x

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 1 Agustus 2023 13:23 WIB

Jauhkan Produk Kosmetik Ini dari Jangkauan Anak-Anak

Mengamankan produk-produk kosmetik dari jangkauan anak-anak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak produk kosmetik dapat menyebabkan keracunan dan luka bakar kimia

Anak-anak tidak hanya mengatakan hal-hal yang paling buruk — mereka juga melakukan hal-hal yang paling buruk. Botol terbalik, kekacauan di meja, tanda noda di sekitar mulut mereka (atau di seluruh dinding rumah Anda)

Kadang-kadang, produk yang mereka masuki tidak berbahaya (setidaknya bagi mereka. Kami tidak dapat berbicara dengan lipstik merah cerah di dinding putih Anda yang bagus). Namun di lain waktu, anak-anak masuk ke produk kosmetik yang berpotensi menyebabkan kerusakan nyata.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dokter pengobatan darurat Thomas Waters, MD, menjelaskan produk mana yang harus disimpan dan dijauhkan dari anak-anak yang penasaran.

Tip Keamanan Terhadap Produk Kosmetik

Anda tahu untuk menjauhkan produk berbahaya seperti obat-obatan dan produk pembersih dari jangkauan anak-anak Anda. Tetapi apakah Anda mengetahui bahaya lain yang terlihat jelas di sekitar kamar mandi Anda?

“Produk yang dapat digunakan dengan aman oleh orang dewasa bisa berbahaya bagi anak-anak yang tidak tahu apa-apa,” kata Dr. Waters. Produk kosmetik, khususnya, bisa menjadi kecelakaan yang menunggu untuk terjadi.

Waspadai Produk Bermasalah

Tentu, Anda tahu penghapus cat kuku tidak dapat diminum, tetapi anak-anak yang ingin tahu belum memiliki pengetahuan tentang apa yang aman dan apa yang akan menyakiti mereka.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa lebih dari 4.300 anak di bawah usia 5 tahun dirawat karena cedera terkait kosmetik di unit gawat darurat di seluruh Amerika Serikat setiap tahun. Sebagian besar cedera ini terjadi pada anak di bawah usia 2 tahun.

“Banyak dari produk ini dikemas dan dirancang agar menarik secara visual, dan seringkali berbau harum,” catat Dr. Waters. “Kami merasa nyaman dengan produk ini, tetapi kami harus benar-benar menjauhkannya dari jangkauan tangan kecil.”

Berikut adalah penyebab paling umum:

Produk Perawatan Kuku

Cat kuku itu sendiri merupakan risiko, tetapi penghapus cat kuku adalah produk kosmetik yang menjadi akar dari sebagian besar cedera menelan. Bahan kimia dalam penghapus cat kuku dapat mengiritasi tenggorokan dan perut dan bahkan dapat menyebabkan keracunan aseton dan masalah serius lainnya.

Produk Rambut

Relaksasi rambut, larutan perm, dan pewarna rambut adalah yang paling mungkin menyebabkan cedera kontak, yang berarti anak-anak dapat mengalami ruam dan luka bakar kimia hanya dengan menyentuhnya. Anak-anak yang terpapar produk ini tiga kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit dibandingkan mereka yang terpapar produk lain.

Wewangian

Wewangian seperti parfum, cologne, dan aftershave paling mungkin menyebabkan cedera mata - seperti, misalnya, ketika seorang anak secara tidak sengaja menyemprot wajahnya dengan parfum.

Krim dan Losion Kulit

Hanya karena baunya enak bukan berarti bisa dimakan, tapi anak kecil tidak menyadarinya. Krim dan losion menyumbang sekitar 10% dari cedera terkait kosmetik, yang tidak mengherankan jika Anda memikirkan betapa lezatnya aromanya dan betapa seringnya kemasannya berwarna.

Produk-Produk Lain

 Ada produk lain yang juga harus Anda jauhkan dari anak-anak, karena berisiko menyebabkan cedera. Berikut ini termasuk:

  • Deodoran dan Antiperspirant
  • Minyak Esensial
  • Make up
  • Cat Kuku
  • Primer Kuku
  • Powder
  • Sampo dan Kondisioner
  • Minyak Kulit
  • Tabir Surya

Ketahui Kemungkinan Gejalanya

Sebagian besar cedera terkait kosmetik adalah keracunan yang tidak disengaja atau luka bakar kimia pada kulit atau mata. Dan anak Anda tidak perlu menelan terlalu banyak untuk mulai mengalami gejala.

"Barang-barang ini mengandung hidrokarbon, alkohol atau bahan kimia lainnya, dan menelan bahkan dalam jumlah kecil dapat menyebabkan masalah serius," kata Dr. Waters. Bergantung pada apa yang dialami anak Anda, gejalanya mungkin termasuk:

  • Gangguan Pencernaan
  • Sakit Perut
  • Kemabukan
  • Masalah Pernapasan
  • Kulit dan Mulut Terbakar

Produk kosmetik juga dapat menyebabkan cedera mata, yang dapat menyebabkan:

  • Pembakaran
  • Merobek
  • Nyeri
  • Penglihatan Kabur

Ketahui Kapan Harus Mencari Perawatan Darurat

Kabar baiknya adalah cedera yang berhubungan dengan kosmetik biasanya dapat diobati dan tidak fatal. Tetapi jika anak Anda terkena produk ini, penting untuk mendapatkan bantuan medis.

“Hal teraman untuk dilakukan adalah pergi ke ruang gawat darurat,” Dr. Waters menekankan. “Jika anak tidak sakit parah dan menurut Anda konsumsinya ringan. Mereka mungkin dapat membantu Anda memutuskan apakah anak tersebut perlu pergi ke UGD.”

Berikut adalah beberapa tip tambahan, tergantung pada apa yang ditelan atau disentuh anak Anda dan apa gejalanya:

  1. Setelah menelan sesuatu: Penting untuk tidak mencoba membuat anak Anda muntah - ya, meskipun mereka telah menelan sesuatu yang berpotensi berbahaya, seperti penghapus cat kuku atau parfum. Jangan pernah menggunakan ipecac untuk menyebabkan muntah.
  2. Ruam dan luka bakar kimiawi: “Jika anak Anda terkena produk rambut yang menyebabkan ruam pada kulit atau mata terbakar, bilas area yang terkena dengan banyak air sebelum membawanya ke perawatan medis,” saran Dr. Waters.
  3. Cedera mata: Jika mata anak Anda terkena produk kosmetik, siram dengan air bersih selama sekitar 15 menit, lalu cari bantuan medis untuk memeriksakannya.
  4. Masalah pernapasan: "Jika Anda memperhatikan bahwa anak Anda mengalami kesulitan bernapas, segera hubungi bagian gawat darurat," kata Dr. Waters.

Ketika Anda tiba di UGD atau berbicara dengan pengawas racun, pastikan untuk menyiapkan beberapa informasi penting:

  • Usia, berat badan, dan kondisi kesehatan anak Anda.
  • Nama produk kosmetik yang mereka telan atau sentuh.
  • Berapa banyak yang mereka minum, jika ada (dan jika Anda tahu).
  • Berapa lama kejadian itu terjadi.
  • Gejala apa yang mereka alami.

Tempat Menyimpan Produk Bermasalah

Anda telah melihat betapa rentannya anak Anda memasukkan apa saja ke dalam mulutnya. Jadi, meskipun Anda belum pernah melihat mereka mengambil barang di konter atau membuka botol, jangan ambil risiko.

“Agar anak-anak tetap aman, simpan produk kosmetik dengan cara yang sama seperti obat-obatan,” Dr. Water merekomendasikan, “di lemari terkunci jauh dari jangkauan mereka.”

***

Solo, Selasa, 1 Agustus 2023. 9:44 am

Suko Waspodo

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan