pada 19 Juli 2023, film Barbie resmi tayang di seluruh bioskop pada kancah internasional, termasuk Indonesia. Trailer filmnya telah tayang dari awal 2023 dan meramaikan seluruh dunia. Film ini identik dengan warna merah muda yang sangat ikonik. Tak heran film ini dicap “khusus untuk perempuan”, padahal warna hanya sekadar warna.
 
Alur cerita dimulai dengan kehadiran boneka Barbie yang terinspirasi dari film 2001: A Space Odyssey. Kemudian dilanjutkan dengan tujuan boneka Barbie diciptakan. Cerita berlanjut dengan kehidupan Barbie yang sangat sesuai stereotip di masyarakat. Barbie Stereotip (Margot Robbie) menjalani hidup yang sempurna setiap harinya di Barbie Land. Hingga akhirnya dia memikirkan tentang hal yang menyangkut eksistensi kehidupannya dan mengganggu kesehariannya.
 
Di sisi lain, Ken (Ryan Gosling) lelah dengan kehidupannya yang hanya menjadi “pendamping” Barbie. Kehidupannya dipenuhi dengan rasa rendah diri dan selalu membandingkan dirinya dengan Ken yang lain (Simu Liu) yang dia anggap keren. Hingga tiba-tiba Ken mengetahui apa itu patriarki dan merasa dirinya lebih punya kendali dibanding Barbie.
 
Film ini akan memberikan pandangan yang berbeda tentang peran perempuan dalam masyarakat. Barbie akan memimpin perempuan lainnya untuk meraih kesetaraan dan membuktikan bahwa mereka tidak hanya objek cantik yang hanya bisa dilempar-lontarkan.
 
Film ini mengisahkan bagaimana Barbie dan teman-temannya merencanakan cara untuk membebaskan diri mereka dari lingkaran dominasi patriarki. Mereka tidak gentar menghadapi hal ini. Bahkan, dengan berbagai kesulitan dan rintangan yang harus mereka lalui, mereka tetap berpegang pada tekad untuk mencapai kesetaraan.
 
Kisah ini terinspirasi oleh banyak perempuan yang terus berjuang untuk mendapatkan hak yang sama. Dalam film ini, Barbie menunjukkan bahwa perempuan juga bisa menjadi pahlawan dan membuat perubahan yang positif dalam dunia. Film ini menjadi sumber inspirasi bagi banyak perempuan yang mengalami penindasan dan kesulitan dalam mencapai hak mereka. Barbie dan teman-temannya memberikan motivasi dan harapan untuk menjalani hidup mereka dengan cara yang lebih mandiri dan kuat.
 
Tidaklah heran mengapa film Barbie membahas isu-isu seperti ini karena produser film Barbie, Greta Gerwig, adalah produser yang aktif membahas isu feminisme dan kesetraan gender. Greta kali ini berhasil membuat film yang “berat” tapi ringan. Siapa sangka bahwa film yang dianggap hanya sekadar hiburan ini memberikan banyak pelajaran.
 
Dari pemaparan di atas, Barbie adalah film yang harus ditonton oleh semua orang, baik itu laki-laki ataupun perempuan. Film ini memberikan pesan yang kuat dan mengajak semua orang untuk memperjuangkan kesetaraan dan menghapus patriarki agar dunia menjadi lebih baik.

Ikuti tulisan menarik Syahra Maharani Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu